PENGARUH KETIDAKPUASAN KONSUMEN DAN VARIETY SEEKING TERHADAP BRAND SWITCHING (Suatu Studi pada Konsumen Toko Elin Kosmetik yang Berpindah dari Sariayu ke Wardah)

siska septiani, Hj. Renny Sri Purwanti, Toto Toto

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen dan Variety Seeking terhadap Brand Switching (Suatu Studi pada Konsumen Toko Elin Kosmetik yang Berpindah dari Sariayu ke Wardah). Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1). Bagaimana pengaruh ketidakpuasan konsumen terhadap brand switching (perpindahan merek) pada Konsumen di Toko Elin Kosmetik ?; 2). Bagaimana pengaruh variety seeking  terhadap brand switching (perpindahan merek)  pada Konsumen di Toko Elin Kosmetik?; 3). Bagaimana pengaruh ketidakpuasan konsumen dan variety seeking terhadap brand switching (perpindahan merek) Konsumen di Toko Elin Kosmetik ? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Analisis Koefisien Korelasi Sederhana, Analisis Regresi Linier Sederhana, Koefisien Determinasi, Analisis Koefisien Korelasi Berganda, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji t, dan Uji f. Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa ketidakpuasan konsumen berpengaruh positif terhadap brand switching dengan tingkat keeratan hubungan berada pada korelasi yang rendah; variety seeking berpengaruh positif terhadap brand switching dengan tingkat keeratan hubungan berada pada korelasi yang sedang; ketidakpuasan konsumen dan variety seeking berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand switching pada konsumen Toko Ellin Kosmetik.

Full Text:

PDF

References


Aulia Akbar. 2018. Sepak Terjang Martha Tilaar, Raksasa Kosmetik. http://lifepal.co.id/media/sepak-terjang-martha-tilaar/amp/. Diakses 4 Maret 2020.

Azizah Nur Alfi. 2019. Martina Berto (MBTO) Fokus Menekan Rugi. http://m.bisnis.com/market/read/20190715/192/1124432/martina-berto-fokus-menekan-rugi. Diakses 5 Maret 2020.

Dessy, Yunita dan Rossa, Aslamia. 2016. Pengaruh Mencari Variasi, Ketidakpuasan dan Ketidak Tersediaan Produk Terhadap Perpindahan Merek. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya. Vol.14 No.4 : Universitas Sriwijaya. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jmbs/article/view/4518. Diakses 26 November 2019

Firmansyah, M. Anang. 2018. Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta : Cetakan Pertama. Penerbit Deepublish.

Firmansyah, M. Anang. 2019. Pemasaran Produk dan Merek : Planning dan Strategy. Penerbit Qiara Media.

Hawkins, Delbert dan Mothersbaugh, David. 2016. Consumer Behavior. 13th Edition. McGraw-Hill.

Kaihatu, Thomas S. 2015. Manajemen Komplain. Yogyakarta : Edisi satu. CV. ANDI OFFSET.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Edisi Ke-13. Jilid 1. Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Edisi Ke-13. Jilid 2. Penerbit Erlangga.

Menteri Kesehatan RI. 2010. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1175/MENKES/VIII/2010 Tentang Izin Produksi Kosmetika. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2010 No. 598. Jakarta.

Mowen, Jhon C dan Minor, Michael. 2012. Perilaku Konsumen. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Mowen, Jhon C dan Minor, Michael. 2018. Perilaku Konsumen. Jilid 2. Jakarta : Erlangga.

Nuromavita, I dan Soliha, E. 2016. Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Citra Merek, dan Persepsi Harga Terhadap Perpindahan Merek Sepeda Motor Yamaha ke Honda. Proceeding Sendi_U ke 2 Universitas Stikubank. http://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/4256 diakses 30 November 2019.

Peter, J Paul dan Olson J.C. 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta : Edisi Kesembiln. Jilid 1. Salemba Empat.

Peter, J Paul dan Olson J.C. 2014. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta : Salemba Empat.

Sciffman, Leon and Kanuk Leslie Lazar. 2015. Consumer behavior. New Jersey : Pearson Prentice Hall.

Sciffman, Leon G dan Leslie L. Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Penerbit Indeks : Jakarta

Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen. Jakarta : Kencana.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Suryani, AN. 2018. Pengaruh Iklan Smartphone Terhadap Perilaku Brand Switching Konsumen Bayung Lencir Musi Banyuasin. Jurnal Manajemen Kompeten. Vol. 1 No.2, 36-48. http://jurnal.ac.id/index.php/mnjm/article/view/57/27 Diakses 30 November 2019

www.martinaberto.co.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.