PENGARUH FOREIGN BRANDING DAN DESAIN PRODUK KECANTIKAN SCARLETT WHITENING TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Suatu Studi pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis)

dida farida tuljanah, Aini Kusniawati, Iwan Setiawan

Abstract


DIDA FARIDA TULJANAH, NIM. 3402170307 “PENGARUH FOREIGN BRANDING DAN DESAIN PRODUK KECANTIKAN SCARLETT WHITENING TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Suatu Studi pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis)”. Dibawah Bimbingan Ibu Dr. Hj. Aini Kusniawati, Dra., MM. (Pembimbing 1) dan Bapak H. Iwan Setiawan, S.E. M.M. (Pembimbing 2).Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Foreign Branding Dan Desain Produk Scarlett Whitening Terhadap Minat Beli Konsumen (Suatu Studi Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis).Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1]. Minat beli produk Scarlett Whitening pada mahasiswi Fakultas Ekonomi cenderung rendah, tetapi volume penjualan Scarlett Whitening cukup tinggi dengan melihat produk tersebut menduduki posisi pertama pada  marketshare. 2]. Banyak produk kosmetik sejenis yang menjadi pesaing. 3]. Kesadaran akan kandungan atau manfaat produk Scarlett masih rendah di kalangan Mahasiswi Fakultas ekonomi. 4]. Mahasiswi Fakultas Ekonomi kurang melakukan pencarian informasi mengenai produk Scarlett Whitening. 5]. Konsumen lebih memilih produk dengan merek yang familiar. 6]. Desain produk Scarlett Whitening kurang menarik perhatian Mahasiswi Fakultas Ekonomi. Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1]. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh foreign branding terhadap minat beli konsumen. 2]. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh desain produk kecantikan scarlett whitening terhadap minat beli konsumen. 3]. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh foreign branding dan desain produk kecantikan scarlett whitening terhadap minat beli konsumen.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif dengan pendekatan kuantitatif dan teknik observasi, wawancara dan kuesioner. Dengan metode ini meliputi Uji Koefisien Korelasi, Uji Determinasi, Uji T, Uji Koefisien Korelasi Berganda, Regresi Linier Berganda dan Uji F.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa : 1]. Pengaruh foreign branding terhadap minat beli produk Scarlett Whitening pada mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis adalah positif dan signifikan. 2]. Pengaruh Desain Produk terhadap minat beli produk Scarlett Whitening pada mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis adalah positif dan signifikan. 3]. Pengaruh foreign branding dan desain produk terhadap minat beli produk Scarlett Whitening pada mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis adalah positif dan signifikan.Diharapkan perusahaan Scarlett Whitening mampu mempertahankan produk dengan terus menguatkan pada foreign branding dan desain produk untuk menarik perhatian konsumen supaya dapat bersaing di pasar dengan produk sejenis lainnya.

Full Text:

PDF

References


Aaker David, A. 1991. Manajemen Equitas Merek, mamanfaatkan nilai dari suatu merek. Jakarta: Mitra Utama

Alma, Buchari. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Bandung : CV Alfabeta.

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Budianto, A. 2015. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : Penerbit Ombak.

Handoko, T. 2011. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Handoko, T. 2013. Manajemen. Edisi Kedua, Cetakan Ketigabelas. BPFE Yogyakarta.

Hasibuan, Malayu. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hasibuan, Malayu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara

Kotler, Philip. Armstrong, Garry. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Kotler, dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management. 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Moh Nazir. 2011. Metode Penelitian. Cetakan 6. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia

Tjiptono, Fandy. 2015. Stategi Pemasaran. Yogyakarta: Cv. Andi

Safroni. 2012. Manajemen dan Reformasi Pelayanan Publik dalam Konteks Birokrasi Indonesia (Teori, Kebijakan, dan Implementasi). Yogyakarta : Aditya Media Publishing.

Shinta Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Malang : Universitas Brawijaya

Simamora, Bilson. 2001. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Edisi pertama. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Simamora, Bilson. 2003. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : ALFABETA

Sugiyono. 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Supranto. J. 2011. Pengukuran Tingkat kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Cetakan keempat, Penerbit PT Rineka Cipta, Jakarta.

Usman, Husaini. 2013. Manajemen : Teori, Praktik dan Riset Pendidikan – Ed.4, Cet. 1-. Jakarta : Bumi Aksara

Ariesmendi, D dan Saraswati, G. 2016. PENGARUH FOREIGN BRANDING TERHADAP PERCEIVED QUALITY DAN MINAT BELI PADA SOUR SALLY BANDUNG THE EFFECT OF FOREIGN BRANDING ON PERCEIVED QUALITY AND CONSUMER PURCHASE INTENTION AT SOUR SALLY IN BANDUNG. Dalam jurnal e-Proceeding of Management : Vol.3, No.2. halaman: 1889). Diakses tanggal 28-10-2020

Hidayat, T. et. al. 2012. Hubungan Antara Atribut Produk Dengan Minat Beli Konsumen. Dalam Jurnal eJurnal Mahasiswa Universitas Padjadjaran Vol.1, No.1. halaman 5. Diakses tanggal 28-10-2020

Hidayati, TA., Suharyono, dan D. Fanani. 2013. Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian Konsumen (Survei pada Mahasiswa Penghuni Ma’had Sunan Ampel Al-Aly UIN Malang Tahun Angkatan 2012/2013 yang Mengkonsumsi Mie Instan Merek Indomie). Dalam Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 2, no. 1, halaman 1-10. Diakses tanggal 30-10-2020

