ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN LAYANAN PURNA JUAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HP IPHONE

Digas Dwinta Putra, Andri Nurtantiono

Abstract


Kualitas Produk, Harga dan Layanan Purna Jual adaIah beberapa faktor yang mempengaruhi pelanggan daIam memutuskan untuk membeli suatu produk. Iphone adalah produk smartphone yang termasuk kelas mewah banyak orang yang ingin memilikinya. Tujuan saya sebagai penulis di penelitian ini adalah mampu menganalisis pengaruh dari kuaIitas produk, harga dan layanan purna jual terhadap keputusan pembelian HP Iphone. Kriteria yang saya pilih dalam penelitian ini adalah pengguna HP Iphone. Sampel yang saya ambil 111 responden dengan menggunakan teknik sampling yaitu nonprobability atau purposive sampling. Pada penelitian ini saya menggunakan analisis data berbentuk analisis regresi linear berganda dan beberapa uji analisis lainnya. Dan hasil dari peneIitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk, harga berpengaruh secara positif dan secara signifikan terhadap keputusan pembelian HP Iphone, sedangkan layanan purna jual tidak berpengaruh secara positif dan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian HP IPhone. Perusahaan Apple harus memfokuskan dalam kualitas, harga dan layanan purna jual guna untuk mempengaruhi pelanggan dalam memutuskan pembelian HP Iphone. Kata kunci: Kualitas Produk, Harga, Layanan Purna Jual dan Keputusan Pembelian 

Full Text:

PDF

References


Afriza, E. F. (2019). “Analisis Kualitas Produk dan Layanan Purnajual Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Honda All New Vario 125 Melalui Citra Merek Sebagai Mediator”. Mbia, 18(1), 37–48. 0

Amilia, S., & Nst, M. O. A. (2017). JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN, VOL.6, NO.1, MEI 2017 ISSN 2252-844X “Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa”. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 6(1), 660– 669.

Auliannisa Gifani, & Syahputra. (2017). “Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo Pada Mahasiswa Universitas Telkom”. Bisnis Dan Iptek, 10(2), 81–94.

Dewi Zulaiah, “Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Layanan Internet Indosat Ooredo” (Studi Kasus Mahasiswa IAIN Purwokerto Tahun Akademik 2018/2019). Skripsi thesis, IAIN.

Giovani Erlitna, H. Soesanto, “Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Positive Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna Iphone Dioktevered)” Diponegoro Jurnal Manajemen, voI.7,tidak,hlm.495-509,Juni 2018.

Prabowo, Indra (2016) “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Word Of Mounth Terhadap Minat Beli (Studi pada Mahasiswa FakuItas Ekonomi UNY pengguna iPhone)”. S1 thesis, FakuItas Ekonomi.

Sayid Fikri, “Analisis Citra Merek Dan Layanan Purna Jual Sebagai Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Produk Vivo Smartphone DaIam Perpekstif Ekonomi Islam (Studi Pada VIVO Smartphone Bandar Lampung)”,Skripsi : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung 1439H/2018M.

Rahmi Meutia, “Pengaruh Brand Extension, Kualitas Produk dan Layanan Purna Jual terhadap Keputusan Pembelian Asus Smartphone di Kota Kuala Simpang” Jurnal Manajemen dan Keuangan, VoI.6, No.1, Mei 2017.

Ratnaningrum, Hesti (2016) “Pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Pembelian Bahan Bakar Minyak Jenis Pertalite di Kota Yogyakarta”. Skripsi, Universitas Sanata Dharma.

Riyono, Gigih Erlik Budiharja, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua Di Kota Pati” Jurnal STIE Semarang, Vol 8, No 2, Edisi Juni 2016 (ISSN : 2252-826).

Sri Wahyuni, “Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas Produk, Citra Merek Dan Dukungan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Skuter Matik Merek Honda Di Kota Semarang” Politeknik Negeri Semarang , VoI 13, No 2 (2013).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.