PENGARUH LABELISASI HALAL DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPERCAYAAN PELANGGAN (suatu studi pada Konsumen CV. Lemona Cake & Bakery Outlet Padayungan

Gita Ayuni Azhar, Aini Kusniawati, Iwan Setiawan

Abstract


Label halal dan citra merek merupakan hal yang cukup dipertimbangkan oleh konsumen Indonesia sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk makanan dan minuman, karena mengingat bahwa mayoritas masyarakat Indonesia beragama muslim. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh labelisasi halal dan citra merek secara simultan terhadap kepercayaan pelanggan produk Lemona Cake & Bakery Padayungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah konsumen Lemona outlet Padayungan berdasarkan transaksi bulan Desember 2020 sebanyak 4.960 orang dengan jumlah sampel yang dipilih sebanyak 98 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel labelsasi halal dan citra merek secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepercayaan pelanggan. Melihat signifikansi yang diperoleh maka variabel yang paling berpengaruh terhadap kepercayaan pelanggan adalah variabel citra merek. Kata Kunci: Labelisasi Halal, Citra Merek, Kepercayaan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Andini, Natasya Putri, et, al. 2014. Pengaruh Viral Marketing terhadap Kepercayaan Pelanggan dan Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2013 Yang Melakukan Pembelian Online Melalui Media Sosial Instagram). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol 11, No. 1. Tersedia: http://repository.ub.ac.id [18 Oktober 2020]

Astria, Gina dan Agus Putranto. 2014. Pengaruh Tingkat pengetahuan Tentang Pesan Halal terhadap Tingkat Kepercayaan Pada Produk Kosmetik (Studi Eksplanantif Pada Mahasiswa UII Yogyakarta Pada Produk Kosmetik Wardah). Jurnal Ilmiah. Tersedia: http://e-journal.uajy.ac.id [18 Oktober 2020]

Firmansyah, M. Anang. 2019. Pemasaran Produk dan Merek: Planning dan Strategy. Yogyakarta: Qiara Media.

Hakim, Candra, et, al. 2014. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Kepercayaan serta Keputusan Pembelian (Survey Pada Pembeli Sepeda Motor Honda Vario Pada PT. Sumber Purnama Sakti di Kabupaten Gersik). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 15 No. 2. Tersedia: http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id [18 Oktober 2020]

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management Edisi 14. New Jersey: Prentice-Hall Published.

Kusuma, Nadia, et, al. 2012. Pengaruh Citra Merek Terhadap Kepercayaan (Survei pada Lembaga Bimbingan Belajar Primagama Cabang Tulungagung). Jurnal Ekonomi Bisnis. Vol. 17 No. 1. Tersedia: http://library.um.ub.ac.id [18 Oktober 2020]

Sari, A.A.Ayu, dan Ni Nyoman Kerti Yasa. 2020. Kepercayaan Pelanggan Diantara Hubungan Citra Perusahaan Dan Kewajaran Harga Dengan Loyalitas Pelanggan Mapemall.com. Klaten: Lakeisha.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Metode R&D. Bandung: Alfabeta.

Subagyono, Bambang, at, al. 2020. Perlindungan Konsumen Muslim Atas Produk Halal. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.

Zulham. 2016. Hukum Perlindungan Konsumen Edisi Revisi. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.