Analisis SWOT untuk strategi pengembangan UKM di wisata kuliner kota Tasikmalaya (studi pada mambo kuliner nite)

Fuad Adi Saputra, Aini Kusniawati, Mukhtar Abdul Kader

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Analisis SWOT untuk strategi pengembangan UKM di wisata kuliner kota Tasikmalaya (suatu studi pada mambo kulier nite).Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1) Bagaimana faktor-faktor internal dalam analisis SWOT pada UKM? 2) Bagaimana faktor-faktor eksternal dalam analisis SWOT pada UKM? 3) Bagimana analisis SWOT sebagai dasar pengembangan UKM di wisata kuliner kota Tasikmalaya? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1) Untuk mengetahui faktor-faktor internal dalam analisis SWOT pada UKM. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor eksternal dalam analisis SWOT pada UKM. 3) Untuk mengetahui analisis SWOT sebagai dasar pengembangan UKM di wisata kuliner kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa analisis SWOT adalah strategi yang dibuat sesuai dengan jalannya organisasi/perusahaan dengan seluruh kekuatan internal untuk memanfaatkan peluang sebesar besarnya. Karena strategi pengembangan UKM di wisata kuliner mambo kuliner nite kota tasikmalaya memiliki kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Selalu berupaya untuk mengatasi dan meminimalkan kelemahan dan ancaman dengan kekuatan dan peluang yang dimiliki, Adapun kesimpulan dari faktor eksternal dalam analisis SWOT yang dilakukan UKM di wisata kuliner mambo kuliner nite kota Tasikmalaya merupakan alat untuk menciptakan dan mengembangkan keunggulan dalam bersaing. adapun strategi pengembangan UKM di wisata kuliner mambo kuliner nite kota tasikmalaya yaitu dengan cara, Memberikan pelatihan bagi pelaku usaha yang memiliki nilai sumber daya manusia yang kurang memadai agar bisa memberikan sumbangsih yang lebih baik, melakukan promosi agar memperkuat jaringan penjualan dan Strategi pengembangan yang tepat diterapkan pada mambo kuliner nite untuk saat ini adalah menerapkan strategi SO (strength opportunities). Strategi SO (strength dan opportunities) ini dilakukan untu memanfaatkan kekuatan organisasi/perusahaan guna menangkap peluang yang dimiliki perusahaan. Mengguanakan media promosi yang tepat sasaran yaitu media promosi dengan media sosial karena dengan media sosial sangat tepat digunakan pada era modern, konsumen/pelanggan dapat mengakses permintaannya dengan mudah dan fleksibel karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Kata kunci : Analisis SWOT, Strategi pengembangan

Full Text:

PDF

References


Follet, Parker. 2008. Visionary Leadership and Strategic Management. MCB

University press.

Fred R, David. 2011. Strategic Management, Buku 1. Edisi 12 Jakarta : Gramedia.

Freddy Rangkuti. 2005. 2008. Riset Pemasaran. Jakarta : Gramedia Pustaka

Utama.

Teknik Membedah KasusBisnis Analisis SWOT cara Perhitungan

Bobot, Rating, dan OCAI. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Handoko. 2013. Manajemen; Edisi Kedua. Cetakan Ketiga belas. Yogyakarta;

BPFE.

Ismail Solihin. 2010. Pengantar Manajemen. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary, Amstrong, 2010. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 2,

Edisi Keduabelas. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin L. Keller. 2006. Manajemen Pemasaran Edisi ke 12 Jilid

ke 1. New Jersey. Jakarta : PT. Indeks.

Siswanto. 2011. Pengantar Manajemen. Jakarta : PT Bumi Aksana.

Solihin, Ismail. 2009. Corporate social responsibility from Charity to

Sustainability. Jakarta : Salemba Empat.

Somad, R dan Priansa, D J. 2014. Manajemen komunikasi ; mengembangkan

bisnis berorientasi pelanggan. Bandung : CV Alfabeta.

Sugiyono, 2013. Metode penelitian kombinasi. Bandung : CV Afabeta

Sugiyono, 2014. Metode penelitian kombinasi. Bandung : CV Afabeta

Sugiyono, 2015. Metode penelitian kombinasi. Bandung : CV Afabeta

Sugiyono. 2007 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung :

Alfabeta 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sukarna, 2011. Dasar-dasar manajemen. Bandung : Mandar Maja

Torang Syamsir, 2013. Organisasi dan manajemen : prilaku, struktur, budaya

& perubahan organisasi. Bandung : CV Alfabeta

Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Kombinasi (mixed.

Methods). Bandung : Alfabeta.

Wijayanti, Irene Sari. 2008. Manajemen. Yogyakarta : Mitra Cendikia Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.