ANALISIS QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PENGUNJUNG OBYEK WISATA PANTAI PANGANDARAN

Diki Mardiana Derista, Nurdiana Mulyatini, Kasman Kasman

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Analisis Quality Function Deployment Untuk Meningkatkan Kepuasan Pengunjung Obyek Wisata Pantai Pangandaran. Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah: 1]Bagaimana penerapan metode Quality Function Deployment pada obyek wisata Pantai Pangandaran?; 2]Bagaimana tingkat kepuasan pengunjung pada obyek wisata Pantai Pangandaran?; 3]Bagaimana penerapan metode quality function deploymnet untuk meningkatkan pengunjung pada obyek wisata Pantai Pangandaran?. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis: 1] Penerapan metode Quality Function Deployment pada obyek wisata Pantai Pangandaran; 2]Tingkat kepuasan pengunjung pada obyek wisata Pantai Pangandaran; 3]Penerapan metode quality function deploymnet untuk meningkatkan pengunjung pada obyek wisata Pantai Pangandaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah metode survey dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakanan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan triangulasi. Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa Pengelolaan obyek wisata Pantai Pangandaran dalam memberikan fasilitas–fasilitas umum belum optimal; Kepuasan pengunjung Obyek Wisata Pantai Pangandaran masih belum optimal; Hasil analisis dengan menggunakan Quality Function Deployment (QFD) atribut Voice of Customer dan Technical Response dapat diketahui bahwa kualitas pelayanan memiliki hubungan yang lemah, sedangkan biaya dan harga memiliki hubungan yang kuat. sebaiknya pengelola perlu meningkatkan kualitas pelayanan dan kualitas produk dengan memahami apa saja harapan-harapan konsumen serta mampu meningkatkan fasiliatas-fasilitas yang tersedia. Kata Kunci      : Manajemen Pariwisata, Quality Function Deploymenet (QFD), Kepuasan Pengunjung

Full Text:

PDF

References


Agustin, Eryena dan Moses. 2012. Peningkatan Kualitas Layanan elkom Speedy dengan Quality Function Deploymnet (QFD) Berdasarkan Profitabilitas Pelanggan.Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Alfatiyah,Rini. 2018. Analisis Kualitas Jasa Periklanan dengan Kombinasi Metode Servqual dan Quality Function Deploymnet (QFD) Untuk Meningkatkan Kepuasan Pengunjung. JIMI Vol.1 No.1 2018 ISSN:2620-5793.

Azizah, Ikrimah Nur Dkk. 2018. Penenrapan Metode Quality Function Deployment dalam Memenuhi Kepuasan Konsumen pada Industri Komponen Otomotif. Jurnal eknik Industri. Vol. 19 2018.

Badrudin. 2014. Dasar-dasar Manajemen. Bandung : alfabeta.

Budianto, Apri. 2015. Manajemen Pemasaran Edisi Revisi. Yogyakarta: Penerbit Ombak (Anggota IKAPI).

Fandy Tjiptono. 2015. Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian). Yogyakarta. Andi.

Gaspersz, Vincent. 2001. Metode Analisis Untuk Peningkatan Kualitas. Cetakan

Hasibuan, Malayu S.P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi Cetakan keenam belas. Jakarta:PT Bumi Aksara.

Kotler, Philip & Armstrong, Gary. 2014. Prinsip-prinsip Manajemen. Edisi 14 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Armstrong, Gary. 2014. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 15 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Mulyadi. 2012. Kepariwisataan dan Perjalanan, Jakarta: Raja Grafindo Persada. Pertama, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Primadany, S. R. (2013). Analisis Strategi Pengembangan Pariwisata Daerah (Studi pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Daerah Kabupaten Nganjuk). Jurnal Administrasi Publik, 1(4), 135-143.

Rivai, Veithzal. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: dari Teori ke Praktik. Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Rizkiyani, Alifiana Hafdian dan Fuad Achmadi. 2016. Strategi Pemasaran Bojek Wisata dengan Pendekatan Survqual Mix dan Quality Function Deploment (QFD) (Studi Kasus Di Objek Wisata Pantai talang Siring Kabupaten Pamekasan). Prosding Seminar Nasional Manajemen eknologi XXIV.

Sedarmayanti. 2017. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV Mandar Maju.

Shinta, Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Malang: Universitas Brawijaya Press (UB Press).

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.. Bandung: Cetakan ke-26. Alfabeta.

Sumarwan, U. 2011. Perilaku Konsumen – Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sunyoto, Danang. 2013. Perilaku Konsumen (Panduan Riset Sederhana untuk mengenali Konsumen). PT. Buku Seru. Jakarta.

Tjiptono, Fandi dan Gregorius chandra. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.

Tjiptono, Fandi. 2011. Pemasaran Jasa. Malang. Bayu Media

Undang-Indang Nomor 9 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan

Wijaya, Candra dan Muhammad Rifa’i. 2016. Dasar-Dasar Manajemen: Mengoptimalkan Pengelolaan Organisasi Secara Efektif dan Efisien. Medan:Perdana Publishing.

Wijaya, Tony. 2011. Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: INDEKS.

Wirjana, Bernadine. 2007. Mencapai Manajemen Berkualitas (Organisasi, Kinerja, Program), Andi. Yogyakarta. Tersedia: www.kemenperin.go.id/artikel/8890.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.