PENGARUH DISPLAY DAN POINT OF PURCHASE TERHADAP IMPULSE BUYING (Suatu Studi Pada Gabucci Collection Tasikmalaya)

tedy permana, renny sri purwati, iwan setiawan

Abstract


PENGARUH DISPLAY DAN POINT OF PURCHASETERHADAP IMPULSE BUYING(Suatu Studi Pada Gabucci Collection Tasikmalaya)  Oleh: TEDY PERMANANIM.3402160307 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh impulse buying yang terjadi di Gabucci Collection Tasikmalaya belum berjalan dengan baik, yang diakibatkan oleh display yang berada di Gabucci colection Tasikmalaya belum tertata dengan rapih serta point of purchase yang berada di Gabucci Collection Tasikmalaya tidak terlihat atau tidak mudah dijangkau oleh konsumen. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pengaruh display terhadap impulse buying di Gabucci Collection Tasikmalaya?; 2) Bagaimana pengaruh point of purchase terhadap impulse buying di Gabucci Collection Tasikmalaya?; 3) Bagaimana pengaruh display dan point of purchase terhadap impulse buying di Gabucci Collection Tasikmalaya?.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey dengan pendekatan data kuantitatif. Jumlah populasi yang akan dijadikan objek penelitian adalah konsumen Gabucci Collection Tasikmalaya rata-rata dalam perminggu dalam bulan Juli 2020 sebanyak 376  orang, ukuran sampel yang dipilih adalah sebanyak 79 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket.Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: 1)  Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan  display terhadap impulse buying pada Gabucci Collection Tasikmalaya. Hipotesis pertama teruji kebenarannya karena thitung  > ttabel, artinya  apabila penataan display sudah baik maka impulse buying akan meningkat; 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan  point of purchase terhadap impulse buying pada Gabucci Collection Tasikmalaya. Hipotesis kedua teruji kebenarannya karena thitung > ttabel, artinya  apabila point of purchase sudah baik maka impulse buying akan meningkat; 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan display dan point of purchase terhadap impulse buying pada Gabucci Collection Tasikmalaya. Hipotesis ketiga teruji kebenarannya karena Fhitung > Ftabel. Artinya apabila display dan point of purchase sudah baik maka impulse buying akan meningkat. Kata Kunci:   Display, Point of Purchase dan Impulse Buying

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Allan Dwi I’sana, Tahun 2013. Pengaruh Display Produk, Promosi Bellow The Line dan Emosi Positif terhadap keputusan pembelian Impulsif. Studi Sri Ratu Pemuda Departement Store Kota semarang

Alma, Buchari.2014. Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.

Basrah, Samsul. (2012). Vol 3 No 1. Jurnal riset manajemen sains indonesia. Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen dan minat beli pada transmart market.

Buchari Alma. 2011. Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung: penerbit alfabeta

Budianto apri, 2015 manejemen pemasaran. Yogyakarta penerbit Ombak

Bobby M. Dwi. 2010. Display dan Point of Purchase terhadap Impulse Buying. jurnal vol 2, No 11 tahun 2010 Studi pada Toserba Yogya

Dewanto Triaji, Tahun 2012. Pengaruh daya tarik Point Of Purchase terhadap Keputusan pembelian Impuls. Studi pada pengunjung Carrefour MT Haryono

Hoesada Jan,2013. Taksonomi ilmu manejemen, yogyakarta. Penerbit: c.v andi offset

Hasibuan, 2011. Manajemen dasar, pengertian, dan masalah, cetakan ke sembilan, jakarta. Penerbit: PT. Bumi aksara

Kotler dan Keller, 2008 , marketing manajemen edisi 14, Global edition. Pearson Prentice Hall

Ma’ruf. H.,2005, pemasaran retail, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Philip, Kotler. 2012 manajemen pemasaran. Jakarta Jilid idan II PT. Indeks

Rock & fisher. 2007. Vol 64 no 1 jurnal off retailing. Marketing multiple item scale for custumer preception of service quality.

Riki N, Tahun 2014 Pengaruh Point Of Purchase Comunication terhadap Impuls Buying. Studi Hypermarket Kota Bandung

Sopiah dkk. 2008. Tampilan dalam toko. Jakarta: rineka cipta

Sumarwan, 2011. Riset pemasaran. Catatan pertama. Jakarta: PT Gramedia

Stren, Samuel Hanate. 2007. Manajemen pemasaran modern. Edisi ke dua cerakan ke sembilan. Yogyakarta: Liberty

Sugiyono. 2017 metode penelitian kuntitatif kualitatif dan R&D. Bandung: alfabeta

Sugiyono. 2018 metode penelitian kuntitatif kualitatif dan R&D. Bandung: alfabeta

Tjiptono, Fandy dan Gregodius chandra, 2005. Servis, qualiti & satisfaction, yogyakarta: penerbit andi

Theresia Putri Kusuma pasaribu, tahun 2013, “peran point of purchase Dalam Pembelian Tidak Terencana. (Studi pada Carrefour Yogyakarta)

Weinberg dkk 2008 pemasaran jasa konsep dan implementasi. Cetakan pertama. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi UII.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.