PENGARUH PERSONAL DIRECT SELLING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN Studi pada Stokist NASA G.375 Salem

Durotul Faridah, Nana Darna, Moch Aziz Basari

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum optimalnya penjualan pada Stokist NASA G.375 Salem dapat dilihat dari laporan penjualan pada tiga bulan terakhir yang belum setabil. Hal tersebut diakibatkan oleh belum optimalnya penaruh personal direct selling terhadap keputusan Pembelian.            Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana personal direct selling di Stokist NASA G.375 Salem?; 2) Bagaimana Keputusan pembelian yang terjadi di  Stokist NASA G.375 Salem?; 3) Bagaimana Pengaruh Personal Direct Selling Terhadap Keputusan Pembelian Stokist NASA G.375 Salem?.  Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yanki metode penelitian kuatitatif. Jumlah populasi yang akan dijadikan objek penelitiannadalah konsumen yaitu sebanyak 234 orang, ukuran sampel yang dipilih adalah sebanyak 61 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket.            Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu kesimpulan sebagai berikut: 1) Personal direct selling merupakan salah satu dari bauran pemasaran, Personal direct selling adalah penggunaan saluran-saluran langsung konsumen secra tatap  muka untuk menjangkau dan menyerahkan barang dan jasa kepada pelanggan tanpa menggunakan perantara pemasaran. Personal direct selling pada Stokis NASA G.375 Salem termasuk pada kategori baik, hal tersebut terbukti dari hasil tanggapan responden mengenai variabel personal direct selling dengan indikator yang digunakan yaitu mencari calon pelanggan, pendekatan, presentasi dan demostrasi, mengatasi keberatan, penutpan, tindak lanjut dan pemeliharaan. 2) Keputusan pembelian produk di Stokist NASA G.375 Salem masuk dalam kategori baik. Hal ini terbukti dari hasil tanggapan responden mengenai variabel keputusan pembelian dengan indikator yang digunakan yaitu pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, eptusan pembelian, perilaku paska pembelian. 3) Terdapat pengaruh yang positif antara personal direct sellling dengan keputusan pembelian dengan uji signifikansi thitung > ttabel artinya hipotesis dapat diterima dan teruji kebenarannya.  

Full Text:

PDF

References


Bates Gale, et. al. 2010. Direct Selling Power Expert advice to accelerate your business, San Francisco, California. PowerDynamics Publishing

Irma, Desy., Lubis, Dewi., dan Hidayat, Rahmat. 2017. Pengaruh Citra Merk terhadap Keputusan Pembalian. Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma.

Darmawati, Dwita dkk 2017. Analisi Pengaruh Kebudayaan, Sosial, Kepribadian dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian. Fakultas Ekonomi UNSOED.

Irham, Farhmi. 2013. Manajemen Strategis. Bandung. TP.ALFABETA.

Malayu, PS, Hasibuan. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kotler, Philip dan Armstrong, Garry. 2013. Prinsip-prinsip pemasaran. edisi ke 12 Terjemah.Jakarta. Penerbit Erlangga.

Kotler, philip dan Kevin, Lane, Keller. 2012. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 jilid 1 dan 2. Terjemahan.Jakarta.Penerbit Erlangga.

Farese, Schneider. Lois., et. al. 2016.Marketing Essentials, New York. Mc Graw Hill.

Adilah, Muthia dkk, 2016. Pengaruh Direct Selling terhadap Loyalitas Member Tuperware. Fakultas Bisnis.

Rifuddin, Rifani, Rani., Kadir, Rahman, Abdul., Kadir, Nuraeni, 2019. Pengaruh Personal Selling dan Direct Marketing Terhadap Keptusan Pembelian Polis Asuransi. Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin.

Schiffman, Leon dan Kanuk, Lazar Leslie. 2008. Perilaku Konsumen.dialih bahasakan oleh Zoelkifli Kasip. Jakarta. Indeks.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Sumarwan Ujang, 2003. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapan Dalam Pemasaran. Jakarta. Penerbit Ghalia Indonesia.

Susanto Dwiarko, 2015. Sejarah MLM dan Jenis-jenis Direct Selling Lain.Tersedia: https://www.kompasiana.com/dwiarko/54ff4d78a33311804c50fbb9/sejarah-mlm-dan-jenis-jenis-direct-selling-lain#

Taufikurokhman dan Satispi Evi, 2018. Teori dan perkembangan Manajemen Pelayanan Publik. Ciputat. UMJ Press.

Tifany Yulianti Radjapati, Willem J.F.A Tumbunan dan Djurwati Soepeno, 2018. Pengaruh Periklanan, Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulaangi Manado.

Widyastuti Sri, 2017. Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta. FEB-UP Press.

Wijaya Candra dan Rifa’I Muhammad. 2016. Dasar-dasar Manajemen. Medan . Perdana Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.