Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Biologi di Kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tasikmalaya

Fawaz Mohamad Irsyad, Sahrul Fauzi

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa, Jenis penelitian ini adalah deskriftif Korelasional. Variabel bebas pada penelitian ini adalah motivasi belajar sedangkan variable terikat adalah hasil belajar. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Tasikmalaya sebanyak 326 orang dari keseluruhan 7 kelas, pengambilan sampel di amibil dari salah satu kelas yang berjumlah 32 Orang siswa. Teknik pengumpulan data dengan pemberian angket yang berisi pernyataan motivasi belajar dengan menggunakan skala likert dan dokumen hasil belajar siswa pada pelajaran Biologi, objek siswa kelas X MAN Tasikmalaya. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi person product momen dan Uji Regres linear sederhana. Hasil yang diperoleh dalam uji korelasi person produc momen sebesar 0,592  yang menunjukan bahwa tingkat korelasi berada pada tingkatan sedang, sedangkan dari hasil uji regresi linear sederhana memperoleh R squere sebesar o,351 yang menunjukan pengaruh motivasi terhadap hasil belajar sebesar 35,1 %. Instrument penelitian telah di uji validitas dan reliabilitasnya.. Analisis data menggunakan uji korelasi Pearson produc moment dan uji regresi sederhana dengan bantuan spss for window 26.. Dengan demikinan hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar. Kata Kunci : Motivasi Belajar dan Hasil Belajar

Teks Lengkap:

hal 15-21 (Download PDF)

Referensi


Damopoli, Insar. Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Di SMP 21 Rendani Manokwari.Universitas Papua. https://osf.io/preprints/4twg2/

Hamdu, Gullam dan Lisa Agsutina. 2011. Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap pestasi belajar ipa di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan

Haryono.2019. Pembelajaran IPA Abad 21. Yogyakarta: Keppel Press

Nurhaty, Sudirman dan Purnama sari et,all .2015. Hubungan antara aspek dalam motivasi belajar dengan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas xi sma negeri 8 batam . Jurnal pendidikan biologi indonesia volume 1 nomor 3 2015 (ISSN: 2442-3750) (halaman 356-361)

Nurmala, ayu dkk.2014. Pengaruh motivasi belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi.Jurnal Undiksha. Vol: 4 No: 1 Tahun: 2014

Rahayu, Mergining. Pengaruh minat dan motivasi belajar Terhadap hasil belajar siswa di smk ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi UNESA. Vol.1 No.3 (2013)

Sardiman.2007. Interaksi dan motivasi belajar- mengajar. Jakarta; Raja Grafindo Persida

Sunadi, Lukman.2013. Pengaruh Motivasi dan pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi UNESA. Vol.1 No. 3 (2013)

Yuniastuti, euis . Hubungan antara aspek dalam motivasi belajar dengan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas xi sma negeri 8 batam. Jurnal Penelitian Pendidikan (JPP), Universitas Pendidikan IndonesiaISSN: p.1412-565X e.2541-4135. Vol.13 No.1 (2013)

Wiwin, Wji dan Fartono, Sukardi.2012. Pengaruh motivasi belajar dan metode pembelajaran Terhadap hasil belajar ips terpadu kelas viii smp pgri 16 Brangsong kabupatenKendal. Jurnal Unnes. Vol 1 No 2 (2012)




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v8i1.5989

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Jurnal ini terindeks :

Google Schoolar Garuda Dimension Crossref SINTA