PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI (Studi Pada Kosmetik Wardah di Toko Gunasalma Kawali )

Silvi Sintia, Apri Budianto, Mukhtar Abdul Kader

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Citra Merek terhadap Minat Beli (Studi pada Produk Kosmetik Wardah di Toko Gunasalma Kawali). Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: 1].Bagaimana pengaruh electronic word of mouth terhadap minat beli produk kosmetik wardah di Toko Gunasalma Kawali?; 2].Bagaimana pengaruh citra merek terhadap minat beli produk kosmetik wardah di Toko Gunasalma Kawali?; 3].Bagaimana pengaruh electronic word of mouth dan citra merek terhadap minat beli produk kosmetik wardah di Toko Gunasalma Kawali? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1]. Electronic word of mouth terhadap minat beli produk kosmetik wardah di Toko Gunasalma Kawali; 2]. Citra merek terhadap minat beli kosmetik wardah di Toko Gunasalma Kawali; 3]. Electronic word of mouth dan citra merek terhadap minat beli produk kosmetik wardah di Toko Gunasalma Kawali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Analisis Koefisien Korelasi Product Moment , Analisis Koefisien Determinasi, Uji Hipotesis menggunakan Uji Sigifikan (Uji t) dan Analisis Regresi Linier Sederhana. Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa electronic word of mouth dan citra merek  berpegaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada produk kosmetik wardah di Toko Gunasalma Kawali dengan besarnya pengaruh 20,70% dan sisanya 79,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Diharapkan Toko Gunasalma Kawali lebih  mengoptimalkan minat beli dengan mengadakan promosi untuk meningkatkan penjualan kosmetik wardah seperti mengadakan discount 5-10% pada setiap produk, sehingga akan meningkatkan minat beli konsumen.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adriyanti, R., & Indriani, F. (2017). Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Citra Merek dan Minat Beli Pada Produk Kosmetik Wardah. Dipenogoro Journal Of Management, 6, 1–14.

Agatha, C., Tumbel, A., Soepeno, D., Sam, U., & Manado, R. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Oriflame Di Manado. Issn 2303-1174, 7(1), 131–140.

Anwar, Muhammad. 2020. Pengantar Dasar Ilmu Manajemen. Jakarta : Kencana Benowati, S. G., & Purba, T. (2020). Journal Of Management, Accounting,

Economic and Business. Journal Of Management, Accounting, Economic and Business, 01(01), 1–15.

Budianto, Apri. 2015. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Cahyono, E. (2018). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Oppo Di Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Jbma, 5(1), 61–75.

Dewi, A. I., Agung, I. G., & Sri, K. (2018). Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Purchase Intention. 7(4), 1771–1801.

Fajryana R, F. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Beauty Vlogger Terhadap Minat Beli Kosmetik (Survei Pada Mahasiswa Di Kota Padang Yang Menonton Review Produk Make Over Series Power Stay). Skripsi pada Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial. Jakarta : Universitas Bakrie .

Ginting, Nembah F. Hartimbul. 2011. Manajemen Pemasaran. Cetakan ke-1. Bandung: CV Yrama Widya.

Ivan Sindunata, B. A. W. (2018). Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian di agoda.com. Hospitality Dan Manajemen Jasa, 6(1), 128–138.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016): Marketing Management, 15th Edition New

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition,

Pearson Education,Inc

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2012). MarketingManagement. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Jakarta: PT. Prehallindo

Kotler, Philip., Keller, Kevin L. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga

Latifah, F (2017). Pengaruh electronic Word Of Mouth Dan Testimoni Terhadap Pembelian Impulsif (Studi Pada Konsumen Kosmetik Jafra Dalam Pembelian Online). Skripsi pada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Malang : Universitas Muhammadiyah.

Nababan, J. S., & Soesanto, H. (2019). Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth Di Media Sosial Youtube Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Sariayu. Diponegoro Journal Of Management, 8, 58–69.

Philip Kotler, 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta

Rahmatul, H (2018). Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth Di Media Sosial Youtube Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Sariayu. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Sahputra, S. L (2019). Analisa Pengarung Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Kosmetik Revlon. Skripsi pada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Madiun : Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

Saleh dan Dr Miah. 2019. Konsep dan Strategi Pemasaran. Makassar : CV Sah Media

Semuel, H., & Lianto, A. S. (2014). Analisis eWOM, Brand Image, Brand Trust dan Minat Beli Produk Di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(2), 47– 54.

Shinta, Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Malang : Universitas Brawijaya Press (UB Press)

Silvia, G.B. Tiurniari, P (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Electroic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Kosmetik Wardah Di Kota Batam. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis Triangle 1 (2), 356-370, 2020.

Siswanto, M., & Junaedi, M. S. (2016). Pengaruh Electronic Word of Mouth Pada Citra Merek Dan Niat Beli Pada Warunk Upnormal. 1–11.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono.2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta Sugiyono.2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung

Alfabeta

Wongso, M. F., & Mulyandi, M. R. (2019). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Brand Image Terhadap Purchase Intention. 2012, 187–192. https://doi.org/10.33510/slki.2019.187-192


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.