PROFIL KECEMASAN PERILAKU SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

Chyntia Anggita Lestari, Dini Islami Noor, Melly Nurhidayanti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kecemasan perilaku peserta didik dalam pembelajaran biologi. Metode penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah deskriptif dengan teknik sampel stratified random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 3 dan kelas XII MIA 3 . Pengambilan data dilakukan pada peserta didik kelas XI MIA 3 dan peseerta didik kelas XII MIA 3 sebanyak 15 peserta didik dari masingmasing kelas sehingga jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 peserta didik dengan menggunakan instrumen berupa angket atau kuisioner yang dalam bentuk skala Likert, sebanyak 14 butir pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas  XII MIA 3 mengalami kecemasan dengan kategori berat mendapat skor sebesar 28-34 sebanyak 9 siswa, dan kategori sangat berat mendapat skor ≥ 35 sebanyak 6 siswa. Sedangkan, peseerta didik kelas XI MIA 3 mengalami kecemasan dengan kategori berat mendapat skor 28-34 sebanyak 8 siswa, dan kategori sangat berat mendapat skor ≥ 35 sebanyak 7 siswa. Kata kunci : Biologi, Kecemasan Perilaku; Peserta Didik

Referensi


Cavanagh, R., & Sparrow, L., 2010. “Measuring mathematics anxiety: Paper 1 - Developing a construct model”. In AARE conference 2010 Make a difference, Nov 28, Melbourne: Australian Association for Research in Education Inc.

Cavanagh, R.F., & Sparrow, L.L.. 2010. “Measuring mathematics anxiety: Paper 2 - Constructing and validating the measure”. In AARE Conference 2010 Making a difference, Nov 28, Melbourne: Australian Association for Research in Education Inc

Mc. Millan, J.H & Schumacher, S. (2001) Research in Education. Fifth Edition. New York: Longman

Nugraini, Siti Hadiati. (2015). Student Perception and Perceived Effectiveness toward e-AV Biology Coursware for Learning about Renewable Energy. International Journalof Engineering Sciences and Research Technology. 4(2).586-593

Nurmila. 2016. Hubungan Antara Kecemasan Matematika dan Kesulitan Belajar Dengan Perilaku Belajar Siswa. Skripsi, Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.

Sutarmi. 2017. Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Di Program Studi Pendidikan Biologi Untirta. Jurnal

Wiramihardja Sutardjo. 2005. Pengantar Psikologi Abnormal. hlm. 68.

Zeidner, Moshe.(2005). Test Anxiety: The State of Art. New York: Kluwer Academic Published




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v8i1.5961

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.






 
Jurnal ini terindeks :