PENGARUH INKUIRI PICTORIAL RIDDLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PENGARUH AKTIVITAS MANUSIA TERHADAP PERUBAHAN DAN PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA INFORMATIKA CIAMIS

Fitri Indriani, Adun Rusyana, warsono warsono

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Pengaruh model pembelajaran inkuiri tipe pictorial riddle terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pengaruh aktivitas manusia terhadap perubahan dan pencemaran lingkungan. Jenis penelitian ini adalah quasy eksperiment dengan One Grup Pretest-Postest Design. penelitian meliputi variabel bebas berupa Model Inkuiri tipe Pictorial Riddle serta variabel terikat berupa kemampuan berpikir kritis. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Informatika Ciamis yang berjumlah lima kelas sebanyak 120 orang. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas X IPA 4 sebanyak satu kelas berjumlah 23 orang. Teknik pengambilan sampel dengan Purvosive Sample.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa soal Pretest dan soal Postest. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Inkuiri tipe Pictorial Riddle dapat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis. Terlihat dari hasil uji t diperoleh harga nilai thitung (6,3) > ttabel (1,717). Kata kunci: Model pembelajaran Inkuiri tipe Pictorial Riddle, Keterampilan berpikir kritis

Teks Lengkap:

Hal 35-39 (Download PDF)

Referensi


Abidin, Yunus. (2014).Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rieka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Fisher, Alec. (2008). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar.Jakarta: Erlangga.

Kasmadi, dan Nia Siti Sunariah. (2014). Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Kristianingsih, D. D (2010). “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Pictorial Riddle Pada Pokok Bahasan Alat-alat Optik Di SMP”. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 6: 13.

Mahmudah, L.(2014).”Pembelajaran Fisika Menggunakan Metode Pictorial Riddle dan Problem Based Solving ditinjau dari kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Analisis”. Jurnal Inkuiri. 3 (2) : 50.

Marlinasari, D. (2013). Pengaruh Penerapan Metode Inkuiri Dengan Media Pictorial Riddle Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA. Artikel Penelitian, Universitas Tanjungpura Pontianak.

Mayasa.(2011). Model Pembelajaran Inkuiri Pictorial Riddle.[Online]. Tersedia:http://wwwpojokfisikauniflor.blogspot.com/2011/02/pendekatan-inkuiri-dalam-pembelajaran.html. [17Maret 2015].

Muchlisin,R.(2013). Pengertian Metode Inkuiri.[Online]. Tersedia: http://www.kajianpustaka.com/2013/07/metode-inkuiri.html. [17Maret 2015].

Nurgana, E. (1985). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: CV Permadi.

Purwanto, J.(2014). “Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Tipe Pictorial Riddle Dengan Konten Integrasi-Interkoneksi Pada Materi Suhu Dan Kalor Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA”. Jurnal Kimia. 10(2) : 120-121.

Rusyana, A. (2014). Keterampilan Berpikir. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Silberman, M.L.(2014). Active Learning. Bandung: Nuansa Cendikia.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rieka Cipta.

Sudjana, N dan Rivai, A. (2009). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Supriatman, E. (2014). Panduan RPP 2006.[Online]. Tersedia: http://www.ppb-esp.weebly.com[7Agustus2015)




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v10i1.7450

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Jurnal ini terindeks :

Google Schoolar Garuda Dimension Crossref SINTA