PROFIL KETERAMPILAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN

Muhammad Ridwan, Fachrul Ramdhan

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil keterampilan literasi sains peserta didik pada konsep pencemaran lingkungan di salah satu sekolah menengah pertama di Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII  berjumlah 8 kelas di salah satu SMP di Kota Tasikmalaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan total sampel 2 kelas yang berjumlah 55 peserta didik . Keterampilan literasi sains diukur dengan  indikator yang dikembangkan oleh Gormally. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, nilai rata-rata keterampilan literasi sains peserta didik adalah 36% dalam kategori kurang sekali. Hasil dari masing-masing indikator keterampilan literasi ilmiah adalah sebagai berikut: (1) mengidentifikasi argument  ilmiah yang valid sebesar 34% dalam kategori kurang sekali, (2) mengevaluasi validasi sumber sebesar 18% dalam kategori kurang sekali, (3) mengevaluasi penggunaan dan penyalahgunaan informasi ilmiah sebesar 14% dalam kategori kurang sekali, (4) memahami elemen-elemen desain penelitian sebesar 64% dalam kategori cukup, (5) menunjukkan grafik secara tepat yang diberikan sebesar 42% dalam kategori kurang sekali, (6) membaca dan menginterpretasikan representasi grafik sebesar 65% dalam kategori cukup, (7) memecahkan masalah menggunakan kesimpulan kuantitatif sebesar 42% dalam kategori kurang sekali, (8) memahami dan menginterpretasikan statistik dasar sebesar 22% dalam kategori kurang sekali, (9) melakukan inferensi,prediksi dan penarikan kesimpulan sebesar 36% dalam kategori kurang sekali.  Kata Kunci: Keterampilan Literasi Sains, Pencemaran Lingkungan, Peserta Didik SMP

Referensi


Asyhari, Ardian & Risa Hartati (2015). “Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika AlBiRuNi. 4(2) : 179-191.

Gormally, C., Peggy B., & Mary L., (2012). “Developing a Test of Scientific Literacy Skills (TOLS) :Measuring Undergraduates‘ Evaluation of Scientific Information and Arguments”. CBE-Life Sciences Education. Vol. 11 : 364-377.

Hasanah,Imamah. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) Terhadap Scientidic Literacy Skill Peserta Didik Pada Konsep Pencemaran Lingkungan (Studi Eksperimen Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi. FKIP. Pendidikan Biologi Universitas Siliwangi,

Huryah, Fadhilatul et.al (2017). “Analisis Capaian Literasi Sains Biologi Siswa SMA Kelas X di Kota Padang ”. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP). 1(2) : 72 – 79.

OECD. (2016). PISA 2015:Results in focus. Pisa 2013, (67), 16.https://doi.org/10.1787/9789264266490en.

Purwanto, M.N. (2006). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Rahmadani,Yesika et.al. (2018). “Profil Keterampilan Literasi Sains Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Karanganyar”. Jurnal Pendidikan Biologi.

(3) : 183 – 190.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v8i1.5993

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.






 
Jurnal ini terindeks :