PENGARUH PELAYANAN WEBSITE INLISLITE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Suatu Studi pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Tasikmalaya)

Ichsan Muhamad Fauzi, Yusuf Iskandar, Marlina Nur Lestari

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Pelayanan Website Inlislite Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Tasikmalaya).Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1)Bagaimana pelayanan website INLISLite dan kepuasan pelanggan pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Tasikmalaya?; 2) Bagaimana kepuasan pelanggan pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Tasikmalaya?;3)Bagaimana pengaruh pelayanan website INLISLite terhadap kepuasan pelanggan pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Tasikmalaya?;Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) Pelayanan website INLISLite pada Dinas Kerasipan dan Perpustakaan Kabupaten Tasikmlaya ;2) Kepuasan pelanggan pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Tasikmalaya;3) Pengaruh pelayanan website INLISLite terhadap kepuasan pelanggan pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Tasikmlaya;Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, deskritif, dan Verivikatif dengan Pendekatan Kuantitatif dengan teknik pengumpulan data primer. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Analisis Koefisien Korelasi Product Moment, Uji Koefisien Determinasi, Analisis Regresi Linier Sederhana, dan Uji Hipotesis menggunakan Analisis Uji Signifikansi (Uji t).Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa: 1)Pelayanan website inlislite pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Tasikmalaya sudah terkelola dengan baik. 2)Kepuasan Pelanggan pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Tasikmalaya sudah sangat baik. 3) Pelayanan website inlislite berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Tasikmalaya; dengan besarnya pengaruh (r) = 0,736 yang berarti pelayanan website inlislite mempunyai korelasi yang kuat terhadap kepuasan pelanggan, (KD) = 54,18% sedangkan sisanya 45,82%  dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci    :Pelayanan website inlislite dan kepuasan pelanggan 

Full Text:

PDF

References


AA. Anwar Prabu Mangkunegara, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung,Remaja Rosdakarya, 2013

Adya Barata, Atep,Dasar-Dasar Pelayanan Prima cet 2,Jakarta ,PT Elex Media Komputindo,2004

Agustina Shinta, Manajemen Pemasaran, Malang, Universitas Brawijaya Press,2011

Alma, Buchari,Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung,: Alfabeta,2014

Arief, Pemasaran Jasa & Kualitas Pelayanan, Bayumedia Publishing, Malang, 2007

Aristianto Hakim, Program Aplikasi inlislite Versi 3 sebagai Pilihan Sarana Otomasi Perpustakaan dan Interopebilitas Antar Perpustakaan, Indonesia: Perpustakaan Nasional RI, 2016

Atep Adya Barata, Dasar - dasar Pelayanan Prima,Jakarta, Elex Media Komputindo, 2003

Buku Panduan Inlislite Perpustakaan Nasional RI Cet. 1, Jakarta, Perpustakaan Nasional RI, 2013

Djaslim, Saladin,Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian. Edisi Ketiga,Bandung, CV. Linda Karya, 2012

Fandy Tjiptono dan Anastasia Diana,Total Quality Management, Yogyakarta: Andi Offset, 2003

Handoko. T.H.,Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia Edisi ke2, Yogyakarta, BPFE, 2003

Hardiansyah,Kualitas Pelayanan Publik, Yogyakarta, Gava Media,2011

Hasibuan, Malayu S.P.,Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi,Jakarta, Penerbit PT Bumi Aksara, 2016

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor KEP/25/M.PAN/2/2004, tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat.

Kotler, K.,Manajemen Pemasaran 1.Edisi ketiga belas, Jakarta, Erlangga, 2009

Kotler, P dan Armstrong,Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid II, Jakarta: Erlangga, 2007

Kotler, Philip,Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2,Jakarta, Indeks, 2008

Kotler dan Keller, Manajemen Pemasaran Edisi 12, Jakarta, Erlangga, 2012

Lasa HS,Kamus Kepustakawanan Indonesia,Yogyakarta, Pustaka Book Publisher, 2009

Lupiyoadi, Rambat,Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktek. Edisi Pertama,Jakarta, Salemba Empat,2011

Martoatmojo Karmidi,Pelayanan Bahan Pustaka, Jakarta,Universitas Terbuka, 1998

Mesiono, Manajemen dan Organisasi, Bandung, Citapustaka Media Perintis, 2010

Mulyani AN.,Administrasi Perpustakaan Sekolah, Yogyakarta, Yayasan Pendidikan Kartika Wilis, 1983

Nasution, M. N.,Manajemen Jasa Terpadu, Bogor, Ghalia Indonesia, 2004

Philip Kotler, Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, Jakarta,PT Prenhallindo, 2002

R.Terry, George, Prinsip- Prinsip Manajemen,Jakarta, Bumi Aksara, 2006

Ratminto dan Atik Septi Winarsih,Manajemen Pelayanan,Yogyakarta, Pustaka Pelajar,2010

Rusina Sjahrial-Pamuntjak,Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan. Jakarta: Djambatan, 2000

Silalahi, Ulber,Asas-Asas Manajemen, Bandung, Refika Aditama, 2011

Soeatminah, Perpustakaan, Kepustakawanan dan Pustakawan,Yogyakarta : Kanisius, 1992

Sugiyono,Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung, CV. Alfabeta, 2017

Sukarna,Dasar-Dasar Manajemen,Bandung, CV. Mandar Maju,2011

Sunyoto, Suyanto,Analisis regresi untuk uji hipotesis, Yogyakarta, Caps, 2011

Sutardji dan Maulidyah, S.,Analisis beberapa faktor yang berpengaruh pada kepuasan pengguna perpustakaan, Studi kasus di perpustakaan balai penelitian tanaman kacang-kacangan dan umbiumbian, 2006

Suwanto,& Juni Priansa Donni, Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Organisasi Publik dan Bisnis, Bandung, Alfabeta,2011

Thoha, Miftah,Perilaku Organisasi Konsep Dasar dam Aplikasinya,Depok, PT. Rajagrafindo Persada, 2012

Tjiptono,Manajemen Pemasaran dan Analisa Perilaku Konsumen, Yogyakarta, BPFE, 2011

Tjiptono, Fandy, Yanto Chandra, dan Anastasia Diana,Marketing Scale, Edisi Satu, Yogyakarta, Andi, 2004

Wahyu Supriyanto, Teknologi Informasi Perpustakaan, Yogyakarta, Kanisius, 2008


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.