ANALISIS PENGARUH STORE IMAGE DAN PURCHASE INTENTION TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (SUATU STUDI PADA PELANGGAN TOKO AREI OUTDOOR GEAR TASIKMALAYA)
IRWAN FADILAH, AZIZ BASARI, MUJADDID FARUK
Abstract
Muhamad Irwan Fadilah, NIM. 3402170185. “Analisis Pengaruh Store Image dan Purchase Intention terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Pelanggan Toko Arei Outdoor Gear Tasikmalaya)”. Dibawah bimbingan M.Aziz Basari, S.Sos., M.M. (Pembimbing I) dan Mujaddid Faruk, S,e., M.M. (Pembimbing II).Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Store Image dan Purchase Intention terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Pelanggan Toko Arei Outdoor Gear Tasikmalaya). Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini yaitu : Bagaimana pengaruh Store Image dan Purchase Intention terhadap Kepuasan Pelanggan di Toko Arei Outdoor Gear Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Seberapa besar pengaruh Store Image dan Purchase Intention terhadap kepuasan pelanggan di Toko Arei Outdoor Gear Taikmalaya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif pendekatan kuantitatif dengan teknik survey. Untuk menganalisis pengaruh Store Image dan Purchase Intention terhadap Kepuasan Pelanggan digunakan teknik koefisien korelasi, koefisien determinasi, korelasi sederhana, uji signifikan parameter individu uji t (Uji Parsial), analisis regresi linier berganda, koefisien korelasi berganda, koefisien determinasi, dan Uji Signifikan (Uji F).Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa pengaruh Store Image terhadap Kepuasan Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan pada pelanggan toko Arei Outdoor Gear Tasikmalaya sebesar 61% dan sisanya 39% dipengaruhi oleh faktor lain. Sedangkan pengaruh Purchase Intention terhadap Kepuasan Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan pada pelanggan toko Arei Outdoor Gear Tasikmalaya sebesar 66,7% dan sisanya 33,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Sedangkan pengaruh Store Image dan Purchase Intention terhadap Kepuasan Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan pada pelanggan toko Arei Outdoor Gear Tasikmalaya sebesar 22,94% dan sisanya 77,06% dipengaruhi oleh faktor lain.Diharapkan toko Arei Outdoor Gear Tasikmalaya dapat mempertahankan Store Image guna meningkatkan Purchase Intention yang berujung kepada Kepuasan Pelanggan.
References
Rahmah, A. 2018. Pengaruh Dimensi Store Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Hypermarket Di Pusat Pembelanjaan Studi Pada Pelanggan Carrefour Ambarukmo Plaza. Skripsi Pada Program studi Manajemen Fakultas Ekonomi. Universitas Negerei Yogyakarta. Tidak Diterbitkan
Rahman, H. 2015. Pengaruh Store Image Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Pada PT. Karsa Utama Gorontalo. Skripsi Pada Program studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Gorontalo. Tidak Diterbitkan
Sanita, S. 2019. Pengaruh Product Knowledge dan Brand Image Terhadap Purchase Intention. Penelitian Pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis. Skripsi Pada Program Studi Manajemen. Universitas Galuh Ciamis
Soebagyo, T dan Subagio, H. 2014. Analisa Pengaruh Store Image Terhadap Purcahse Intention di Toserba Ramai Ngawi. Jurnal manajemen Pemasaran. Vol.1 (2). 1-9. Diakses pada tanggal 25-11-2020
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal Correspondence AddressProgram Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis
Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat
Email : feunigalmanajemen@gmail.com
Contact Person : +6281394946789
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.