PENGARUH LOKASI DAN KERAGAMAN PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi Kasus Pada Pasar Tradisional Panglayungan Tasikmalaya)

Ihsan Awaludin, Yusup Iskandar, Marlina Nur Lestari

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada pengaruh lokasi dan keragaman produk terhadap minat beli konsumen pada Pasar Tradisional Panglayungan Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakanan analisis koefisien korelasi, determinasi, regresi sederhana dan uji Hipotesis menggunakan Uji signifikansi (Uji t dan Uji F). Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa Lokasi berpengaruh terhadap minat beli konsumen Pasar Tradisional Panglayungan Tasikmalaya; Keragaman produk berrpengaruh terhadap minat beli konsumen Pasar Tradisional Panglayungan Tasikmalaya; Lokasi dan keragaman produk berpengaruh terhadap minat beli konsumen Pasar Tradisional Panglayungan Tasikmalaya.

Full Text:

PDF

References


Alma. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.Bandung: Alfabeta

Armstrong, Kotler. 2016. Marketing an Introducing Prentice Hall twelfth Edition , England : Pearson Education, Inc.

Aufa, Z. D., & Kamal, M. 2016. Analisis Pengaruh Ragam Menu, Persepsi Harga, Lokasi Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Soto Sedeep Banyumanik Cabang Ambarawa. Diponegoro Journal of Management, 0, 151-160. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/13320

Badrudin. 2014. Dasar-dasar manajemen. Bandung: Alfabeta.

Budianto, Apri. 2015. Manajemen Pemasaran Edisi Revisi. Yogyakarta: Penerbit Ombak (Anggota IKAPI).

Darmawan, Darwis. 2017. Pengembangan Lokasi Pasar Tradisional di Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial (JPIS) Vol 26 No 2. e-ISSN 2540-7694 p-ISSN 0854-5251.

Febria, Rahmani. 2012. Analisis Pengaruh Diversifikasi Produk Dan Harga TerhadapKeputusan Pembelian Konsumen Bisnis (Ritel) Pada Toko Central Agung (Grosir), Jurnal Pemasaran Vol.2 No.1

Fure, Henda. 2013. Lokasi, Keragaman Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli pada Pasar Traditional Bersehati Calaca. Jurnal EMBA, Vol.1 No.3.

Guspul, Ahmad. 2015. Persepsi Konsumen Terhadap Pasar Tradisional Dan Pasar Modern. Jurnal Ppkm Vol 3. Universitas Sains Al Qur’an. Wonosobo.

Gustiani, Heny and Septayuda, Irwan. 2019. Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Pemasangan Iklan Media Outdoor Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/4151

Handoko, T. Hani. 2011. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Hasibuan, Malayu S. P 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia cetakan keenam belas. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Herlambang, Susatyo. 2014. Basic Marketing (Dasar-Dasar Pemasaran). Yogyakarta: Gosyen.

Hidayati, Dkk. 2013. Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian Konsumen (Survei pada Mahasiswa Penghuni Ma’had Sunan Ampel Al-Aly UIN Malang Tahun Angkatan 2012/2013 yang Mengkonsumsi Mie Instan Merek Indomie). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 2, no. 1.

Juhanis. 2014. Manajemen Kewirausahaan Islam. Makassar : Alauddin University Press

Juwita, Nanda dan Hermawan. 2020. Pengaruh Harga, Lokasi, Dan Keragaman Produk Terhadap Minat Beli Di Pasar Induk Wonosobo. Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE) Vol. 2, No. 1, Oktober 2020E-ISSN: 2716-2583

Kismono, Gugup. 2011. Manajemen Bisnis. Yogyakarta: BPFE.

Kotler, Keller. 2012. Marketing Management. 14th: Person Education.

Kurniawan, Anggoro Dwi dan Sri Rahayu Tri Astuti. 2012. Analisis Pengaruh Produk, Promosi, Harga dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Kedai Amarta Semarang). Diponegoro Journal Of Management. Vol.1, No.1, Hal 282-289.

Mullins, John W dan Walker Jr, Orville C. 2013. Marketing Management: A. Strategic Decision-Making Approach, 8th Edition, McGraw-Hill. International Edition

Nurdiani, D. 2010. Rupiah Meriah Dari Bisnis Minimarket. Jakarta: PPM

Oetomo, Rahadian Ali dan Rini Nugraheni. 2012. Analisis Pengaruh Keragaman Menu, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi Pada Restoran Waroeng Taman Singosari Semarang). Jurnal Manajemen Vol.2 No. 1 Januari

Priansa. 2017. Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta

Rivai, Veithzal. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Rajawali Press.

Rosdiana, Riski, Iyus Akhmad Haris, and Kadek Rai Suwena. 2019. Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 11(1):318

Rosita, Rahmi. 2015. Pengaruh Lokasi, Kelengkapan Produk, Kualitas Produk, Pelayanan, Harga, dan Kenyamanan Berbelanja terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Lotte Mart Bekasi Junction. E-Journal Widya Ekonomika, vol. 1, no. 1

Rusham. 2016. Analisis Dampak Pertumbuhan Pasar Moderen Terhadap Eksistensi Pasar Tradisional Di Kabupaten Bekasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Dan Kewirausahaan “Optimal”. Vol10, No. 2

Saidani, B., & Arifin, S. 2012. Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen dan minat beli pada ranch market. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 3(1), 1-22.

Shanaz, Nanda Bella Firdanty dan Wahyono. 2016. Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Di Toko Online. Management Analysis Journal ISSN 2252-6552

Shinta, Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Malang: Universitas Brawijaya Press (UB Press).

Siregar, Syofian. 2017. Statistika Terapan Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: (Edisi Pertama. Cetakan Kedua. Kencana.

Solihin, Ismail. 2009. Corporate Social Responsibility from Charity to Sustainability. Jakarta: Salemba Empat

Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen – Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Ed. I Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.. Bandung: Cetakan ke-27. Alfabeta.

Supranto. Limakrisna, Nandan. 2011. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Thamrin, Abdullah. 2013. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi

Tobing, Fitri Morina. 2016. Pengaruh Lokasi, Keragaman Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Carrefour Citra Garden Medan). Penelitian Ilmu Manajemen & Bisnis Issn: 1978-7057 E-ISSN: 2527-306X

Trismiyanti, Dessy; Ravelby, Thesa Alif. 2020. Pengaruh Kemasan dan Keragaman Produk terhadap Minat Beli Makanan Kucing (Studi Kasus Merek Whiskas pada Pemilik kucing di Kota Solok). Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 24 - 30, jan. 2020. ISSN 2615-3300.

Utami, Chistina Whidya. 2010. Manajemen: Strategi dan Implementasi Ritel Modern. Jakarta: Salemba Empat

Wijaya, Candra dan Muhamad Rifa'i. 2016. Dasar-Dasar Manajemen. Medan: Perdana Publishing

Yasin, H. 2014. Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis. 14(2), 135-143.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.