PENGARUH SWITCHING BARRIER TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus Pada Konsumen Duta Cling Ciamis)
fandu wirachmana, Sukomo Sukomo, Iyus Yustini
Abstract
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Switching Barrier Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Konsumen Duta Cling Ciamis).Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1) Bagaimana Switching Barrier di Duta Cling Ciamis?; 2) Bagaimana Tingkat Loyalitas Pelanggan di Duta Cling Ciamis?; 3) Seberapa besar Pengaruh Switching Barrier terhadap Loyalitas Pelanggan pada Konsumen Duta Cling Ciamis?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Switching Barrier di Duta Cling Ciamis; 2) Tingkat Loyalitas Pelanggan di Duta Cling Ciamis; 3) Besarnya Pengaruh Switching Barrier terhadap Loyalitas Pelanggan pada Konsumen Duta Cling Ciamis.Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survey dengan teknik pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisi data yang diperoleh menggunakan Analisis Koefisien Korelasi Rank Spearman, Analisis Koefisien Determinasi, Uji t, Analisis Regresi Linier Sederhana, dan Uji f.Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa 1) Switching barrier pada Duta Cling Ciamis termasuk dalam kategori Sangat Kuat. Namun demikian masih terdapat skor rendah pada indikator switching barrier yaitu Psikologis, 2) Loyalitas pelanggan pada Duta Cling Ciamis termasuk kedalam kategori Kuat, meskipun masih terdapat skor rendah pada indikator loyalitas pelanggan yaitu pembelian antar lini produk atau jasa, 3) Switching barrier berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Duta Cling Ciamis, dengan besarnya pengaruh sebesar 44,89 %.
References
Chen, S. Yenny dan Japarianto, Edwin. 2014. Pengaruh Kepuasan, Hambatan Berpindah dan Penyediaan Fasilitas Terhadap Loyalitas Konsumen di Hotel Novetol Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran. Vol. 2
Harriyuti, Ratih. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung : Alfabeta.
Juliani, Febi Arlinda. 2015. Pengaruh Switching Barrier Terhadao Loyalitas Pelanggan di Camelia Salon Hair and Make Up. Jurnal Ekonologi. Vol. 2. No.1
Lestari, Dwi dan Suhaji. 2012. Pengaruh Kepuasan Pelanggan dan Switching Barrier terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Kartu Prabayar Mentari di wilayah Semarang Selatan. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Manggala. Vol 14. No. 2
Lupiyoadi, Rambat dan A, Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasaa : Edisi 2. Jakarta : Salemba Empat
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Penerbit Alfabeta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal Correspondence AddressProgram Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis
Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat
Email : feunigalmanajemen@gmail.com
Contact Person : +6281394946789
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.