PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP RETURN ON ASSET (Suatu Studi pada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Periode Tahun 2013-2019)

Cesare Maulana Riza, Nana Darna, Wiwin Setianingsih

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh laba bersih PT. Telkom Indonesia Tbk selama periode tahun 2013-2019 secara keseluruhan cenderung mengalami peningkatan yang diikuti oleh terus meningkatnya total aktiva perusahaan. Namun demikian meskipun laba perusahaan terus mengalami peningkatan, akan tetapi total aktiva perusahaan juga mengalami peningkatan sehingga dengan demikian maka akan dapat mempengaruhi tingkat return on asset perusahaan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penerapan corporate social responsibility (CSR) pada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk?; 2) Bagaimana return on asset pada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk?; 3) Bagaimana pengaruh corporate social responsibility (CSR) terhadap return on asset  pada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian asosiatif dengan bentuk hubungan kausal. Sumber data dalam penelitian ini yaitu laporan keuangan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dan data-data diambil dari (Galery Investasi) Fakultas Ekonomi Universitas Galuh.  Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: 1) Corporate Social Responsibility pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk selama periode tahun 2013-2019 telah cukup baik karena terdapat banyak program perusahaan terhadap lingkungan yang sudah terealisasi sehingga hal ini akan mempengaruhi persepsi masyarakat termasuk pihak yang berkepentingan terhadap kinerja perusahaan; 2) Return on asset pada PT. Telekomunikasi Indonesia  Tbk selama periode  2013-2019 memiliki tingkat ROA yang sangat baik. Artinya kinerja keuangan yang dihitung dengan return on asset (ROA) PT. Telekomunikasi Indonesia  Tbk sudah sangat baik sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Surat Edaran Bank Indonesia Nomor: 6/23/DPNP   tahun  2004; 3) Corporate social responsibility berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap return on asset  pada PT. Telekomunikasi Indonesia  Tbk. Artinya tinggi rendahnya corporate social responsibility tidak mempengaruhi return on asset perusahaan.

Full Text:

PDF

References


Alwi, Syafarudin. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Bastian, Indra. 2013. Sistem Akuntansi Sektor Publik. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Fahmi, Irham. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Ke-2. Bandung: Alfabeta.

Hanafi, Mamduh dan Halim, Abdul. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Edisi. Ketiga. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Penerbit UPP Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen. YKPN.

Jogiyanto, HM. 2012. Analisis & Desain Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Kusuma, Destia. 2013. Analisis Pengaruh Corporate Social Responbility terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan dengan Manajemen Laba sebagai Variabel Pemoderasi. Universitas Diponegoro.

Mardikanto, Totok. 2014. CSR (Corporate Social Responsibility) (Tanggungjawab Sosial Korporasi). Bandung: Alfabeta.

Munawir, S. 2012. Analisis Informasi Keuangan, Yogyakarta: Liberty.

Rimba. 2012. Corporate Social Responsibility. Solo: Era Intermedia.

Riyanto, Bambang. 2013. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Edisi 4. Yogyakarta: BPFE.

Sartono, Agus. 2012. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi, Edisi Empat,. BPFE: Yogyakarta.

Agnes Sawir. 2012. Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan. Perusahaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wijayanti, Irine Diana Sari. 2008. Manajemen. Editor: Ari Setiawan.Yogyakarta: Mitra Cendikia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.