PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN E-RECOVERY SERVICE QUALITY TERHADAP E-SATISFACTION DI SITUS LAZADA (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh)

Deyane Mulya Arista, Mochamad Aziz Basari, Mujadid Faruk

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada pengaruh e-service quality dan e-recovery service quality terhadap e-satisfaction di situs lazada (studi pada mahasiswa fakultas ekonomi universitas galuh )”.Permasalahan yang dihadapi dalam dalam penelitian ini meliputi: 1)Bagaimana pengaruh e-service quality terhadap e-satisfaction pengguna Situs Lazada di Fakultas Ekonomi Universitas Galuh? ; 2) Bagaimana pengaruh e-recovery service quality terhadap e-satisfactionpengguna Situs Lazada di Fakultas Ekonomi Universitas Galuh? ; 3) Bagaimana pengaruh e-service quality dan e-recovery service quality terhadap e-satisfaction pengguna Situs Lazada di Fakultas Ekonomi Universitas Galuh?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1)Pengaruh e-service quality terhadap e-satisfaction pengguna Situs Lazada di Fakultas Ekonomi Universitas Galuh; 2) Pengaruh e-recovery service quality terhadap e-satisfaction pengguna Situs Lazada di Fakultas Ekonomi Universitas Galuh; 3)Pengaruh e-service quality dan e-recovery servicequality terhadap e-satisfaction pengguna Situs Lazada di Fakultas Ekonomi Universitas Galuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey explanatory dengan pendekatan data kuantitatif. Sedangkan penggunaan analisis data yang digunakan adalah analisis koefisien korelasi, determinasi, regresi sederhana dan uji t dan uji F. Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa 1)E-service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap E-Satisfaction pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh;2) E-Recovery Service berpengaruh positif dan signifikan terhadap E-Satisfaction pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh;3) E-service quality  dan E-Recovery Service berpengaruh positif dan signifikan terhadap E-Satisfaction pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh. Diharapkan mahasiswa ekonomi meningkatkan pengetahuan tentang E-Service Quality dan E-Recovery Service Quality sehingga dapat lebih mengetahui E-Satisfaction.

Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofjan.2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Effendi, Onon. 2011. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: CV. Alfabeta.

Fathoni, Abdurrahmat. 2012.Organisasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia” Jakarta : Rineka Cipta.

Felicia, Laurent. 2016. Pengaruh E-Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Go-Jek Melalui Kepuasan Pelanggan.Jurnal AGORA, Vol. 4 No. 2 (2016).

Gounaris, Spiros, Sergios Dimitriadis, Vlasis Stathakopoulos. 2010. An Examination of the Effect ofService Quality and Satisfaction on Customer’s Behavioral Intention in E-Shopping. Journal ofService Marketing. Vol. 24, No.02.

Hasibuan, Malayu. S.P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Cetakan ke enam belas. PT. Bumi Aksara

Komara, Anton Tirta. 2013.​Pengaruh E-Service Quality dan E-Recovery Service Quality Terhadap E-Satisfaction Serta Implikasinya Pada E-Loyalty Pelanggan Maskapai Penerbangan Air Asia Felicia Laurent (2016)​Pengaruh E-Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Go-Jek Melalui Kepuasan Pelanggan. Jurnal AGORA, Vol 5. No. 1 (2013)

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2011. Manajemen PemasaranJilid 1. Jakarta : Edisi Ketiga Belas. Erlangga.

_______. 2013. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-12. Jakarta: Erlangga


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.