PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN UNIQUE SELLING PROPOSITION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Suatu Studi pada Overtime Coffee Ciamis)

Dadan Ramdani, Yusup Iskandar, Iwan Setiawan

Abstract


Dadan Ramdani, NIM.3402170512, “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN UNIQUE SELLING PROPOSITION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Suatu Studi pada Overtime coffee Ciamis)”. Dibawah bimbingan Dr. H. Yusup Iskandar, S.E.,M.M. (Pembimbing I) dan H. Iwan Setiawan, S.E.,M.M. (Pembimbing II)Penenlitian ini akan berkfokus pada pengaruh Kualitas Pelayanan dan Unique Selling Proposition Terhadap Keputusan Pembelian (Suatu studi pada Overtime Coffee Ciamis)Permasalahan yang terdapat pada penelitian ini meliputi 1) Bagaimana kualitas pelayanan pada Overtime Coffee Ciamis?, 2) Bagaimana pelaksanaan unique selling proposition pada Overtime Coffee Ciamis?, 3) Bagaimana keputusan pembelian konsumen pada Overtime Coffee Ciamis?, 4) Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Overtime Coffee Ciamis?, 5) Bagaimana  pengaruh unique selling proposition terhadap keputusan pembelian pada Overtime Coffee Ciamis?, 6) Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan dan  unique selling proposition terhadap keputusan pembelian pada Overtime Coffee Ciamis?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis 1) Kualitas pelayanan pada Overtime Coffee Ciamis. 2) Pelaksanaan unique selling proposition pada Overtime Coffee Ciamis. 3) Keputusan pembelian konsumen pada Overtime Coffee Ciamis. 4) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Overtime Coffee Ciamis. 5) Pengaruh unique selling proposition terhadap keputusan pembelian pada Overtime Coffee Ciamis. 6) Pengaruh kualitas pelayanan dan  unique selling proposition terhadap keputusan pembelian pada Overtime Coffee Ciamis.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Dan untuk menganalisis data yang diperoleh, diguanakan Analisis Korelasi Parsial, Analisis Koerfisien Korelasi Berganda, Analisis Regresi Linier Berganda, Analisis Koefisien Dterminasi, menggunakan Uji T dan Uji F.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan dan Unique Selling Proposition berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian yang dijalani oleh Overtime Coffee Ciamis dengan besaran pengaruh sebesar 59,97% dan sisanya yaitu 40,03% disebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti.Dengan penelitian ini, diharapkan untuk lebih memperhatikan kualitas pelayanan terutama pada indikator reliability dan unique selling proposition pada indikator distinctiveness.

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2012. Manajemen Pemasaran dan Komunikasi Promosi. Bandung: Alfabeta.

Atik Septi Winarsih dan Ratminto. 2012. Manajemen Pelayanan : engembangan Modul Konseptual, Penerapan Citizen Charter dan Standar Pelayanan Minimal, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Balawera, Asrianto. 2013. Green Marketing dan Corporate Social ResponsibilityPengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Minat Membeli Produk Organik di Freshmart Kota Manado. Jurnal EMBA, 1(4),2117 –2129.

Budianto, Apri. 2015. Manajemen Pemasaran, Edisi revisi Yogyakarta: Ombak.

Chairiza. 2012. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Andalas di Bandar Lampung. (Tesis). Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Daviddow, W.H. & Uttal, B.2010. Total Custumer Service. New York : Harper & Row Publisher.

Eko, P. Sinaga. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Showroom Ivo Mobil Tritura Medan. Respositori Institusi Universitas Sumatera Utara, 2018.

Elien Nira P. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada Pelanggan Minimarket (Studi Kasus pada Pelanggan Minimarket Alfamart Tayu Wetan, Tayu, Pati, Jawa Tengah). Jurnal Manajemen Pemasaran : Vol.11, No.1. 28 Februari 2016. ISSN 1978-6069.

Firmansyah, Anang. 2018. Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Deepublish.

Ginanjar, Indra. Supriyadi, Fristin. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol.3 No. 1.

Griffin, Jill. 2010. Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan. Kesetiaan Pelanggan. Alih Bahasa Dwi Kartini Yahya. Jakarta: Erlangga.

Hasibuan, Malayu S.P. 2012. Manajemen Sumber Daya manusia. Jakarta: PT Bumi. Aksara.

Ibrahim A. dan Sasidhar, B. 2016. Bank Customers' Perception Of. Service Quality And Customer Satisfaction In Saudi Arabia.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

_______ dan Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi. 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip., Keller, Kevin L. 2013. Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua. Jakarta: Erlangga.

Charles W. Lamb, Joseph F. Hair, Carl McDaniel. 2010. Pemasaran, Edisi pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: Salemba Empat.

John C. Mowen , Michael Minor. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.

M. Riyadh. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan terhadap Keputusan Pembelian Jasa Di Raharjo Tour & Travel Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang. Vol. 4 No 2, 2018.

Madjadikara, Agus. 2011. Bagaimana Biro Iklan Memproduksi Iklan ?. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka.

Meilinda, Ayunni et.al. 2018. Analisis Unique Selling Proposition Pada Kegiatan Promosi Rumah Makan Geprek Express. eJournal llmu Komunikasi, 2018, 6 (2): 28-42 ISSN 2502-5961

Murbaranti. 2012. Pengaruh Unique Selling Proposition Terhadap Keputusan Pembelian: Survei pada Konsumen di Restoran Bebek Garang Cabang Braga dan Bebek Van Java Cabang Lombok Kota Bandung. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Nasution, R.A. dan Ardin, I. 2010. Consumer Perceived Value Analysis of New & Incumbent Brands of Gudang Garam & Sampoerna. The Asian Journal of Technology Management 3. (1). 18-33

Nazir, Moh. 2013. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nugroho, Adi. 2013. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian dengan Sistem Pre-Order secara Online (Studi Kasus pada Online Shop Choper Jersey). Skripsi UNDIP.

Nurjanah Daulay. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Ayam Penyet Surabaya Jl. Dr. Mansyur Medan). http://repository.uinsu.ac.id/3346/.

Parasuraman, V. A. 2011. A Conceptual Model of Service Quality and Its Implication for Future Reaserch. Service Quality, 2015-220

Partogi, J. 2015. Manajemen Modern dengan Scrum. Permana, P. A. G.

Rangkuti, Freddy. 2013 Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan, Jakarta, PT Gramedia Pustaka Utama.

Rivai, Veitzal. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Salim, Gendro. 2011. Neuro Selling. Jakarta : