ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LABORATORIUM IPA SEBAGAI SARANA PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN

dian rosdiani, Euis Erlin

Sari


Pengelolaan laboratorium merupakan kegiatan yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan  dan  pengawasan.  Kegiatan praktikum di laboratorium merupakan  aspek pelaksanaan dari pengelolaan laboratorium. Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui efektivitas penggunaan laboratorium dalam meningkatkan keterampilan proses sains melalui metode praktikum. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif melalui pendekatan studi documenter. Data penelitian untuk mengukur keterampilan proses sains diperoleh dari dokumen-dokumen yaitu dokumen skor hasil kegiatan praktikum yang diperoleh dari salah satu SMP di Kabupaten Kuningan yang meliputi skor cara menggunakan mikroskop, skor diskusi hasil pengamatan ( komunikasi lisan) dan skor laporan hasil praktikum ( komunikasi tertulis). Dokumen ini merupakan skor  praktikum mata pelajaran IPA siswa SMP kelas 7 yang berjumlah 32 orang pada praktikum Struktur tumbuhan.  Kuesioner diberikan kepada guru IPA untuk menjaring data keefektifan penggunaan laboratorium IPA. Data dianalisis dengan cara menghitung skor rata-rata untuk menentukan kriteria keterampilan proses sains dan menghitung persentase skor kuesioner untuk menentukan kriteria keefektifan penggunaan laboratorium ditinjau dari pemberdayaan dan pengelolaan laboratorium. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor cara menggunakan mikroskop adalah 65, skor komunikasi lisan 56, skor komunikasi tertulis 62, sedangkan skor keefektifan penggunaan laboratorium 60%. Kesimpulan bahwa Keterampilan proses sains yang mencakup penggunaan mikroskop memiliki kriteria cukup, komunikasi lisan memiliki kriteria kurang, komunikasi tertulis memiliki kriteria cukup dan keefektifan penggunaan laboratorium memiliki kriteria cukup.Kata Kunci : Laboratorium, keterampilan proses sains, praktikum

Teks Lengkap:

Hal 25-34 (Download PDF)

Referensi


……………..(2020),.Pemberdayaan Tenaga Teknisi dan Laboran Sekolah. Diklat Peningkatan Kompetensi Kepala Laboratorium IPA, P4TK Dirjen GTK,Kemendikbud

Arpin R M, Mangesa R T, dan Nur H. (2017). Pengembangan Model pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik pada Mata Pelajaran kerirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan. Seminar Nasional Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Bukhori, eva muzaiyidah. (2015). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar. [Online]. Tersedia: http://evimuzaiyidah.blogspot.com/2015/03/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-belajar.html?m=1. [14 April 2020].

Dewi Vestari. (2020).Handout Diklat Peningkatan Kompetensi Kepala Laboratorium IPA.Pengelolaan Kegiatan Laboratorium Sekolah, P4TK Dirjen GTK,Kemendikbud

Dimyati., dan Mudjiyono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta

Herafa D, Gee E, Ndruru K et,al,2021, Pemanfaatan Laboratorium IPA di SMAN 1 Lahusa, Jurnal EduMatSains, 5(2), 105-122

Maimunah D et.al, 2017,Efektivitas Pengelolaan Laboratorium IPA Pada SMP Negeri I Mambroko, Kabupaten Sumba Tengah,Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1):38

Nurhadi A,2018, Manajemen Laboratorium Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran,Jurnal Keilmuam Manajemen Pendidikan, 4(1):1-12

Prabowo A dan Heriyanto. (2013). “Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik (E-Book) Oleh Pemustaka Di Perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang”. J. Ilmu Perpustakaan. 2(2): 1-9

Rustaman, Nuryani. (2017). Strategi Belajar Mengajar Biologi..Universitas Pendidikan Indonesia

Severin, W.J. & Tankard, J.W. (1979). Communication Theories: Origins, Methods, Uses. New York: Hastings House. [Online]. Tersedia: http://www.newcon versations.net/ communication_skills_open_source_library.htm#teachmat [18 Agustus 2008]

Surya A P, Relmasira S C, dan Hardini A T. (2018). “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa Kelas III SDN Sidorejo Lor 01 Salatiga”. J. Pesona Dasar. 6(1):41-54

Turahmah N,Pujani et.al,2020,Pengelolaan Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam SMP Negeri 2 Singaraja,Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, 3(3) :118-129




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v10i1.7447

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.






 
Jurnal ini terindeks :