PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Suatu Studi pada PT Telkom Kandatel Banjar)

Diki Diki, Nana Darna, Rony Marsiana Suhendi

Abstract


DIKI. NIM. 3402160616. “Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan (Suatu Studi pada PT Telkom Kandatel Banjar)”. Dibawah bimbingan Bapak Dr. Nana Darna, S.E., MM.  (Pembimbing I) dan Bapak H. Roni Marsiana Suhendi, S.E., MM, (Pembimbing II). Penelitian ini difokuskan pada pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan Indihome di PT. Telkom Kandatel Banjar.Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi :  1) Bagaimana pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan Indihome di PT. Telkom Kandatel Banjar ?; 2) Bagaimana pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan Indihome di PT. Telkom Kandatel Banjar ?; 3) Bagaimana pengaruh kualitas layanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan Indihome di PT. Telkom Kandatel Banjar ?Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data dilakukan melalui analisis reank spearman, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji signifikansi (Uji t).Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa : 1)  Loyalitas karyawan memberikan pengaruh terhadap kinerja karyawan  Adanya pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan PT Telkom Kandatel Cabang Banjar sebesar 49.14% sedangkan 50.86% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Korelasi dapat dikatakan signifikan apabila t hitung > t tabel hasil perhitungan di atas dengan a (0,05) untuk uji dua pihak dan dk = n-2 (98) diperoleh nilai t hitung = 9.77 Sedangkan nilai t tabel = 1.998. Berarti bahwa nilai t hitung (9.77)> t tabel (1.9998). Jadi dari hasil perhitungan ternyata terdapat pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT Telkom Kandatel Cabang Banjar. 2) Adanya pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan PT Telkom Kandatel Cabang Banjar sebesar 20.5%. Sedangkan 79.5% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Korelasi dapat dikatakan signifikan apabila t hitung > t tabel hasil perhitungan di atas dengan a (0.05) untuk uji dua pihak dan dk = n-2 (100) diperoleh nilai t hitung = 5.071. Sedangkan nilai t tabel = 1.998. Berarti bahwa nilai t hitung (5.071)> t tabel (1.998). Jadi dari hasil perhitungan ternyata terdapat pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan PT Telkom Kandatel Cabang Banjar. 3) Adanya pengaruh kualitas layanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan di PT Telkom Kandatel Cabang Banjar  sebesar 62.41%, sedangkan 37.59% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Dengan demikian bahwa Fhitung 8,419 > Ftabel 4.350, maka signifikan dengan kata lain hipotesis yang penulis ajukan yaitu “terdapat pengaruh yang positif kualitas layanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan di PT Telkom Kandatel Cabang Banjar ” terbukti karena telah teruji kebenarannya. Kata Kunci : kualitas layanan, kualitas produk dan kepuasan pelanggan

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari, 2011, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta,

Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Assauri, S. 2013. Manajemen Pemasaran; Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta : PT. Grafindo Persada.

Azwar. 2006. Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan Aplikasi Prinsip Lingkaran Pemecahan Masalah. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

B. Budiyanto, dan Agustini, T. 2015. Pengaruh Struktur Aktiva, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 4 No. 8, Agustus 2015.

Budiyanto, E., 2013. Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta : Graha Ilmu.

Griffin. Ricky W. 2009. Manajemen. Jakarta : Erlangga.

Hardiansyah, 2011 Kualitas Pelayanan Publik : Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta : Gava Media.

Hasibuan, Malayu S.P, 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

Husein Umar. 1997 Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Jogiyanto, H. M & Abdillah, W. 2009. Konsep dan Aplikasi PLS (Partial Least Square) untuk Penelitian Empiris. Badan Penerbit Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM, Yogyakarta.

Kadir, Abdul, 2003. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi

Kotler, Philip & Amstrong, Gary. 2012 Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

__________, 2009. Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, & Hamdani. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2. Salemba Empat.

__________, 2011, Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktik. Jakarta : UI Press.

__________, 2014. Manajemen Pemasaran jasa, Jakarta: Salemba Empat.

Mamik. 2010. Organisasi dan Menejemen Pelayanan Kesehatan dan Kebidanan. Jakarta : Prins Media.

Mangkunegara. A.A. Prabu, 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Mesiono, 2010. Manajemen dan Organisasi. Bandung : Citra Pustaka Media Perintis.

Muhammad. Adam, 2015. Manajemen Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta

Nursalam. 2011. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Parasuraman, A. V. 2015. Consumer Perception of Price, Quality, and Value. Journal of Marketing, 998.

__________, 2012. SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing.Vol 64

Pohan, 2007. Penilaian Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta.

Rahmayanty, Nina. 2012. Manajemen pelayanan prima. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ratminto & Winarsih. 2012. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sabarguna, B.S. 2004. Quality Assurance Pelayanan Rumah Sakit. Edisi Kedua. Yogyakarta : Konsorsium Rumah Sakit Islam Jateng-DIY.

Saladin, Djaslim dan Alma, Buchari. 2010. Manajemen Pemasaran. Bandung : CV. Linda Karya.

Saleh. A Muwafik. 2010 . Manajemen Pelayanan .Jakarta : Pustaka Pelajar

Schein, Edgar H. 2008. Organizational culture and Leadership, San Fransisco: Third Edition,Jossesy-Bass publisher.

Simamora, Henry. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pines.

Sinambela. 2011. Kinerja Pegawai Teori Pengukuran dan Implikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Solihin, Ismail. 2009. Pengantar Manajemen. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Supranto, J. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar,Cetakan keempat, Penerbit PT Rineka Cipta, Jakarta.

Sutarman. 2009. Pengantar teknologi Informasi. Jakarta : Bumi Aksara.

Swastha, Basu dan Handoko Hani. 2009. Manajemen Pemasaran-Analisis Perilaku. Konsumen. Yogyakarta : BPFE

Tata Sutabri. 2014. Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.

Terry, George R & Rue, Leslie W. Rue. 2010. Dasar-dasar Manajemen. (Terje: G.A. Ticoalu). Jakarta:Bumi Aksara.

Tjiptono, Fandy & Gregorius Chandra, 2011, Service, Quality & Satisfaction, Edisi 3, Andi: Yogyakarta.

__________, 2011. Service Quality and Satisfaction. Edisi 3. Andi Offset. Yogyakarta

__________, 2016. Service, Quality and Satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Wijana, Nyoman. 2007. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan pengaruhnya pada kinerja individual pada bank perkreditan rakyat di Kabupaten Tabanan. Jurnal. Universitas Udayana ; Bali.

Wijayanti, Irine Diana Sari. 2008. Manajemen. Yogyakarta : Mitra Cendikia

Zeithaml, V.A., M.J. Bitner, D.D. Gremler. 2013. Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm 6th ed. Mc.Graw-Hill. Boston.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.