PENGARUH VISUAL MERCHANDISING DAN PELAYANAN TERHADAP IMPULSE BUYING (Suatu Studi Pada Toko Gunasalma Kawali)

rizal ramdani muslih, Sukomo Sukomo, Iyus Yustini

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada PENGARUH VISUAL MERCHANDISING DAN PELAYANAN TERHADAP IMPULSE BUYING (Suatu Studi Pada Toko Gunasalma Kawali) Adapun rumusan masalah penelitian : 1) Bagaimana pengaruh visual merchandising terhadap impulse buying di Toko Gunasalma Kawali; 2) Bagaimana pengaruh pelayanan terhadap impulse buying di Toko Gunasalma Kawali; 3) Bagaimana pengaruh visual merchandising dan pelayanan terhadap impulse buying di Toko Gunasalma Kawali. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui : 1) Pengaruh visual merchandising terhadap impulse buying di Toko Gunasalma Kawali.; 2) Pengaruh pelayanan terhadap impulse buying di Toko Gunasalma Kawali; 3) Pengaruh visual merchandising dan pelayanan terhadap impulse buying di Toko Gunasalma Kawali.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Adapun sumber data penelitian ini adalah konsumen Toko Gunasalma Kawali dengan jumlah sampel 86 orang. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan, analisis koefisien determinasi, analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi berganda,  dan uji hipotesis dengan uji t dan uji F.Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa 1) Visual merchandising berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying  pada Pembeli di Toko Gunasalma Kawali. Hal ini ditunjukkan dengan hubungan yang sangat kuat, semakin baik Visual merchandising maka semakin baik pula Impulse Buying  pada Pembeli yang berbelanja di Toko Gunasalma Kawali. Sedangkan besarnya  pengaruh Visual merchandising terhadap Impulse Buying yaitu sebesar 76,38%. 2) Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying  pada Pembeli di Toko Gunasalma Kawali. Hal ini ditunjukkan dengan hubungan lemah, meskipun lemah tetapi tetap ada hubungan yang positif antara Pelayanan dengan  Impulse Buying, semakin baik Pelayanan  maka semakin baik pula Impulse Buying  pada Pembeli di Toko Gunasalma Kawali. Sedangkan besarnya pengaruh Pelayanan terhadap Impulse Buying yaitu sebesar 4,41%. 3) Visual merchandising dan Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying  pada Pembeli di Toko Gunasalma Kawali. Hal ini ditunjukkan dengan hubungan yang sangat kuat, semakin baik Visual merchandising dan Pelayanan maka semakin baik pula Impulse Buying  pada Pembeli di Toko Gunasalma Kawali. Sedangkan besarnya pengaruh Visual Merchandising dan Pelayanan terhadap Impulse Buying yaitu sebesar 76,39%.

Full Text:

PDF

References


A, Rusdiana dan Moch, Irfan. 2014. Sistem Informasi Manajemen. Bandung: Pustaka Setia Bandung

Agustina, S. 2011. Manajemen Pemasaran. Malang: Universitas Brawijaya Press (UB Press)

Astuti, R. D., dan Fillippa, M. 2008. Perbedaan Pembelian Secara impulsive Berdasarkan Tingkat Kecenderungan, Kategori Produk, dan Pertimbangan Pembelian, jurnal Ichsan Gorontalo, Volume 3 No. 1, Februari: 1441-1456

Budianto, Apri. 2015. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Ombak

Durianto. et. al. 2001. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia

Hasan, I. 2006. Analisis Data Penelitian dengan Statistik, Jakarta: Bumi Aksara

Hasibuan, Malayu SP. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. Jakarta : PT Bumi Aksara

Hidayat, Eko Wahyu. 2016. Pengaruh Store Atmosphere, Promosin Penjualan, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Impluse Buying. Google of Schollar: https://scholar.google.co.id/pengaruh+pelayanan+terhadap+impluse+buying/ . Diakses pada tanggal 08 Januari 2021

Kotler, P dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Edisi Ke-12, Jilid 1. Indeks

Kotler, P dan Armstrong, G. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12, Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Riinawati, M.Pd. 2019. Pengantar Teori Manajemen Komunikasi dan Organisasi. Yogyakarta : PT Pustaka Baru

Saputro, A, Yoga. 2019. Pengaruh Visual Merchandising terhadap Impulsive Buying pada Produk Fashion (Studi pada Konsumen Swalayan Ada Semarang). Universitas negeri semarang. Fakultas ilmu pendidikan. Jurusan psikolog. Tidak diterbitkan.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

______, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

______, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

______, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

______, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

______, 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

______, 2017. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Tjiptono dan Fandy. 2014, Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset

Utami, Christina Whidya (2014). Manajemen Ritel Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia (edisi 2). Jakarta: Salemba Empat

Yistiani, M, Yasa, K dan Suasana, G. 2012. Pengaruh Atmosfer Gerai dan

Pelayanan Ritel Terhadap Nilai Hedonik dan Pembelian Implusif Pelanggan Matahari Departement Store Duta Plaza di Denpasar.

Journal Of Nursing Sholarship Vol. 6 No. 2

https://www.academia.edu/7666109/Pengaruh_Atmosfer_Gerai_Dan_Pelayanan_Ritel_Terhadap_Nilai_Hedonik_Dan_Pembelian_Impulsif_Pelanggan_Matahari_Department_Store_Duta_Plaza_Di_Denpasar

Diakses pada Tanggal 12 September 2020


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.