HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN STRUKTUR MAKRO & MIKRO DENGAN PENGUASAAN JUDUL TEKS

Adun Rusyana

Sari


Tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisis kelebihan dan kekurangan mahasiswa yang memiliki keterampilan superior berpikir kreatif dalam penguasaan judul teks, struktur makro, dan struktur mikro,  (2) menguji hubungan antara penguasaan struktur makro & mikro dengan penguasaan judul teks. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: (1) penguasaan struktur makro mempunyai hubungan yang signifikan dengan penguasaan struktur mikro, (2) penguasaan struktur makro mempunyai hubungan yang signifikan dengan penguasan judul teks, (3) penguasaan struktur mikro mempunyai hubungan yang signifikan dengan penguasaan judul teks, (4) penguasaan struktur makros & mikro berhubungan secara simultan dan signifikan dengan penguasaan judul teks. Subjek penelitian terdiri atas mahasiswa Prodi. Biologi semester VI pada salah satu PTS Swasta di wilayah Provinsi Jawa Barat tahun akademik 2019 (N=28). Metoda penelitian ini adalah deskriptif analitik dan uji korelasi ganda. Simpulan dalam penelitian ini adalah: (1) Mahasiswa yang memiliki keterampilan superior berpikir kreatif memiliki keunggulan dalam penguasaan struktur makro dan lemah dalam penguasaan struktur mikro & judul teks, (2) Tetdapat hubungan yang signifikan anatra penguasaan struktur makro dan mikro, (3) Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan struktur makro dan judul teks, (4) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan struktur mikro dan judul teks, (4) penguasaan struktur makros & mikro tidak berhubungan secara simultan dan tidak signifikan dengan penguasaan judul teks.

Teks Lengkap:

hal 22-27 (Download PDF)

Referensi


Rusyana, A. (2014). Keterampilan Berpikir-Pedoman dan Acuan Para Peneliti Keterampilan Berpikir. Yogyakarta: Ombak

Rusyana, A (2019). “Analisis Kemampuan Mahasiswa Dalam Memahami Struktur Content (Study Pada Mahasiswa Superior Berpikir Kreatif)”. Jurnal Wahana Pendidikan. 6, (2), 111-117.

Siregar, N. 2000. Peranan Struktur Ilmu dan Pengembangan Kurikulum.Makalah.Disampaikan pada Lolakarya Penyusunan Proposal Hibah Penelitian /Pembelajaran Due Like. FPMIPA UPI.

Sugiyono. (2013), Metode Penelitian Manajemen, Bandung: CV Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v8i1.5990

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.






 
Jurnal ini terindeks :