Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas XI dengan Menggunakan Media Flipbook di SMA Muhammadiyah Langsa

Diana Maharani, Nursamsu Nursamsu, Muhammad Khalil

Sari

Flipbook adalah suatu media pembelajaran yang diakses secara digital yang terbarukan dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media flipbook terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran biologi kelas XI di SMA Muhammadiyah Langsa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode Quasy Experiment dengan rancangan pretest-posttest control group design dengan menggunakan dua kelas sampel, yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA – 1 dan kelas XI – IPA 2 SMA Muhammadiyah Langsa dengan jumlah 42 siswa. Hasil penelitian menggunakan instrumen pilihan berganda hasil instrumen menunjukkan bahwa adanya nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 42.30 (rendah) dan kelas kontrol sebesar 43.9 (rendah) sehingga selisih antara kedua kelas tersebut sebesar 1,6 Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 84,86 (tinggi) dan kontrol sebesar 70,05 (sedang) sehingga selisih antara kedua kelas tersebut sebesar 14.81. Dengan nilai uji N-gain kelas eksperimen sebesar 0,45 (kategori sedang) lebih tinggi dari pada kelas kontrol sebesar 0,24 (kategori rendah). Sedangkan hasil uji hipotesis thitung>ttabel   atau 5,24 >1,684. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, artinya dengan menggunakan media flipbook dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran biologi kelas XI di SMA Muhammadiyah Langsa.Kata Kunci: Media Flipbook, Kemampuan Berpikir Kritis, Sistem Imunitas Tubuh

Referensi

Cahyani, M., Mustari, M., Kurniawansyah, E., & Sawaludin, S. (2024). Upaya Guru PPKn dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 17 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1534-1540.

Destiani, D., Ismet, I., Wiyono, K., & Murniati, M. (2017, October). Pengembangan bahan ajar IPA berorientasi framework science pisa untuk sekolah menengah pertama. In Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2021 (Vol. 1, No. 1, pp. 654-663).

Fujika, A., Anggereini, E., & Budiarti, R. S. (2015). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa sma n 5 kota jambi melalui pembelajaran berbasis masalah pada konsep pencemaran lingkungan. Biodik, 1(1).

Nahdi, D. S. (2019). Keterampilan matematika di abad 21. Jurnal cakrawala pendas, 5(2), 456195. ??

Nuha, U., Wahyuni, S., Budiarso, A. S., Hasanah, U., & ANGGRAENI, N. E. (2021). The Effectiveness of Flipbook and Video to Improve Students' Critical Thinking Skills in Science Learning during the COVID-19 Pandemic.

Setiadi, P. M., Alia, D., Sumardi, S., Respati, R., & Nur, L. (2021, July). Synchronous or asynchronous? Various online learning platforms were studied in Indonesia from 2015-2020. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1987, No. 1, p. 012016). IOP Publishing.

Yustyan, S., Nurwidodo, N., & Pantiwati, Y. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan pembelajaran berbasis scientific approach siswa kelas X SMA Panjura Malang. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 1(2), 23-32.

Alfin, D. (2020). Kemandirian Belajar di sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1).

Khoirunnisa, F., & Sabekti, A. W. (2020). Profil keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ikatan kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 26-31.

Nurlaeli, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP. Tsaqofah, 2(1), 23-30.

OECD, P. (2016). assessment and analytical framework: Science, reading, mathematic and financial literacy. Interscience: Paris, 24(5).

Rasyid, I., & Rohani. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. Axiom; Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1).

Rokhim, D. A., Widarti, H. R., & Fajaroh, F. (2020). Pengembangan Bahan Belajar Flipbook pada Materi Redoks dan Elektrokimia Berbasis Pendekatan STEM-PJBL Berbatuan Video Pembelajaran. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 234.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Dan Pengembangan Reseaarch dan Development. Bandung : Alfabeta

Sundari, P. D., & Sarkity, D. (2021). Keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada materi suhu dan kalor dalam pembelajaran fisika. Journal of Natural Science and Integration, 4(2), 149-161.

Sutama, I wayan, W., Pramono, Ghofus, m.A., Endah, d., & Sangadah L. (2021). Pengembangan E-Modul bagaimana merancang dan melakukan pembelajaran untuk memicu HOTS Anak Usia Dini melalui Open Ended Player berbasis Ncesoft Flipbook Maker. SELING; Jurnal Program Studi PDRA, 7(1)

Wijayanti, T., & Trimulyono, G. (2019). Pengembangan Flipbook Berbasi Multiple Intelligence Pada Materi Substansi Genetika untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 8(2).

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.