PENGARUH OMNI-CHANNEL MARKETING TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi Kasus pada Produk Tabungan Emas PT. Pegadaian Syariah cabang Padayungan)

Nina Laela Sugesti, Aini Kusniawati, Faizal Haris Eko Prabowo

Abstract


Perubahan industri menyebabkan aktifitas organisasi berubah yang dipengaruhi oleh maraknya perkembangan teknologi serta internet tak terkecuali dalam bidang ekonomi dan bisnis. Tingginya tingkat penggunan internet di Indonesia menjadi dasar dari strategi pemasaran perusahaan agar menjangkau lebih luas lagi konsumen potensial di kalangan masyarakat milenial saat ini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Omni Channel Marketing terhadap minat beli konsumen pada Tabungan Emas di PT. Pegadaian Syariah cabang Padayungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Analisis Koefisien Korelasi Sederhana= 0,240, Analisis Determinasi= 66,83%, Analisis Signifikasi (Uji t)= bobot t hitung2.3096 sedangkan bobot t tabel1,989 , Analisis Signifikasi (Uji F)= F hitung 5,6470 lebih besar dari F tabel 5,374 dengan tingkat signifikasi 0,05. Terdapat pengaruh omni channel marketing terhadap minat beli konsumen pada produk tabungan emas di PT. Pegadaian Syariah cabang Padayungan, pengoptimalisasian aplikasi pegadaian digital membuat nasabah semakin terbantu, memberikan pengalaman yang aman dan nyaman membuat mereka bertahan dengan produk dan mampu meningkatkan minat beli konsumen. Penerapan sistem omni channel marketing terhadap minat beli konsumen pada produk tabungan emas di PT. Pegadaian Syariah cabang Padayungan sudah baik. Namun alangkah baiknya pihak perusahaan lebih memperhatikan aspek teknologi dan data yaitu dengan cara memberikan informasi dan pemahaman yang lebih mengenai penggunaan aplikasi digital pegadaian, misalnya seperti membuat video tutorial dan video edukasi agar semua orang dapat dengan mudah mengaksesnya dan secara gratis.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Bhasin, Harmeet Kaur. 2013. Omni-Channel Retailing A New Strategy Of Retai.

Tersedia:http://www.iosrjournals.org/iosr-jbm/papers/IESMCRC/Volume%201/30.33.pdf (23 Januari 2019)

Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung :

Penerbit Alfabeta.

Dama, Daniel. 2016. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi minat Beli Konsumen Dalam Memilih Laptop Acer di Toko Lestari Komputer Manado.

Tersedia:https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/10915 (31 Maret 2019)

Yudistira, Galvan. 2018. BRI terapkan teknologi omnichannel, begini strateginya. Konta.co.id (8 Juni 2018).

Tersedia:https://keuangan.kontan.co.id/news/bri-terapkan-teknologi-omnichannel-begini-strateginya (26 Desember 2018)

Hasibuan, Malayu SP. 2007. Manajemen: Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta : Bumi Aksara.

Jinzhe Yan, Kyuseop Kwak. 2016. Empirical Study on Omni-Channel Effect: Eviden form Departement Store.

Tersedia:http://www.ejmt.org/download/201611/6.JMT%25EC%2597%2584%25EA%25B8%2588%25EC%25B2%25A0.pdf (24 Januari 2019)

Kadarisman et. al. 2017. Digital Era Marketing Strategy Analisys Of Syariah Banking In Indonesia, Studi On E-Word-Of-Mounth Relation To Purcase Intention Through Brand Image To Increase Syariah Banking Market Share In Indonesia.

Tersedia:http://www.journal.stpsahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/285 (03 Januari 2019)

Kemenperin. 2019. Berkontribusi Signifikan, Investasi Industri Sentuh Rp122 Triliun Semester I-2018.

Tersedia:http://www.kemenperin.go.id/artikel/19603/Berkontribusi-Signifikan,-Investasi-Industri-Sentuh-Rp122-Triliun-Semester-I-2018 (02 Febuari 2019)

Kompas.com. 2018. Berapa Jumlah Pengguna Internet Indonesia?.

Tersedia:https://tekno.kompas.com/read/2018/02/22/16453177/berapa-jumlah-pengguna-internet-indonesia. (31 Maret 2019)

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid Pertama. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management 13. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.

Malau, Harman. 2017. Manajemen Pemasaran. Bandung : Alfabeta

Mosquera et. al. 2017. Understanding the Customer exsperience in the age of Omni-channel Shopping.

Tersedia: https://icono14.net/ojs/index.php/icono14/article/.../630/ (24 Januari 2019)

PT. Pegadaian (Persero). 2019. Pegadaian.

Tersedia: https://www.pegadaian.co.id/ (26 Desember 2018)

Pramono, Rian. 2012. Analisis Pengaruh Harga Kompetitif, Desain Produk, dan Layanan Purna Jual Terhadap Minat Beli Konsumen Sepeda Motor Yamaha (Studi Kasus Pada Masyarakat di Kota Semarang).

Tersedia:http://eprints.undip.ac.id/35903/1/Jurnal_Rian_Pramono_(C2A008128).pdf (04 Februari 2019)

Riduwan, dan Sunarto. 2011. Pengantar Statistika : Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Shahnaz, dan Wahyono. 2016. Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen di Toko Online.

Tersedia:https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj/article/view/5571/7743 (31 Maret 2019)

Shaleh, Abdul Rahman dan Wahab, Muhbib Abdul . 2004. Psikologi Suatu Pengantar. Dalam Perspektif Islam. Jakarta: Prenada Media.

Swasta, dan Irawan. 2002. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Keempat. Penerbit Liberty : Jakarta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian. Bandung : Penerbit Alfabeta

Solihin. 2004. Kamus Pemasaran. Cetakan Pertama. Bandung : Penerbit, Pustaka.

Yanuardi et. al. 2016. Analisis Omni-channel Customer Experience Maturity di PT. Telekomunikasi Indonesia.

Tersedia : https://pdfjournals.telkomuniversity.ac.id/ (23 Januari 2019)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.