PENGARUH PENGAWASAN PIMPINAN DAN DISIPLIN TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI PADA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH KABUPATEN CIAMIS

Fauzi Nur Ramdani, Nana Darna, Roni Marsiana Suhendi

Abstract


Penelitian ini berfokus pada pengaruh pengawasan pimpinan dan disiplin terhadap peningkatan kinerja pegawai pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Ciamis. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana pengaruh pengawasan pimpinan terhadap peningkatan kinerja pegawai pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Ciamis?, 2. Bagaimana pengaruh disiplin terhadap peningkatan kinerja pegawai pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Ciamis, dan 3. Bagaimana pengaruh pengawasan pimpinan dan disiplin terhadap peningkatan kinerja pegawai pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Ciamis?. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasinya yaitu seluruh pegawai pada BPKD Kabupaten Ciamis yang berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berjumlah 106 orang. Dengan teknik sampling sensus maka sampel berjumlah 106 orang. Teknis analisis data yang digunakan yaitu: regresi linier, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Pimpinan pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah telah melaksanakan pengawasan dengan baik. Pengawasan pimpinan mempunyai pengaruh terhadap peningkatan kinerja pegawai pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Ciamis, dengan tingkat hubungan yang sangat kuat dan mempunyai arah hubungan yang positif, 2. Pegawai pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah memiliki tingkat kedisiplinan yang tinggi. Disiplin mempunyai pengaruh terhadap peningkatan kinerja pegawai pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Ciamis, dengan tingkat hubungan yang kuat dan mempunyai arah hubungan yang positif, dan 3. Pegawai pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah memiliki tingkat kinerja yang tinggi. Pengawasan pimpinan dan disiplin mempunyai pengaruh terhadap peningkatan kinerja pegawai pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Ciamis, dengan tingkat hubungan yang sangat kuat dan mempunyai arah hubungan yang positif.

Full Text:

PDF

References


Fathoni, Abdurrahmat. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Rineka Cipta.

Handoko, T. Hani. 2014. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE

Hasibuan, Malayu S.P. 2012. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Manullang. 2012. Dasar-dasar Manajemen bagi Pimpinan Perusahaan. Jakarta: Gajah Mada Press.

Marwansyah. 2012. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mathis, Robert L dan Jhon H. Jackson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Buku 1. Alih Bahasa: Jimmy Sadeli dan Bayu Prawira Hie. Jakarta: Salemba Empat.

Sedarmayanti. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia: Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sutrisno, Edy. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Pranada Media Group.

Zuriah, Nurul. 2011. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.