PENGARUH DAYA TARIK WISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG (Suatu Studi Pada Objek Wisata Sayang Kaak Kabupaten Ciamis)

Maman Nurjaman, Sukomo Sukomo, Moch Aziz Basari

Abstract


Penelitian ini Pengaruh pada Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Dari (Suatu Studi pada Objek Wisata Sayang Kaak Kabupaten Ciamis). Permasalahan yang dihadapi pada penelitian ini meliputi: 1). Bagaimana daya traik wisata di Objek Wisata Sayang Kaak Kabupaten Ciamis? ; 2). Bagaimana keputusan berkunjung pada Objek Wisata Sayang Kaak Kabupaten Ciamis? ; 3). Bagaimana pengaruh daya tarik wisata terhadap keputusan berkunjung pada Objek Wisata Sayang Kaak Kabupaten Ciamis. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). Daya tarik wisata pada Objek Wisata Sayang Kaak Kabupaten Ciamis; 2). Keputusan berkunjung pada Objek Wisata Sayang Kaak Kabupaten Ciamis;3). Pengaruh daya tarik wisata terhadap keputusan berkunjung pada Objek Wisata Sayang Kaak Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh Analisis Koefisien Korelasi Sederhana Rank Spearman, Analisis Koefisien Determinasi, Uji t, Analisis Regresi Linear Sederhana, dan Uji F. Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa daya tarik wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung ke Objek Wisata Sayang Kaak Kabupaten Ciamis dengan besarnya pengaruh 5,11% dan sisanya 94,89% pengaruh faktor lain.Diharapkan Objek Wisata Sayang Kaak Kabupaten Ciamis mempertahankan dan memperhatikan daya tarik wisata sehingga akan meningkatkan keputusan berkunjung.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Irawan. 2010. Berpihak Pada Manusia : Paradigma Nasional,. Pembangunan Indonesia Baru, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Achmad, Buchori., Djaslim Saladin. 2010. Manajemen Pemasaran (Edisi Pertama). Bandung. CV. Linda Karya.

W

A, Yoeti, Oka. 1996. Pengantar Ilmu Pariwisata. Angkasa, Bandung.

Ahmad Tanzeh. 2011. Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Karya.

_____________2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Basiya, R., dan Rozak, H. A. 2012. Kualitas Daya Tarik Wisata, Kepuasan Dan Niat Kunjungan Kembali Wisatawan Mancanegara Di Jawa Tengah, Jurnal Ilmiah Dinamika Kepariwisataan Vol. XI No. 2, Oktober, Hlm. 1-12

Fajrina Qayyimah. 2017. Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Keputussn Berkunjung di Kebun Raya Bogor. Universitas Airlangga Kampus.

Fandy, Tjiptono. 2014. Pemasaran Jasa. Andi : Yogyakarta.

Gamal Suwantoro. 2007. Dasar-dasar pariwisata. Yogyakarta : Andi Offset.

Hasibuan, Malayu SP. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Revisi),. Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

_____________2009. Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi revisi cetakan ke tiga belas). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hunger, J. David dan Wheelen, Thomas L. 2003. Manajemen Strategis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

I Gde Pitana., & Putu G, Gayatri. 2005. Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta : CV Andi Offset.

Ismayanti. 2009. Pengantar Pariwisata. Jakarta: Grasindo.

John A. Pearce II dan Richard B.Robinson, Jr. 2008. Manajemen Strategis-. Formulasi, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Kiswanto, Anjar Hari. 2011. Pengaruh Harga, Lokasi Dan Fasilitas Terhadap Kaputusan Berkunjung Wisatawan Di Objek Wisata Dampo Awang Beach Rembang, (Eprint: UNNES).

Kotler, Philip; Armstrong, Garry. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1,. Erlangga, Jakarta.

_____________2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Erlangga : Jakarta.

Manullang. 2012. Dasar-Dasar Manajemen. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Marpaung, Happy. 2002. Pengetahuan Kepariwisataan. Bandung : Alfabeta.

Muhammad, Suwarsono. 2013. Manajemen Strategik : konsep dan alat analisis (edisi 5), Yogyakarta, UPP STIM YKPN.

Philip Kotler dan Kevin L. Keller. 2006. Manajemen Pemasaran edisi ke 12 Jilid ke 1. New Jersey, Indeks.

Putri, L.S.E., Prasetyo, A.D. & Arifin, Z. 2020. Green mussel (perna viridis) as bioindicator of heavy metals pollution at kamal estuary , jakarta bay, indonesia. J. environ res and develo , 6 (3), pp.389–396.

Rindianti Amanda Permitasari, 2015. Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Di Kawasan Wisata Kampung Batu Malakasari Kabupaten Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.

Siagian, P. Sondang. 2005. Fungsi-fungsi Manajemen. Jakarta. Penerbit Bumi. Aksara.

_____________2007. Fungsi-Fungsi Manajerial Edisi Revisi. Jakarta. Bumi Aksara.

Sihotang, 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Pertama, PT. Pradnya Paramitha, Jakarta.

Sudjana, Nana. 2002. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_____________2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.

_____________2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

_____________2012. Metode Penelitian Pedidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

_____________2013. Metode Penelitian Pedidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

_____________2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed. Methods). Bandung : Alfabeta. Supraktinya.

Suwardjoko P. Warpani dan Warpani Indira P. 2007. Pariwisata Dalam Tata Ruang. Wilayah. Bandung: ITB Press.

Syah Ali. 2016. Strategi Pengembangan Fasilitas Guna Meningkatkan Daya Tarik Minat Wisatawan Di Darajat Pass (Waterpark) Kecamatan Pasirwangi Kabupaten Garut. Universitas Pendidikan Indonesia

Terry, George dan Leslie W. Rue. 2010. Dasar-Dasar Manajemen. Cetakan kesebelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Veithzal, Rivai, 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. PT.Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Veithzal, Rivai dan Deddy Mulyadi. 2012. Kepemimpinan dan Perilaku. Organisasi Edisi Ketiga. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.

Wisnawa, I.M.B., Soharjo, S.J. & Wijayanti, A.R. 2019. Persepsi masyarakat terhadap perilaku wisatawan Cina terhadap keberlanjutan pariwisata Bali dengan pendekatan sapta pesona. Jurnal Ekonomi dan Pariwisata, 14 (1), 48-59.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.