PENGARUH BRAND PLACEMENT TERHADAP BRAND IMAGE (Suatu Studi pada Konsumen Alfamart Baregbeg Wilayah Ciamis)

Ihsan Nursyamsi, Sukomo Sukomo, Iyus Yustini

Abstract


Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah : 1.)Bagaimana Brand Placement Pada Alfamart Cabang Baregbeg Ciamis? 2)Bagaimana Brand Image Pada Alfamart Cabang Baregbeg Ciamis?3)Seberapa besar Pengaruh Brand Placement Terhadap Brand Image Alfamart Cabang Baregbeg Ciamis?Adapun tujuannya : 1)Brand Placement Pada Alfamart Cabang Baregbeg Ciamis.2)Brand Image  Pada Alfamart Cabang Baregbeg Ciamis.3)Besarnya Pengaruh Brand Placement Terhadap Brand Image Alfamart Cabang Baregbeg Ciamis. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1)Brand Placement Pada Alfamart Cabang Baregbeg Ciamis.2)Brand Image  Pada Alfamart Cabang Baregbeg Ciamis.3)Besarnya Pengaruh Brand Placement Terhadap Brand Image Alfamart Cabang Baregbeg Ciamis Analisa dilakukan dengan menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan jenis penelitiannya adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan penggunakaan analisis data yang digunakan adalah analisisi koefisien korelasi rank spearmen, koefisien determinasi, dan uji t, Regresi Linier sederhana  dan uji F.Adapun Hasil yang di dapat yaitu: (1) Brand Placement pada PT Sumber Alfaria Trijaya Baregbeg sangat baik. Dilihat dari jumlah skor terdapat indikator tertinggi yaitu visual Dimention, artinya pemasaran yang dilakukan oleh PT Sumber Alfaria Trijaya Baregbeg bersifat interaktif dengan konsumen sehingga perusahaan mampu menciptakan brand placmenet yang sangat baik. (2) Brand Image  pada PT Sumber Alfaria Trijaya Baregbeg sangat baik. Dilihat dari jumlah skor terdapat indikator tertinggi yaitu manfaat, artinya manfaat yang di rasakan konsumen dari produk PT Sumber Alfaria Trijaya Bargebeg di nilai mudah mampu memuaskan konsumennya dan  merasa tertarik untuk berbelanja di PT Sumber Alfaria Trijaya Bargebeg. (3) Brand Placement berpengaruh postitif  dan signifikan terhadap Brand Image  pada PT Sumber Alfaria Trijaya Bargebeg, dengan besarnya pengaruh sebesar 99,00%, ini berarti jika Brand Placement meningkat maka Brand Image juga meningkat pada PT Sumber Alfaria Trijaya Baregbeg.

References


Aditya Muhamaad Rabbani . 2007. Faktor yang Mempengaruhi Sikap Audience terhadap Product/ Brand Placement dalam Acara TV (Studi kasus Indonesian Idol 2007 & Mamamia Show 2007). Jurnal

Alma, Buchory., dan Saladin, Djaslim. 2010. Manajemen Pemasaran : Ringkasan Praktis, Teori, Aplikasi Dan Tanya Jawab. Bandung : CV. Linda Karya.

___________. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.

Ali, Hasan . 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta. CAPS. (Center For Academic Publishing Service). Al-Rasyid

Ali hasan.2008. Marketing cetakan pertama. Media Yogyakarta

Amin., Widjaja, T. 2008. Audit Manajemen. Jakarta : Rineka Cipta.

Cresswell, John, W. 2010. Research Design Pendekatan Kualitatif Kuantitatif. Yogyakarta

Eddy Soeryanto. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Elex Media Computindo

Fandy Tjiptono.2012. Pemasaran Jasa prinsip Penerapan dan penelitian. Yogyakarta

Hartimbul Ginting, Nembah F. 2011. Manajemen Pemasaran. Bandung: CV. Yrama Widya

Kevin Lane Keller.2013.Marketing manajmen. Edisi 15. Pearson Education

Handoko, T. Hani. 2009. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

___________. 2012. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif,dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelaja

Kevin Lane Keller.(2016). Marketing Management. 15th. Edition New Jersey

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 1996. Principles of Marketing—sevent edition. New Jersey : Prentice-Hall.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2008 Principles of Marketing—sevent edition .: Prentice-Hall.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2009 Principles of Marketing—sevent edition New Jersey : Prentice-Hall.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2012 Principles of Marketing—sevent edition 3. New Jersey : Prentice-Hall.

___________. 2000. Marketing Management. London : Prentice-Hall.

___________. 2002. Manajemen Pemasaran Di Indonesia :Analisis,Perencanaan, Implementasi Dan Pengendalian. Salemba Empat : Jakarta.

__________. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran—Jilid Pertama. Jakarta : Prenhalindo.

Kumalawati, Jessica W., dan Rumambi, Leonid Julivan. (2012). Analisa Sikap. Audience Terhadap Product/Brand Placement Apple Pada Film “Mission

Magdalena. 2014. Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Perilaku Moral Keagamaan Mahasiswa. Program Pascasarjana Starata Tiga (S3) IAIN SU Medan.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2013. Manajemen pemasaran Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Roksadaya.

Manullang. 2012. Dasar-Dasar Manajemen. Gadjah Mada University Press.Yogyakarta.

Maerasoh .2007. Pengaruh Brand Familiarity, Star Linking/Endorser, Program Involvement terhadap Sikap atas product Placement (Studi kasus Product Placement Yamaha dalam Acara Bukan Empat Mata). Universitas UIN Jakarta

Marisatul, Kiptiyah. 2015. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Sumber Daya Manusia.Vol 7 .

Maskun, Sumitro dan Surjadi. 1993, Pembangunan Masyarakat Desa, MediaWidya Mandala, Yogyakarta.

Pasolong, Harbani. (2011). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Poerwopoespito, FX. Oerip dan Tatag Utomo.(2000). Mengatasi Krisis Manusia di Perusahaan. Jakarta: Grasindo.

Rangkuti.2004. Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan atau Konsumen. Jakarta: Rineka Cipta .

Rivai, Veithzal dan Deddy Mulyadi. 2012. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi Edisi Ketiga. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.

Sedarmayanti, 2010, Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja, cetakan kedua, penerbit: Mandar Maju. Bandung.

Siagian, Sondang. 2007. Fungsi-fungsi manajerial edisi revisi. Jakarta. Bumi Aksara.

__________. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : BumiAksara.

Sinamo, Jansen. Delapan Etos KerjaProfesional. (Jakarta: Institut Mahardika, 2011).

Shimp. 2014. Periklanan promosi (aspek tambahan komunikasi pemasaran). Jakarta

Solihin. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono. 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R&D, Bandung : Alfabeta.

Supranto. 2006. Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan atau Konsumen. Jakarta: Rineka Cipta .

S.P,Hasibuan, Malayu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Shimp 2014. Pengukuran Brand Image produk. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi. Offset, Yogyakarta

Terry, George R. dalam Afifudin. 2013. Dasar-dasar Manajemen, (Terje: G.A Ticoalu), CV. Alfabeta,Bandung.

Veithzal, Rivai. 2005. Manajemen pemasaran . Jakarta : Raja Grafindo Persada.

__________. Rivai, 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan.PT.Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Zeithaml, V.A., M.J. Bitner, D.D. Gremler. 2013. Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm 6 th


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.