OPTIMALISASI STRATEGI SEGMENTING, TARGETING DAN POSITIONING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN
Lutfy Moch Yusuf, Erry Sunarya, Acep Samsudin
Abstract
Penyusunan segmenting, targeting, positioning yang tepat tentu saja akan memudahkan perusahaan dalam menyusun program kegiatan pemasaran guna meningkatkan volume penjualan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis optimalisasi strategi segmenting, targeting dan positioning dalam meningkatkan penjualan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif dan asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh atau sering disebut juga sensus, yakni yang akan dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan, yaitu 37 karyawan PT. Jaya Bakti Raharja Cabang Sukabumi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda, termasuk uji koefisien determinasi, koefisien kolerasi berganda, uji secara parsial (uji T), dan uji secara simultan (uji F). Hasil penelitian, menggunakan uji koefisien determinasi dilihat dari nilai (Adjusted R2 ) sebesar 0,575 hal ini diartikan bahwa pengaruh segmenting, targeting, positioning terhadap volume penjualan sebesar 57,5%, sisanya 42,5% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Dari hasil uji secara simultan (uji F) menunjukan bahwa segmenting, targeting, positioning berpengaruh terhadap volume penjualan.
References
Catur, R. E., & Suratno, I. B. (2001). Pemasaran Barang dan Jasa. Kanisius.
Fitri, Abubakar, H., & Saleh, H. (2017). Analisis segmentasi, targeting, positioning (stp) terhadap peningkatan volume penjualan pada rumah griya mulya asri di kota makassar. Riset Edisi XVI, 3(004), 1–12.
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital. In Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digi. https://doi.org/10.1515/9783110258394.189
Tjiptono, F., & Tjiptono, F. (2012). Service management: mewujudkan layanan prima / Fandy Tjiptono. ,Service Management: Mewujudkan Layanan Prima / Fandy Tjiptono. https://doi.org/10.1519/JPT.0b013e31826e7d33
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal Correspondence AddressProgram Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis
Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat
Email : feunigalmanajemen@gmail.com
Contact Person : +6281394946789
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.