PENGARUH EKUITAS MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Suatu Studi pada Konsumen CV. Idea Rabbani Tasikmalaya Grup)

regita puja cahyani, Nana Darna, Ali Muhidin

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh Pengaruh Ekuitas Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Suatu Studi pada CV. Idea Rabbani Tasikmalaya Grup). Permasalahan dalam penelitian ini meliputi 1) Bagaimana pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian konsumen CV. Idea Rabbani Tasikmalaya Grup. 2) Bagaimana pengaruh harga terhadap keputusan pembelian konsumen CV. Idea Rabbani Tasikmalaya Grup. 3) Bagaimana pengaruh ekuitas merek dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen CV. Idea Rabbani Tasikmalaya Grup. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah:       1) Untuk mengetahui dan menganalisis besar pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian konsumen CV. Idea Rabbani Tasikmalaya Grup. 2) Untuk mengetahui dan menganalisis besar pengaruh harga terhadap keputusan pembelian konsumen CV. Idea Rabbani Tasikmalaya Grup. 3) Untuk mengetahui dan menganalisis besar pengaruh ekuitas merek dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen CV. Idea Rabbani Tasikmalaya Grup. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang terdapat dalam penelitian ini yaitu diambil berdasarkan jumlah transaksi konsumen CV. Idea Rabbani Tasikmalaya Grup pada tahun 2020 sebanyak 988 orang dengan sampel 91 orang responden. Dalam penelitian ini pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu melalui observasi, wawancara, dan penyebaran angket kuesioner. Sedangkan untuk analisis data yang digunakan adalah analisis koefisien korelasi sederhana, analisis koefisien korelasi berganda, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi, uji t dan uji F. Adapun hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa ekuitas merek dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen CV. Idea Rabbani Tasikmalaya Grup. Penerapan ekuitas merek dan harga pada CV. Idea Rabbani Tasikmalaya Grup sudah baik, namun diharapkan dapat mengevaluasi dan mempertahankan penerapan ekuitas merek dan harga agar lebih ditingkatkan sehingga dapat mendorong konsumen untuk melakukan  keputusan pembelian dan mengembalikan rasa percaya diri konsumen untuk terus melakukan pembelian terhadap produk-produk Rabbani.

Full Text:

PDF

References


Aaker, D.A. 2013. Manajemen Pemasaran Strategis. Jakarta: Edisi Kedelapan. Salemba Empat

Agustini, N.P.E dan Suasana, I.G.A.K.G. 2020. Pengaruh Ekuitas Merek, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Gerai Starbucks Di Bali. Buletin Studi Ekonomi. Vol. 25, No. 1. Tersedia: https://ojs.unud.ac.id/bse/article. [19 November 2020]

Firmansyah, A. 2019. Pemasaran Produk dan Merek. Surabaya: Qiara Media

Hasan, A. 2013. Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. Jakarta: Center For Academic Publishing Service (CAPS)

Indrasari, M. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press

Malau, H. 2017. Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung: CV. Alfabeta

Sinambela, E.A. 2017. Pengaruh Ekuitas Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kopi Bubuk Kemasan. Jurnal Global. Vol. 1, No. 2. Tersedia: https://stieus.ejournal.web.id/article. [18 Oktober 2020]

Sudirman, A. 2017. Pengaruh Harga dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT. Sinar Siantar Sari Permatasiantar. Jurnal Maker. Vol. 3, No. 1. Tersedia: www.neliti.com/publications. [18 Oktober 2020]

Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tampi, Soegoto dan Sumarauw. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy Pada PT. Daya Adicipta Wisesa. Jurnal EMBA. Vol. 4, No. 1. Tersedia www.neliti.com/publications. [18 Oktober 2020]

Tjiptono, Fandy. 2011. Manajemen & Strategi Merek. Yogyakarta: Andi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.