PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE SYNERGETIC TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA
Sari
Teks Lengkap:
hal 19-24 (Download PDF)Referensi
Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta. Bumi Aksara
Cahyo, A ,N. (2013). Panduan Aplikasi Teori-teori Belajar Mengajar Teraktual Dan Terpopuler. Jogjakarta:Diva Press (Anggota IKAPI)
Dewa, E. Et al. (2020). “Pengaruh Pembelajaran Daring Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Siswa”. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA). 3(2):351-359.
Gunawan, I dan Palupi, A, R. (2016). “Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Penilaian”. Program Studi PGSD FIP IKIP PGRI Madiun. (Jurnal Peneltian)
Hanafiah, N. dan Suhana, C. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran.
Bandung:Refika Aditama.
Handoko, A. et al. (2016). “Pengembangan Modul Biologi Berbasis Discovery Learning (Part Of Inquiry Spectrum Learning-Wenning) Pada Materi Bioteknologi Kelas XII IPA Di SMA Negeri 1 Magelang Tahun Ajaran 2014/2015”. Jurnal Inkuiri, 5(3):144-154.
Istiana, G, A. et al. (2015). “Penerapan Model Pembelajara Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pokok Bahasa Larutan Penyangga Pada Siswa Kelas IX IPA Semester II SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013/2014.” Jurnal Pendidikan Kimia, 4(2):65-73
Kemendikbud. (2015). Siswa Berkarakter Pancasila Menjadi Tujuan Pendidikan Nasional. [Online]. Tersedia :
https://www.kemedikbud.go.id/main/blog/2015/05/siswa-berkarakter- pancasila-menjadi-tujuan-pendidikan-nasional-4153-4153-4153
Kuswana, W. (2014). Taksonomi Kognitif Perkembangan Ragam Berfikir.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mulyono, N. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung:Rizqi Press.
Noor, E, M. Et al. (2017). “Penggunaan E-Learning dalam Pembelajaran Berbasis Proyek di SMA Negeri 1 Jepara”. Jurnal Prodi Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran, 6(1):17-26.
Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi Dan Model Pembelajaran. Bandung.
CV Pustaka Setia.
Rahmawati. (2017). “Penerapan Pembelajaran Blanded pada Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan”. Jurnal Pendidikan Biologi. 6(2):91-94.
Sadikin, A dan Hamidah, A. (2020). “Pembelajaran Daring di Tengah wabah COVID-19”. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unoversitas Jambi. 6(02):214-224.
Sari, E, N. Et al. (2016). “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel Di SMA”. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. 5(3):1403-1407.
Silberman, M, L. (2016). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif Edisi Revisi. Bandung. Nuansa Cendikia.
Simbolon, E, R dan Tapilouw, F, S. (2015). “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Berfikir Kritis Siswa SMP”. Program Studi Pendidikan IPA, SPs Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia. VII(1):97-104.
Sismulyasih, N. (2015). “Peningkatan Menulis Manuskrip Jurnal Ilmiah Menggunakan Strategi Synergetic Teaching pada Mahasiswa PGSD UNNES”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 4(1):64-70.
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Sudjana. (2005). Metode Statiska. Bandung. PT Tarsito Sugiyono, (2015). Statiska Untuk Penelitian. Bandung:Alfabeta.
Sugiyono (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Surya, M. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung:Pustaka Bani Quraisy.
Sujiwo, C, A, D. Dan A’yun, Q. (2018). “Efektifitas Synergetic Teaching pada Pembelajaran Matematika”. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(2):91-100.
Syarifah, S. (2016). Strategi Belajar Mengajar Metode Synergetic Teaching. [Online]. Tersedia:
http://sitisyarifah94.blogspot.com/2016/05/strategi-belajar-mengajar- metode.html?m-1
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v9i2.6349
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal ini terindeks :