HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA BUDI MULIA KOTA BOGOR

Rifana Desi Rosalia, Fajar Adinugraha, Marina Silalahi

Sari


Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menganalisis hasil belajar kognitif siswa dan skor Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa pada materi pencemaran lingkungan sebelum dan sesudah penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar. Metode penelitian menggunakan metode pre-eksperimental design dengan one group pre-test post-test. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 di bulan Maret sampai Juni 2021. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA SMA Budi Mulia Bogor dengan kelas penelitian X MIPA 2 dan X MIPA 3. Teknik analisis data dengan statistik desktiptif. Rerata nilai hasil belajar kognitif kelompok pre-test, yaitu 72.38 dan kelompok post-test, yaitu 86.25 dengan sekitar 13. 87 poin. Rerata skor KPS sebelum dan sesudah penerapan JAS secara berturut-turut adalah 108.06 dan 110.29 dengan peningkatan skor sebanyak 2.23 poin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rerata yang signifikan antara rerata nilai hasil belajar kognitif pre-test dan post-test menggunakan pendekatan JAS di mana melaui Uji Wilcoxon ditunjukkan Whitung = 58,8 < Wtabel = 772, sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Selanjutnya, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rerata skor KPS sebelum dan sesudah penerapan pendekatan JAS pada materi pencemaran lingkungan. Hal ini dibuktikan dengan Uji Wilcoxon yang menunjukkan Whitung = 812 > Wtabel = 772, sehingga Ho diterima dan H1 ditolak.Kata kunci, Hasil Belajar Kognitif, Jelajah Alam Sekitar, Keterampilan Proses Sains, Pencemaran Lingkungan

Referensi


Acesta, A. (2014). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar UNISSULA, 1(2), 96764. https://doi.org/10.30659/pendas.1.2.

Adinugraha, F. (2018). Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Pada Mata Kuliah Sistematika Hewan. Pro-Life, 5(3), 598. https://doi.org/10.33541/pro-life.v5i3.838

Adinugraha, F., Ratnapuri, A., Ponto, A. I., & Novalina. (2021a). Gambaran Pendekatan Pembelajaran Biologi Kurikulum 2013 di SMA Swasta se-Kabupaten Purworejo. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 9(1), 1–17.

Adinugraha, F., Ratnapuri, A., Ponto, A. I., & Novalina. (2021b). Learning Approaches in Biology Learning. Jurnal Formatif Pendidikan MIPA, 11(21), 25–34.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran (A. Holid (ed.)). PT Remaja Rosadakarya.

Alimah, S., & Aditya, M. (2016). Jelajah Alam Sekitar: Pendekatan, Strategi, Model, dan Metode Pembelajaran Biologi Berkarakter untuk Konservasi (Issue October). Pendidikan Biologi UNNES.

Alimah, S., & Marianti, A. (2016). Bioedutainment: The Strategy of Biology Learning Based on The Natural Exploration Siti Alimah, Aditya Marianti 1. International Conference on Mathematics, Science, and Education, 2016(Icmse).

Aliyah, A., & Erman. (2021). Analisis Unsur-Unsur Keterampilan Proses Sains Dalam Buku IPA SMP. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 147–153.

Ayuningtias, A. (2019). Pencemaran Lingkungan Hidup Akibat Pembuangan Sampah Di Aliran Sungai Di Desa Kedungbanteng Tanggunlangin Sidoarjo Perspektif Undang - Undang No 32 Tahun 2009 Dan Fatwa MUI No 74 Tahun 2014.

Cesarica Oktavia, P. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMP Dengan Model Guided Inquiry pada Materi Energi Dalam Sistem Kehidupan. In Pensa e-jurnal (Vol. 6, Issue 2).

Effendy, I. (2016). Pengaruh Pemberian Pre-Test dan Post-Test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW.DEV.100.2.a pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 81–88.

Hardianty M. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepasifan dan Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 1 Balusu.

Herlina, N. (2017). Permasalahan Lingkungan Hidup dan Penegakan Hukum Lingkungan di Indonesia. Unigal.Ac.Id, 3(2), 1–16.

Mahmudah. (2018). Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan Kelas VII di MTs Muslimat Nu Palangka Raya. In Skripsi.

Mahmudah, L. (2016). Pentingnya Pendekatan Keterampilan Proses Pada Pembelajaran IPA di Madrasah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.2047

Mansur, S., & Xaverius, A. P. F. (2020). Discovery dan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) pada Pembelajaran Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup. Journal Of Biology Education, 3(1), 44. https://doi.org/10.21043/jobe.v3i1.7131

Permadi, I. M. A., & Murni, R. . R. (2013). Dampak pencemaran lingkungan akibat limbah dan upaya penanggulangannya di kota denpasar. Kertha Negara, 1(6), 1–5.

Sabaniah, S., Ramdhan, D. F., & Rohmah, S. K. (2021). Peran Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah Covid - 19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 43–54. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.77

Samitra, D., Mereta, W., & Rahmasari, N. D. (2016). Pengaruh Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Lubuklinggau. Jurnal Bioedukatika, 4(2), 8–13.

Santika, A. M., Budiningsih, D. N., Sri, C., & Yuwono, M. (2017). Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Berbasis Pelestarian Jalak Bali terhadap Kepedulian Lingkungan dan Hasil Peta Kognitif Siswa. Jurnal Santiaji Pendidikan, 7(1), 55–66.

Silalahi, M. (2016). Keanekaragaman Dan Distribusi Tumbuhan Bermanfaat Di Pekarangan Kampus Universitas Kristen Indonesia (Uki) Cawang, Jakarta Timur. Jurnal Biologi, 20(2), 75–82.

Silalahi, M. (2018). Keanekaragaman Tumbuhan Pekarangan dan Pemanfaatannya Untuk Prasarana Pembelajaran Di Sekolah PSKD 1 Jakarta Sebagai Salah Satu Usaha Konservasi. Jurnal EduMatSains, 3(1), 1–20. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/edumatsains/article/view/776

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Supadmiyanti. (2013). Peningkatan Keterampilan Proses IPA dengan Performence Assessment pada Siswa Kelas 2 SDN Adisucipto 1 Depok. In Skripsi.

Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains dalam Materi Biologi. Bio Educatio, 2(2), 279492.

Titis, B., & Sari, W. (2019). Pengaruh Durasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 Ledok 006 Salatiga. Jurnal ReviewPendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 139–144.

Wardana, I. K., Marhaeni, A. A. I. ., & Tika, I. N. (2013). Pengaruh Model Kontekstual Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Sains Pada Siswa Kelas Iv Sd Gugus V. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 3, 12.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v9i2.6282

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.






 
Jurnal ini terindeks :