PENGARUH DUKUNGAN CELEBRITY ENDORSEMENT DAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Suatu Studi pada Konsumen Kerudung Instan Rabbani di Toko Cantika Hijabku Cingambul)

Nila Nur Praptiwi, Nana Darna, Mukhtar Abdul Kader

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Dukungan Celebrity Endorsement dan Perilaku Konsumen Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi pada Konsumen Kerudung Instan Rabbani). Permasalahan yang terjadi pada penelitian ini meliputi : 1] Bagaimana Pengaruh Dukungan Celebrity Endorsement terhadap Minat Beli Konsumen produk kerudung Instan Rabbani di Toko Cantika Hijabku. 2] Bagaimana Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Minat Beli Konsumen produk kerudung Instan Rabbani di Toko Cantika Hijabku. 3] Bagaimana Pengaruh Dukungan Celebrity Endorsement dan Perilaku Konsumen terhadap Minat Beli Konsumen produk kerudung Instan Rabbani di Toko Cantika Hijabku. Adapun tujuan penelitian ini : 1] Untuk mengetahui Pengaruh Dukungan Celebrity Endorsement terhadap Minat Beli Konsumen produk kerudung Instan Rabbani. 2] Untuk mengetahui Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Minat Beli Konsumen produk kerudung Instan Rabbani. 3] Untuk mengetahui Pengaruh celebrity endorsement dan perilaku konsumen terhadap minat beli konsumen produk kerudung Instan Rabbani. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Untuk menganalisis data yang digunakan dengan menggunakan analisis product moment, koefisiensi determinasi, regresi linear sederhana, koefisiensi korelasi berganda, koefisiensi determinasi, regresi linear berganda dan pengujian hipotesis (uji t dan uji F). Hasil penelitian dan pengolahan data yang menunjukan bahwa : 1] Celebrity endorsement kerudung instan Rabbani baik. Hubungan celebrity endorsement dan minat beli konsumen memiliki tingkat hubungan sedang. Begitu pula dari hasil pengujian hipotesis yang diketahui terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. 2] Perilaku konsumen kerudung instan Rabbani baik. Hubungan perilaku konsumen terhadap minat beli konsumen memiliki tingkat hubungan yang kuat. Begitu pula berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. 3] Minat beli konsumen pada kerudung instan Rabbani berada pada kategori baik. Hubungan celebrity endorsement dan perilaku konsumen terhadap minat beli konsumen memiliki tingkat hubungan yang sangat kuat. Begitu pula dari hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terdapat pengaruh dukungan celebrity endorsement dan perilaku konsumen terhadap minat beli konsumen

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. (2018). Manajemen Pemasaran dan pemasaran Jasa. Bandung : Penerbit Alfabeta

J. Paul Peter dan C Jerry Olson. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta : Salemba Empat

Kertamukti, Rama. (2015). Strategi Kreatif dalam Periklanan. Jakarta : Bumi Aksara

Mubarok, D. A. A. (2016). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Konsumen Mahasiswa Kelas Reguler Sore STIE INABA Bandung). J. Indones. Membangun 3, hal. 61–76

Priansa, Donni Juni. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta

Purbohastuti A.W dan A. M Hidayah. (2020). Meningkatkan Minat Beli Produk Shopee Melalui Celebrity Endorser, “Jurnal Bisnis Terapan,” hal. 37–46

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen, Pendekatan Praktis Serta disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.