PENGARUH KEMUDAHAN BERTRANSAKSI DAN PENGALAMAN BELANJA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SITUS BELANJA ONLINE SHOPEE (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis)

Helmi Gayatri Agustin, Mochamad Aziz Basari, Enjang Nursolih

Abstract


Helmi Gayatri Agustin. NIM 3402170241. “Pengaruh Kemudahan Bertransaksi dan Pengalaman Belanja Terhadap Keputusan Pembalian Situs Belanja Online Shopee (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis)”. Dibawah bimbingan Mochamad. Aziz Basari,S.Sos.,M.M (Pembimbing I)  Enjang Nursolih,S.H.,M.M. (Pembimbing II). Perngaruh ini difokuskan pada Pengaruh Kemudahan Bertransaksi dan Pengalaman Belanja Terhadap Keputusan Pembelian (Suatu Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis). Permasalahan yang dihadapkan dalam penelitian ini yaitu: 1]. Bagaimana pengaruh kemudahan bertransaksi terhadap keputusan pembelian di situs jual beli online Shopee? 2]. Bagaimana pengaruh pengalaman belanja terhadap keputusan pembelian di situs jual beli online Shopee? 3]. Bagaimana pengaruh secara bersama-sama kemudahan bertransaksi dan pengalaman belanja terhadap keputusan pembelian di situs jual beli online Shopee?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1]. Pengaruh kemudahan bertransaksi terhadap keputusan pembelian. 2]. Pengaruh Pengalaman Belanja terhadap Keputusan Pembelian 3]. Pengaruh kemudahan bertransaksi dan pengalaman belanja terhadap keputusan pembelian. Pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis di situs jual beli online Shopee. Metode yang digunakan pada penelitian ini analisis desain deskriptif dengan teknik survei . Sedangkan untuk menganalisis data penelitian, digunakan Analisis Koefisien Korelasi Product Moment dan Korelasi Berganda, Analisis Regresi Linier Sederhana dan Regresi Berganda, Koefisien Determinasi, Uji Hipotesis  secara parsial (Uji T)  dan secara bersama sama (Uji F). Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa kemudahan bertransaksi dan pengalaman belanja memiliki tingkat hubungan yang kuat dengan keputusan pembelian di situs belanja online Shopee pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis yaitu sebesar 0,711. Sedangkan pengharuhnya sebesar 50% sementara 50% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Uji hipotesisi secara bersama-sama (Uji F) pengaruh kemudahan bertransaksi dan pengalaman belanja terhadap keputusan pembelian  diketahui bahwa Fhitung46,40>Ftabel 3,09 dan hipotesis diterima, maka terdapat pengaruh kemudahan bertransaksi dan pengalaman belanja yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.Diharapkan situs Shopee dapat mempertahankan serta meningkatkan kemudahan bertransaksi karena variabel kemudahan bertransaksi mempunyai pengaruh yang dominan dalam mempengaruhi konsumen untuk melakukan keputusan pembelian, serta konsumen mendapatkan pengalaman yang memuaskan saat melakukan transaksi, karena hal itulah yang menjadi faktor yang dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen dalam berbelanja online.

Full Text:

PDF

References


Alwafi, F., & Magnadi, R. H. (2016). Pengaruh persepsi keamanan, kemudahan bertransaksi, kepercayaan terhadap toko dan pengalaman berbelanja terhadap minat beli secara online pada situs jual beli tokopedia. com. Diponegoro Journal of Management, 5(2), 134-148. Diakses pada Januari 2021 https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/13857.

Amilia, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone merek xiaomi di kota langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6 (1), 660-669.

Dewi, N. D. (2019). Pengaruh Kemudahan, Keamanan Dan Pengalaman Pembelian Terhadap Keputusan Pembeliansecara Onlinemenggunakan Aplikasi Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo). JURNAL EKOMAKS: Jurnal Diakses tanggal 05-01-2021 http://ekomaks.unmermadiun.ac.id/index.php/ekomaks/article/view/29

Hildaria, H. (2017). Pengaruah Kepercayaan Konsumen, Pengalaman Berbelanja, Dan Kemudahan Transaksi Terhadap Minat Belanja Online Dikalangan Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Diakses pada Januari 2021 https://repository.usd.ac.id/13195/1/131324004.pdf

Katrin, I. L., & Setyorini, H. D. (2018). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Restoran Javana Bistro Bandung. The Journal Gastronomy Tourism, 3(1), 246-254. Diakses pada Januari 2021 https://ejournal.upi.edu/index.php/gastur/article/view/3626.

Nurrahmanto, P. A., & RAHARDJA, E. (2015). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kenikmatan Berbelanja, Pengalaman Berbelanja Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Konsumen Di Situs Jual Beli Online Bukalapak. com (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis). Diakses tanggal 05-01-2021 http://eprints.undip.ac.id/45651/

Sugiyono. 2016. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. bandung : cetakan ke dua puluh tiga. Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.