PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS SISWA SMA NEGERI 3 CIAMIS PADA MATERI LIMBAH DAN DAUR ULANG LIMBAH

Ira Trulila, Endang Hardi

Sari


Berdasarkan hasil wawancara  dengan Guru Biologi kelas X di SMA Negeri 3 Ciamis  taraf  berpikir analitis siswa sangat kurang atau rendah. Pembelajaran yang selama ini digunakan Guru Biologi masih kurang menumbuhkan berpikir analitis siswa.  Penelitian  ini dimaksudkan untuk memperoleh informasi yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir analitis siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, sehingga yang terpilih kelas X MIA 3 sebanyak 26 orang. Metode yang digunakan yaitu metode quasi experiment (eksperimen semu) dengan  one group pretest-postest design. Instrumen yang digunakan berupa  soal essai untuk mengukur kemampuan berpikir analitis siswa sebanyak 10 soal. Dari hasil perhitungan diperoleh 2hitung dibandingkan  2daftar ternyata2hitung = 1,90 <20,99(3) = 11,41 dengan demikian data berdistribusi normal. Karena data berdistribusi normal maka untuk uji hipotesisnya menggunakan uji Z, pada taraf nyata α 1% diperoleh nilai Zhitung   >  Z0,4900 atau 2,5 > 2,33 maka dengan demikian terima hipotesis terdapat pengaruh yang nyata model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir analitis siswa. Berdasarkan perhitungan dan hasil pengolahan data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir analitis siswa pada pokok bahasan limbah dan daur ulang limbah.Kata Kunci : Berpikir analitis, Project Based Learning (PjBL)

Teks Lengkap:

Hal 19-24 (Download PDF)

Referensi


Anonim. (2012). Limbah dan jenis-jenisnya. [Online]. Tersedia: http://Fsoera.Wordpress.com. [2 Mei 2015].

Anonim. (2012). Pengelolaan Limbah B3 Dalam PP 18/1999 Juncto PP 85/1999. Bandung. Jujubandung.

Amirudin, A., Buranda, J, P. (2012) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Siswa SMA. Malang. Jurusan Geografi Universitas Negeri Malang.

Arikunto, S. (2012).Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2006).Prosedur Penenlitian. Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.

Bahri, D. S. dan Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.

Beetlestone, F. (2012).Creative Learning. Startegi Pembelajaran untuk Melestarikan Kreatifitas Siswa. Bandung. Nusa Media.

Carr, Spark, E. 2011. Thinking Skills for Strategic Capability. (Online), (http://cranfiealdac.uk/cds/humansystem.pdf), diakes 3 Februari 2015.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. RinekaCipta.

Gardner, Howard, Creating minds, An Anatomy of Creativity, (New York: Basic Books, 1993), hal. 19-25(skripsi Dewi A. Sagitasari hal.23).

Hake, R. 1999. Analizing Change/Gain Score. Tersedia http://www.physics.indiana,edu/hake.(diakses pada tanggal 4 Mei 2015)

Jagantara, I, M, W., Adnyana, P, B., Widiyanti, N, L, P, M (2014). Pengaruh Model Pembelajaran (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Biologi DItinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMA. Program Studi Pendidikan IPA, Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja. Indonesia

Khamdi, W. 2007. Pembelajaran berbasis Proyek: Model Potensi untukmeningkatkan Mutu Pembelajaran. Tersedia pada http;//lubisgrafura.wordprees.com. Diakses 3 Februari 2015.

Munandar, U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta.Rineka Cipta.

Pratiwi., Maryati, S., Srikini., Suharno., Bambang. (2013). Biologi untuk SMA/MA kelas X, Jakarta. Erlangga.

Purwanto, N. Psikologi Pendidikan. (2003). Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Tirtarahardja, U. dan Sulo. La. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.

Sani, R. A. (2014). Pembalajaran SAINTIFIK Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta. Bumi Aksara.

Santi, T. K. (2011) Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Pemahaman Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan.

Sudjana. (2002). Metode Statistika. Bandung. Tarsito.

Sudjana, N. dan Rivai, A. (2013).Media Pengajaran. Bandung. Baru Algesindo.

Sugiono.(2012). Statistika Untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta.

Suherman, E. dan Sukjaya, Y. (1990). Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung. Wijayakusumah

Widyantini, T. (2013) Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Dalam Materi Pola Bilangan. Pusat pengembangan dan pemberdayaan pendidikan tenaga kependidikan matematika, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v10i1.7354

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Jurnal ini terindeks :

Google Schoolar Garuda Dimension Crossref SINTA