PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KOMUNIKASI NONVERBAL TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN AXIS (Suatu Studi pada Pelanggan Axis di Konter Maha Tronik Banjar)

parid maruf, Oyon Saryono, Azis Bazari

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Komunikasi Nonverbal terhadap minat beli konsumen Axis studi pada pelanggan Axis di Konter Maha Tronik Banjar). Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1]. Bagaimana Pengaruh Komunikasi Interpersonal terhadap Minat Beli  konsumen Axis di Konter Maha Tronik Banjar ; 2]. Bagaimana Pengaruh Komunikasi Nonverbal terhadap Minat Beli konsumen Axis di Konter Maha Tronik Banjar ; 3]. Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Komunikasi Nonverbal terhadap Minat Beli konsumen Axis di Konter Maha Tronik Banjar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini analisis desain deskriptif dengan teknik survey. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, dan uji hipotesisis menggunakan uji t dan uji f. Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa  : 1]. Komunikasi Interpersonal berpengaruh positif terhadap Minat Beli konsumen Axis sebesar 37.90% dan sisanya 62.1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. 2]. Komunikasi Nonverbal berpengaruh positif terhadap Minat Beli konsumen minat beli konsumen Axis sebesar 33.50% dan sisanya 66.5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. 3]. Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Komunikasi Nonverbal berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen Axis sebesar 64.1% dan 35.9% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Untuk meningkatkan pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Komunikasi Nonverbal terhadap Minat Beli konsumen Axis diharapkan para peran pimpinan untuk terus menerus memberikan pelatihan kepada para komunikatornya dalam berkomunikasi dengan konsumen, karena dengan Komunikasi Interpersonal dan Komunikasi Nonverbal yang baik akan memberikan pengaruh yang positif terhadap Minat Beli konsumen itu sendiri.Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Komunikasi Nonverbal, Minat Beli

Full Text:

PDF

References


Aw, Suranto. 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta. Graha Ilmu

Daryanto dan Rahardjo, M. 2016. Teori Ilmu Komunikasi. Yogyakarta : Gava Media

Harapan, E dan Ahmad, S. 2014. Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Kristiyanti, Iin. 2012. Pengaruh Komunikasi Nonverbal Terhadap Kepuasan Konsumen. Vol. Xii, No. 1, Juni 2012

Latief, Abdul. 2018. Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe. Jurnal Manajemendan Keuangan, Vol.7, No.1, Mei 2018

Mulyana, Mumuh. 2012. Pengaruh Komunikasi Terhadap Minat Beli Konsumen. Tersedia : https://www.researchgate.net/publication/325102410 Juni 2012

Mulyana, Deddy. 2015. Ilmu Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

https://tekno.kompas.com/read/2013/12/11/1734560/Axis.Diakuisis- a i.XL.Negara.

.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.