PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE SYNERGETIC TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA

Tanti Hendrayani, Yoyon Sutresna, Adun Rusyana

Sari


an Model Discovery Learning dengan Metode Synergetic Teaching terhadap hasil belajar kognitif siswa yang dilakukan secara online. Metode penelitian yang dilakukan adalah Pre-experimental designs dengan One group pretest posttest design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA 3 dengan teknik purposive sampling. Rerata skor pretest yaitu 34,71. Setelah dilakukan proses pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning dengan metode Synergetic Teaching diperoleh rerata skor posttest 82,06. Kelas X IPA 3, dilihat dari hasil uji normalitas data dan data tersebut berdistribusi normal dengan hasil 5,307,dilakukan dengan menggunakan Uji Hipotesis (Uji Z) dengan menentukan nilai

Teks Lengkap:

hal 19-24 (Download PDF)

Referensi


Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta. Bumi Aksara

Cahyo, A ,N. (2013). Panduan Aplikasi Teori-teori Belajar Mengajar Teraktual Dan Terpopuler. Jogjakarta:Diva Press (Anggota IKAPI)

Dewa, E. Et al. (2020). “Pengaruh Pembelajaran Daring Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Siswa”. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA). 3(2):351-359.

Gunawan, I dan Palupi, A, R. (2016). “Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Penilaian”. Program Studi PGSD FIP IKIP PGRI Madiun. (Jurnal Peneltian)

Hanafiah, N. dan Suhana, C. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran.

Bandung:Refika Aditama.

Handoko, A. et al. (2016). “Pengembangan Modul Biologi Berbasis Discovery Learning (Part Of Inquiry Spectrum Learning-Wenning) Pada Materi Bioteknologi Kelas XII IPA Di SMA Negeri 1 Magelang Tahun Ajaran 2014/2015”. Jurnal Inkuiri, 5(3):144-154.

Istiana, G, A. et al. (2015). “Penerapan Model Pembelajara Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pokok Bahasa Larutan Penyangga Pada Siswa Kelas IX IPA Semester II SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013/2014.” Jurnal Pendidikan Kimia, 4(2):65-73

Kemendikbud. (2015). Siswa Berkarakter Pancasila Menjadi Tujuan Pendidikan Nasional. [Online]. Tersedia :

https://www.kemedikbud.go.id/main/blog/2015/05/siswa-berkarakter- pancasila-menjadi-tujuan-pendidikan-nasional-4153-4153-4153

Kuswana, W. (2014). Taksonomi Kognitif Perkembangan Ragam Berfikir.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mulyono, N. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung:Rizqi Press.

Noor, E, M. Et al. (2017). “Penggunaan E-Learning dalam Pembelajaran Berbasis Proyek di SMA Negeri 1 Jepara”. Jurnal Prodi Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran, 6(1):17-26.

Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi Dan Model Pembelajaran. Bandung.

CV Pustaka Setia.

Rahmawati. (2017). “Penerapan Pembelajaran Blanded pada Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan”. Jurnal Pendidikan Biologi. 6(2):91-94.

Sadikin, A dan Hamidah, A. (2020). “Pembelajaran Daring di Tengah wabah COVID-19”. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unoversitas Jambi. 6(02):214-224.

Sari, E, N. Et al. (2016). “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel Di SMA”. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. 5(3):1403-1407.

Silberman, M, L. (2016). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif Edisi Revisi. Bandung. Nuansa Cendikia.

Simbolon, E, R dan Tapilouw, F, S. (2015). “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Berfikir Kritis Siswa SMP”. Program Studi Pendidikan IPA, SPs Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia. VII(1):97-104.

Sismulyasih, N. (2015). “Peningkatan Menulis Manuskrip Jurnal Ilmiah Menggunakan Strategi Synergetic Teaching pada Mahasiswa PGSD UNNES”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 4(1):64-70.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Sudjana. (2005). Metode Statiska. Bandung. PT Tarsito Sugiyono, (2015). Statiska Untuk Penelitian. Bandung:Alfabeta.

Sugiyono (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Surya, M. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung:Pustaka Bani Quraisy.

Sujiwo, C, A, D. Dan A’yun, Q. (2018). “Efektifitas Synergetic Teaching pada Pembelajaran Matematika”. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(2):91-100.

Syarifah, S. (2016). Strategi Belajar Mengajar Metode Synergetic Teaching. [Online]. Tersedia:

http://sitisyarifah94.blogspot.com/2016/05/strategi-belajar-mengajar- metode.html?m-1




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v9i2.6349

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.






 
Jurnal ini terindeks :