PENGARUH KEPERCAYAAN DAN LINGKUNGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN (Studi Pada UPTD Puskesmas Salawu Kabupaten Tasikmalaya)

Eneng Siti Maya Ulfah, Oyon Saryono, Kasman Kasman

Abstract


Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah : 1).Bagaimana pengaruh kepercayaan terhadap kualitas pelayanan pada UPTD Puskesmas Salawu Kabupaten Tasikmalaya?.2)Bagaimana pengaruh lingkungan terhadap kualitas pelayanan pada UPTD Puskesmas Salawu Kabupaten Tasikmalaya?.3)Bagaimana pengaruh kepercayaan dan lingkungan terhadap kualitas pelayanan pada UPTD Puskesmas Salawu Kabupaten Tasikmalaya?.Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui yaitu : 1).Untuk mengetahui pengaruh kepercayaan terhadap kualitas pelayanan pada UPTD Puskesmas Salawu Kabupaten Tasikmalaya.2).Untuk mengetahui pengaruh lingkungan terhadap kualitas pelayanan pada UPTD Puskesmas Salawu Kabupaten Tasikmalaya.3).Untuk mengetahui pengaruh kepercayaan dan lingkungan terhadap kualitas pelayanan pada UPTD Puskesmas Salawu Kabupaten Tasikmalaya.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif yaitu hasil penelitian yang kemudian diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulannya. Sedangkan penggunakaan analisis data yang digunakan adalah analisisi koefisien korelasi, determinasi, regresi sederhana dan uji t dan uji F.Adapun hasil analisis data tersebut yaitu Kepercayaan dan Lingkungan memiliki korelasi terhadap Kualitas Pelayanan dengan tingkat korelasi kuat. Dari perhitungan di atas maka dapat diketahui persamaan regresinya yaitu : Y= 74,845+ X1 + X2 Yang artinya apabila bobot X1 bertambah 1 maka bobot Y akan mengalami kenaikan sebesar , begitu pula sebaliknya apabila X2 bertambah 1 maka Y akan mengalami kenaikan sebesar . Berdasarkan perhitungan di atas maka dapat disimpulkan bahwa Kepercayaan dan Lingkungan terhadap Kualitas Pelayanan mempunyai pengaruh sebesar 44,48% dan sisanya 55,52% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dari perhitungan di atas dapat diketahui nilai Fhitung sebesar 40.52543 lebih besar dari Ftabel sebesar 12.0234. Yang artinya Kepercayaan dan Lingkungan berpengaruh signifikan terhadap Kualitas Pelayanan. Dengan taraf nyata 10% yang berarti kita mempercayai 81% bahwa Kepercayaan dan Lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Pelayanan pada pasien UPTD Puskesmas Salawu Kabupaten Tasikmalaya. Dan hipotesis yang diajukan dapat diterima dan teruji kebenarannya.

Full Text:

PDF

References


Budianto, Apri. 2015. Manajemen Pemasaran.Ombak : Yogyakarta.

C. Mowen, John dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta : Erlangga.

Diaz Priantara. 2012. Kepercayaan Indonesia Edisi 2. Mitra Wacana Media.

Don Peppers, Marta Rogers. (2004).”Managing Customer Relationship” Canada: willey.

Fandy, Tjiptono. 2004. Manajemen Jasa, Edisi Pertama, Yogyakarta, Andi Offset.

___________, 2009. Manajemen Jasa, Edisi Pertama, Yogyakarta, Andi Offset.

Fayol, Henry. 2010.Manajemen Public Relations. Jakarta: PT Elex Media.

Follet, Mary Parker. (1997) Defenition of Managementhttp://www.blog.re.or.id/defenisi-manajemen.htm (diakses tanggal 25 Februari 2017).

Handoko, T. Hani. (2000). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Edisi ke 2.Yogyakarta: BPFE.

_________. (2008). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Edisi ke 2.Yogyakarta: BPFE.

Hardiansyah, 2011 Kualitas Pelayanan Publik : Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta : Gava Media.

Hasibuan, Malayu. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

_________. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

_________. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Indriantoro,Nur dan Bambang Supomo. 2011, ”Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi Dan Manajemen”,Edisi Pertama. BPFE,Yogyakarta.

Isyandi, B,2004.Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Perspektif Global.Pekanbaru, Unri Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.