Pengaruh Customer Relationship Management dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Sepeda Motor Yamaha (Studi Pada Konsumen Bahana Ciamis)

Yani Oktianur Rahmawati, Aini Kusniawati, Iwan Setiawan

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Customer Relationship Management dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen Sepeda Motor Yamaha (Suatu Studi pada Konsumen Bahana Ciamis). Permasalahan yang dihadapi pada penelitian ini meliputi: 1). Bagaimana pengaruh customer relationship management terhadap loyalitas konsumen sepeda motor Yamaha pada Bahana Ciamis? ; 2). Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen sepeda motor Yamaha pada Bahana Ciamis? ; 3). Bagaimana pengaruh customer relationship management dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen sepeda motor Yamaha pada Bahana Ciamis. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). Pengaruh customer relationship management terhadap loyalitas konsumen sepeda motor Yamaha pada Bahana Ciamis; 2). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen sepeda motor Yamaha pada Bahana Ciamis; 3). Pengaruh customer relationship management dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen sepeda motor Yamaha pada Bahana Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 95 responden yang pemecahan masalah dalam penelitiannya dilakukan dengan menggunakan analisis statistik berdasarkan data kuantitatif yang dikumpulkan melalui angket atau kuesioner dari subyek penelitian. Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa customer relationship management dan kualitas pelayanan berpengaruh positif  dan signifikan terhadap loyalitas konsumen sepeda motor merek Yamaha di Bahana Ciamis dengan besarnya pengaruh 49% dan sisanya 51% dipengaruhi faktor lain. Diharapkan Bahana Ciamis mempertahankan dan memperhatikan customer relationship managementdan kualitas pelayanan sehingga akan meningkatkan loyalitas pelanggannya. 

Full Text:

PDF

References


Ahmad dan Nilhda. 2018. Customer Relationship Management Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas NasabahPada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah Kantor Cabang Pembantu (Kcp) Kota Palopo. Skripsi pada Islamic Management And Bussines. Tidak diterbitkan.

Alma, Buchari. 2010. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.

Buchory dan Saladin. 2010. Manajemen Pemasaran (Teori, Aplikasi, dan Tanya Jawab). Bandung: Linda Karya.

Budianto, Apri. 2015. Manajemen Pemasaran Edisi Revisi. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Hasibuan, Malayu. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kalalo, Rinny. 2013. Customer Relationship Management Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen PT. Matahari Dept. Store, Manado. Skripsi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado. Tidak diterbitkan.

Kumar dan Reinartz. 2012. The Customer Relationship Management: Concept. Strategy, Tools. London: Spinger.

Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Keller. 2014. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Munandar, Dadang. 2017. Pengaruh Customer Relationship Management

Loyalitas Pelanggan Bisnis PT. Frisian Flag Indonesia Bandung. Skripsi pada Program Studi Manajemen Informatika

Universitas Komputer Indonesia. Tidak diterbitkan.

Priansa, Donni Juni. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: Pusaka Setia.

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. 2008. Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES.

Sudarso, Andriasan. 201. Manajemen Pemasaran Jasa Perhotelan (Dilengkapi dengan Hasil Riset pada Hotel Berbintang di Sumatera Utara). Yogyakarta: Deepublish.

Sudjana, Anas. 2005. Metode Statistik. Bandung: Penerbit Tarsito.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taufik. 2018. Data AISI Distribusi Penjualan Sepeda Motor Domestik Sampai Maret 2018.

Tersedia :http://tmcblog.com/2018/04/10/data-aisi-distribusi-penjualan-sepeda-motor-domestik-maret-2018-tembus-14-juta-unit/

Woro dan Naila. 2013. Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan, Melalui Kepuasan Pelanggan Pada

Pelanggan Bus Efisiensi (Studi PO Efisiensi Jurusan Yogyakarta-Cilacap). Skripsi pada Jurusan Administrasi Bisnis FISIP Universitas Diponegoro. Tidak diterbitkan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.