UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI KOMPONEN KIMIAWI PENYUSUN SEL MELALUI METODE PERCOBAAN

Noneng Purmini

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas metode percobaan untuk meningkatkan kemampuan memahami komponen kimiawi penyusun sel dan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran melalui metode percobaan untuk meningkatkan kemampuan memahami komponen kimiawi penyusun sel siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Kawali tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yaitu tindakan kelas yang berlangsung dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kritis dan interaktif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa metode percobaan dapat meningkatkan kemampuan memahami komponen kimiawi penyusun sel siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Kawali tahun pelajaran 2019/2020. Dari data yang terkumpul, peneliti melihat adanya peningkatan dalam persentase siswa kelas XI IPA 1 yang mendapat nilai di atas KKM (ketuntasan belajar) sebesar 100% dan peningkatan penguasaan materi sebesar 23.4%. selain itu, metode percobaan terbukti dapat meningkatkan perilaku siswa kelas XI IPA 1 sehingga mereka lebih jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, mau bergotong-royong, mampu bekerjasama, toleran, santun, responsif, dan proaktif dalam setiap kegiatan. Kata Kunci: Komponen kimiawi, Penyusunan sel, percobaan

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Ismail. 2009. Strategi Pembelajaran agama Islam Berbasis Paikem. Semarang: RaSAIL Media Group.

Ibrahim. 1996. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rieneka Cipta.

Syaiful Bahri Djamarah. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Banjarmasin: PT Rineka Cipta.

Syaiful Sagala. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: CV. Afabeta.

Syaiful Bahri Djamarah. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rieneka Cipta.

Sugihartono. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Suharso. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: Widya Karya.

Sumiati. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Wina Sanjaya. 2008. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v8i2.4377

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.






 
Jurnal ini terindeks :