Lecrlerc, Schmitt dan Dube. 1994. Foreign Branding and Its Effect on Product Perceptions and Attitudes. Dalam Journal Of Marketing Research. Vol XXXI, hlmn 226-263. Diakses tanggal 2-11-2020

Listyawati, H. 2016. PERAN PENTING PROMOSI DAN DESAIN PRODUK DALAM MEMBANGUN MINAT BELI KONSUMEN . Dalam jurnal JBMA – Vol. III, No. 1. ISSN : 2252-5483. halaman : 66. Diakses tanggal 2-11-2020

Meldarianda, R. dan Lisan, H. 2010. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Resort Café Atmosphere Bandung. Dalam Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE). Vol 17(2). hlmn 1412-3126. Diakses tanggal 5-11-2020

Rizky, M. dan Yasin, H. 2014. Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan. Dalam Jurnal Manajemen & Binsis, Vol. 14(2), hal. 135-143. Diakses tanggal 5-11-2020

Saidani dan Raga Ramadhan. 2013. Pengaruh Iklan Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Seri Galaxy (Survei Pada Pelanggan Itc. Roxy Mas). Dalam Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI). Vol.4. No.1. Diakses tanggal 10-11-2020

Soewito, Yudhi. 2013. Kualitas Produk, Merek, dan Desain Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha. Mio. Dalam Jurnal EMBA. Vol.1 No.3 Juni, Hal. 218-229. Diakses tanggal 7-04-2020.

Subakti, Agung Gita. 2019. Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian di Sales and Marketing Departement (Studi Kasus di Hotel Y Jakarta). Dalam Jurnal Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation Volume 2, No. 1, eISSN: 2654-4687.

Sujani. 2017. Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Belanja di Indomaret. Dalam Jurnal Majalah Ekonomi. Vol. XXII No. 2_ ISSN No. 1411-9501.

Frena, Azany. 2014. Analisis Pengaruh Desain Produk, Motivasi Konsumen dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Bellagio (Studi pada Konsumen Toko Sepatu Bellagio Java Supermall Semarang). Skripsi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Semarang. Tersedia : http://eprints.undip.ac.id/42797/

Agustyan, Fajar. 2017. Pengaruh E-commerce, Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Industri Ekonomi Kreatif. Skripsi pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Lampung. Tersedia : http://digilib.unila.ac.id/28318/

Fauziah, R. 2017. Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian di Situs Online Tokopedia. Skripsi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis. Tidak diterbitkan

Hanggoro. 2018. Analisis pengaruh store atmosphere dan citra merek berbahasa asing terhadap niat beli ulang konsumen pada kedai kopi di kota bandung (studi deskriptif kuantitatif pada titik kopi dan Armor Kopi). Tesis pada Mahasiswa Fakultas Magister Manajemen Universitas Widyatama Bandung. Tersedia : https://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/10778

Marliani, Neli. 2018. Pengaruh Foreign Branding Terhadap Minat Beli Sour Sally Kota Medan (Studi Pada Mahasiswa/i Ekonomi Universitas Muhammadiah Sumatera Utara). Skripsi pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara.

Munajat, Syamsul. 2020. Pengaruh Satisfaction dan Trust terhadap Refurchase Intention pada Produk Teh Botol Sosro (studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis). Skripsi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis. Tidak diterbitkan.

Sari, Siti Purnama. 2014. Analisis Pengaruh Foreign Branding terhadap Perceived Product Advantage dan Brand Personality terhadap Brand Image serta Implikasinya terhadap Minat Membeli Produk Lea Jeans. Skripsi Mahasiswa Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang. Tersedia : http://eprints.undip.ac.id/44641/

Wibisaputra, Aditzya. 2011. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Gas Elpiji 3 Kg (di PT. Candi Agung Pratama Semarang). Skripsi pada Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang . Tersedia : http://eprints.undip.ac.id/26939/

Wicaksono, A. 2015. PENGARUH MEREK DAN DESAIN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi Kasus Konsumen Sepeda Motor Honda CS One pada Dealer 54 Motor Pekalongan). Skripsi pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Tersedia : http://lib.unnes.ac.id/21460/

https://www.pahlevi.net/pengertian-minat-beli/ [Diakses 25 Nov 2020]

https://www.gurupendidikan.co.id/metodologi-penelitian/ [Diakses 28 Nov 2020 ]

https://www.kajianpustaka.com/2020/09/pengertian-dan-jenis-variabel-penelitian.html#:~:text=Variabel%20penelitian%20adalah%20sesuatu%20yang,mempengaruhi%20peristiwa%20atau%20hasil%20penelitian [Diakses 28 Okt 2020 ]

http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/Dra.%20Wening%20Sahayu,%20M.Pd./Menentukan%20Sumber%20Data.pdf [Diakses 2 Des 2020 ]

https://www.kelaspintar.id/blog/edutech/4-teknik-pengumpulan-data-dalam-penelitian-sosial- i [Diakses 2 Des 2020]

https://raharja.ac.id/2020/11/04/apa-itu-populasi-dan-sampel-dalam-penelitian/ [Diakses 2 Des 2020]

https://serupa.id/pengertian-desain-produk-tujuan-fungsi-pendapat-ahli/ [Diakses 3 Des 2020 ]

https://accurate.id/marketing-manajemen/pentingnya-desain-produk-pada-bisnis/#:~:text=Adapun%20fungsi%20dari%20desain%20pada,hal%20yang%20diperhatikan%20oleh%20konsumen. [Diakses 2 Des 2020 ]


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.