PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK DAN INOVASI PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Suatu Studi pada CV.Kaliserayoe Di Gunungtanjung)

ersyad ibadus syawab, Sukomo sukomo, Enjang Nursolih

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh loyalitas pelanggan pada CV. Kaliserayoe  belum sepenuhnya optimal, hal tersebut dapat dilihat dari adanya konsumen yang lebih memilih untuk membeli produk minyak goreng ke perusahaan lain, hal ini diakibatkan oleh kepercayaan konsumen terhadap produk minyak goreng yang dipasarkan. Hal tersebut diakibatkan oleh belum optimalnya pelaksanaan diferensiasi produk dan inovasi produk. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1)Seberapa besar pengaruh diferensiasi produk terhadap loyalitas pelanggan pada CV. Kaliserayoe?; 2) Seberapa besar pengaruh inovasi produk terhadap loyalitas pelanggan pada CV. Kaliserayoe?; 3) Seberapa besar pengaruh diferensiasi produk dan inovasi produk terhadap loyalitas pelanggan pada CV. Kaliserayou?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu  untuk mengetahui: 1)Besarnya pengaruh diferensiasi produk terhadap loyalitas pelanggan pada CV. Kaliserayoe; 2) Besarnya pengaruh inovasi produk terhadap loyalitas pelanggan pada CV. Kaliserayoe; 3) Besarnya pengaruh diferensiasi produk dan inovas produk terhadap loyalitas pelanggan pada CV. Kaliserayoe.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey dengan pendekatan data kuantitatif. jumlah populasi dalam penelitian ini adalah rata-rata konsumen CV. Kaliserayoe pada bulan Januari-Juni 2021 yaitu sebanyak  1.672 orang, ukuran sampel yang dipilih adalah sebanyak 94 orang menggunakan simple random sampling. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket.Hasil penelitian sebagai berikut: 1)Dieferensiasi produk pada CV. Kaliserayoe Gunungtanjung selama ini sudah sangat baik. Terdapat pengaruh yang  positif dan signifikan diferensiasi produk terhadap loyalitas pelanggan pada CV. Kaliserayoe Gunungtanjung. Artinya jika pelaksanaan diferensiasi produk meningkat maka loyalitas pelanggan akan meningkat. Adapun besarnya pengaruh sebesar 63,04%, 2) Inovasi produk pada CV. Kaliserayoe Gunungtanjung selama ini sudah baik. Terdapat pengaruh yang  positif dan signifikan inovasi produk terhadap loyalitas pelanggan pada CV. Kaliserayoe Gunungtanjung. Artinya jika pelaksanaan inovasi produk meningkat maka loyalitas pelanggan akan meningkat. Adapun besarnya pengaruh sebesar 56,70%, 3) Loyalitas pelanggan pada CV. Kaliserayoe Gunungtanjung selama ini adalah sangat tinggi. Terdapat pengaruh yang  positif dan signifikan diferensiasi produk dan inovasi produk terhadap loyalitas pelanggan pada CV. Kaliserayoe Gunungtanjung. Artinya jika pelaksanaan diferensiasi produk dan inovasi produk meningkat maka loyalitas pelanggan akan meningkat. Adapun besarnya pengaruh sebesar 76,56%.

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep & Strategi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kartajaya, Hermawan. 2010. Konsep Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Phillip. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa. Indonesia. Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga.

_______ dan Kevin Lane Keller.2012. Manajemen Pemasaran ed.Ketiga Belas Jilid 2 Terjemahan oleh BOB Sabran. Jakarta: Erlangga.

Kristanto, Jajat. 2011. Manajemen Pemasaran Internasional. Jakarta: Erlanga.

Rangkuti, Freddy. 2013. Studi Kelayakan Bisnis & Investasi. Gramedia Pustaka. Utama.

Setiadi, Nugroho J. 2010. Perilaku Konsumen. Cetakan 4. Edisi Revisi. Jakarta: Kencana.

Solihin, Ismail. 2017. Pengantar Manajemen. Jakarta: Erlangga.

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: C.V. Andi Offset.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutisna. 2013. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Edisis kedua, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Swastha, Basu. 2010. Manajemen Penjualan: Pelaksanaan Penjualan, BPFE-. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2012. Strategi Pemasaran. Edisi Ketujuh. Yogyakarta: Andi.

_______ dan Anastasia, Diana. 2016. Pemasaran, Esensi & Aplikasi. Yogyakarta: Andi.

Vanessa, Gaffar. 2012. Customer Relationship Management and Marketing Public Relation. Bandung: Penerbit Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.