UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP MELALUI METODE OBSERVASI DENGAN LKS WORD SQUARE

Euis Atik Sartika

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar  siswa kelas VII-C SMP Negeri 3 Darma melalui penerapan Metode Observasi dengan LKS Word Square pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Objek proses dalam penelitian ini adalah aktivitas dan respons siswa dalam memahami materi Klasifikasi Makhluk Hidup, sedangkan objek produk dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dalam materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi,  dan angket. Data dianalisis dengan teknik  deskriptif kuantitatif - kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaa metode observasi yang divariasikan dengan LKS Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa VII-C SMP Negeri 3 Darma dalam materi Klasifikasi Makhluk Hidup yang ditandai dengan perolehan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 60,97 pada siklus I, pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 14,19 menjadi 75,16.  Beberapa langkah yang dapat ditempuh dalam penggunaan metode observasi yang divariasikan dengan LKS Word Square, yakni memotivasi siswa, memberi penguatan, mengelola kelas dan membuat suasana pembelajaran menyenangkan, mengomunikasikan langkah-langkah pembelajaran dengan bahasa yang mudah dipahami siswa, membuat media pembelajaran sendiri, pemiliham metode dan variasi pembelajaran yang tepat, aktif melakukan interaksi. Kata Kunci: Klasifikasi Makhluk Hidup, Metode Observasi, LKS Word Square

Teks Lengkap:

Hal 1-11 (Download PDF)

Referensi


Aqib, Zainal. 2014. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung : Cv Yrama Widya

Arikunto, Suharsimi. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah Beserta Contoh-Contohnya. Yogyakarta: Gava Media.

Jonelisa, Devia. 2013. Model Pembelajaran Inovatif Tipe Word Square Pada Pembelajaran Matematika SD. Jurnal Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Kemdikbud. 2016. Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTS) Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta.

_________. 2017. Buku Guru IPA SMP/MTS Kelas VII.Jakarta.

Nurdin, Muhammad., dkk. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara

Purnama, M. Bogas. 2015. Pengaruh Pembelajaran Make A Match dengan Media LKS Word Square terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kramat Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Semarang : Universitas Negeri Semarang

Sani, Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara

Siyoto, Sandu. dkk. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Literasi Media Publishing

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Supriyadi. 2013. Evaluasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Gorontalo: UNG Press Gorontalo.

Widodo, Wahono. dkk. 2017. Buku Guru IPA Kelas VII. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v10i1.7350

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.






 
Jurnal ini terindeks :