PENGARUH WORD OF MOUTH DAN PRODUCT QUALITY TERHADAP BRAND TRUST (Studi pada Konsumen SPBU Pertamina 34.46123 Kawalu Tasikmalaya)

Mochammad Fajar Fadhilla, Elin Herlina, Iwan Setiawan

Abstract


Mochammad Fajar Fadhilla, NIM. 3402160301. “Pengaruh Word of Mouth dan Quality Product Terhadap Brand Trust (Studi pada Konsumen SPBU Pertamina 34.46123 Kawalu Tasikmalaya)”. Dibawah bimbingan Ibu Elin Herlina, S.Pd, M.M. (Pembimbing I) dan Bapak H. Iwan Setiawan, S.E., M.M (Pembimbing II). Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Word of Mouth dan Quality Product Terhadap Brand Trust (Studi pada Konsumen SPBU Pertamina 34.46123 Kawalu Tasikmalaya).Permasalahan yang dihadapi pada penelitian ini meliputi: 1). Bagaimana pengaruh word of mouth terhadap brand trust pada SPBU Pertamina 34.46123 Kawalu Tasikmalaya? ; 2). Bagaimana pengaruh quality product terhadap brand trust pada SPBU Pertamina 34.46123 Kawalu Tasikmalaya? ; 3). Bagaimana pengaruh word of mouth dan quality product terhadap brand trust pada SPBU Pertamina 34.46123 Kawalu Tasikmalaya? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). Pengaruh word of mouth terhadap brand trust pada SPBU Pertamina 34.46123 Kawalu Tasikmalaya; 2). Pengaruh quality product terhadap brand trust pada SPBU Pertamina 34.46123 Kawalu Tasikmalaya; 3). Pengaruh word of mouth dan quality product terhadap brand trust pada SPBU Pertamina 34.46123 Kawalu Tasikmalaya.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Analisis Koefisien Korelasi Sederhana, Analisis Koefisien Korelasi Berganda, Analisis Regresi Linear Berganda, Analisis Koefisien Determinasi, dan Uji Hipotesis menggunakan Uji Signifikansi (Uji t dan Uji F).Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa word of mouth dan quality product berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand trust pada SPBU Pertamina 34.46123 Kawalu Tasikmalaya dengan besarnya pengaruh 37,58% dan sisanya 62,42% dipengaruhi faktor lain.Diharapkan SPBU Pertamina 34.46123 Kawalu Tasikmalaya mempertahankan dan memperhatikan word of mouth dan quality product sehingga akan meningkatkan brand trust.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Agung, Tri. 2020. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepercayaan Merek dan Implikasinya terhadap Loyalitas Merek. Tidak tersedia.

Balqis, Farrah. 2017. Pengaruh Brand Image dan Word of Mouth Terhadap Brand Trust Nasabah Produk Tabungan Bank BRI Syariah Jakarta. Skripsi pada Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Tidak tersedia.

Buchory, Achmad Herry dan Saladin Djaslim. 2010. Manajemen Pemasaran:Edisi Pertama. Bandung: Linda Karya.

Febrianti, Novita dan Widiartanto. 2018. Pengaruh Word of Mouth, Brand Image dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Mio (Studi pada Konsumen yang Membeli Yamaha Mio di PT. Yamaha Mataram Sakti Cabang Purworejo). Diakses 18 Maret 2020. Tersedia: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/19962

Haekal, Azwar dan Widjajanta, Bambang. 2016. Pengaruh Kepercayaan dan Persepsi Resiko Terhadap Minat Membeli Secara Online pada Pengunjung Websire Classifieds di Indonesia. Diakses 18 Maret 2020. Tersedia: https://www.neliti.com/id/publications/244223/pengaruh-kepercayaan-dan-persepsi-risiko-terhadap-minat-membeli-secara-online-pa

Ryanti, Rissa. 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Tingkat Harga terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha (Studi pada Konsumen PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis). Skripsi pada Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen Universitas Galuh Ciamis. Tidak tersedia.

Sernovitz, Andy. 2012.Word of Mouth Marketing: How Smart Companies get People Talking. New York: Kaplan Inc.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&d. Bandung: Alfabeta.

_______. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumardy. 2011. The Power of Word of Mouth Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Terry, George. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Jakara: Penerbit Kencana


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.