PENGARUH HARGA DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (

Anisa Agustina, Mochamad Aziz Basari, Nina Herlina

Abstract


Anisa Agustina1 M.Azis Basari2, danNina Herlina3Fakultas Ekonomi Unviersitas Galuhanichaagustina21@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Harga dan Kelengkapan Produk terhadap Keputusan Pembelian (Suatu Studi pada Konsumen Swalayan Sumber Mulya Panawangan).Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: 1). Bagaimana pengaruh harga terhadap keputusan pembelian pada konsumen  Swalayan Sumber Mulya Panawangan? 2). Bagaimana pengaruh kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian pada konsumen Swalayan Sumber Mulya Panawangan? 3). Bagaimana pengaruh harga dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian pada konsumen Swalayan Sumber Mulya Panawangan?Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Analisis Koefisien Korelasi Sederhana, Analisis Koefisien Regresi Sederhana, Koefisien Determinasi, Analisis Koefisien Korelasi Berganda, Analisis Regresi Liniear Berganda, Uji t, Uji f. Hasil Penelitian dan pengeolahan data menunjukkan bahwa harga berpengaruh posisitf terhadap keputusan pembelian pada Konsumen Swalayan Sumber Mulya Panawangan dengan besarnya pengaruh 46,25% dan sisanya 53,75% dipengaruhi oleh faktor lain ; kelengkapan produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada Konsumen Swalayan Sumber Mulya Panawangan dengan besarnya pengaruh 8,55% dan sisanya 91,45% dipengaruhi oleh faktor lain ; dan harga dan kelengkapan produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian Konsumen Swalayan Sumber Mulya Panawangan dengan besarnya pengaruh 57,30% sedangkan sisanya 42,70%.Diharapkan Swalayan Sumber Mulya Panawangan dapat mempertahankan Harga dan Kelengkapan Produk sehingga dapat meningkatkan Keputusan Pembeliannya.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aminullah, R. Suharto, A. Diansari, T. 2019. Dampak Harga, Lokasi, Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Dalam Jurnal Penelitian Ipteks. Vol. 4 No. 2. Diakses pada tanggal 06-10-2020.

Budianto, A. 2020. Manajemen Pemasaran Edisi Kedua. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Febriatmoko, Anjar. 2018. Pengaruh Store Atmosphere Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Dalam Jurnal Ilmu Manajemen Vol. 6, No. 4. Diakses pada tanggal 09-02-2021.

Hasibuan, M. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Cetakan ke enam belas. PT. Bumi Aksara.

Indra, Rissa Ryanti, Budi. 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Tingkat Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Skripsi pada Program Studi Manajemen FE Unigal. Tidak diterbitkan.

Kotler, P dan Armstrong, G. 2006. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta : Edisi Kedua belas. Penerbit Erlangga.

Lemana, Rosa. Juwardi. 2017. Pengaruh Kelengkapan Produk Dan Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Dalam Jurnal Pemasaran Kompetitif. Vol. 1, No. 1. Diakses pada tanggal 09-02-2021.

Masibbuk, I. Moniharapon, S. 2019. Pengaruh Kelengkapan Produk, Kualitas Layanan Dantata Letak Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Golden Pasar Swalayan Di Kota Manado). Dalam Jurnal EMBA. Vol.7 No.1. Diakses pada tanggal 06-10-2020.

Meliana, Sulistiono. Setiawan, Budi. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian. Dalam Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan. Vol. 1, No. 3. Diakses pada tanggal 09-02-2021.

Putri, Budi T R. 2017. Manajemen Pemasaran. Denpasar : Penerbit Upada Sastra.

Radjab, E. dan Jam’an, A. 2017. Metodologi Penelitian Bisnis. Makasar : Penerbit Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sudrajat, R. 2018. Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Skripsi pada Program Studi Manajemen FE Unigal. Tidak diterbitkan.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kauntitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Cetakan ke 19. Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kauntitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Cetakan ke dua. Alfabeta.

Swalayan Sumber Mulya. 2021. Profil Perusahaan. Panawangan : Swalayan Sumber Mulya

Wijaya, C dan Rifa’I, M. 2016. Dasar-Dasar Manajemen. Medan : Penerbit Perdana Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.