OPTIMALISASI STRATEGI SEGMENTING, TARGETING DAN POSITIONING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN

Lutfy Moch Yusuf, Erry Sunarya, Acep Samsudin

Abstract


Penyusunan segmenting, targeting, positioning yang tepat tentu saja akan memudahkan perusahaan dalam menyusun program kegiatan pemasaran guna meningkatkan volume penjualan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis optimalisasi strategi segmenting, targeting dan positioning dalam meningkatkan penjualan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif dan asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh atau sering disebut juga sensus, yakni yang akan dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan, yaitu 37 karyawan PT. Jaya Bakti Raharja Cabang Sukabumi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda, termasuk uji koefisien determinasi, koefisien kolerasi berganda, uji secara parsial (uji T), dan  uji secara simultan (uji F). Hasil penelitian, menggunakan uji koefisien determinasi dilihat dari nilai (Adjusted R2 ) sebesar 0,575 hal ini diartikan bahwa pengaruh segmenting, targeting, positioning terhadap volume penjualan sebesar 57,5%, sisanya 42,5% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Dari hasil uji secara simultan (uji F) menunjukan bahwa segmenting, targeting, positioning berpengaruh terhadap volume penjualan.

Full Text:

PDF

References


Catur, R. E., & Suratno, I. B. (2001). Pemasaran Barang dan Jasa. Kanisius.

Fitri, Abubakar, H., & Saleh, H. (2017). Analisis segmentasi, targeting, positioning (stp) terhadap peningkatan volume penjualan pada rumah griya mulya asri di kota makassar. Riset Edisi XVI, 3(004), 1–12.

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital. In Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digi. https://doi.org/10.1515/9783110258394.189

Tjiptono, F., & Tjiptono, F. (2012). Service management: mewujudkan layanan prima / Fandy Tjiptono. ,Service Management: Mewujudkan Layanan Prima / Fandy Tjiptono. https://doi.org/10.1519/JPT.0b013e31826e7d33


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.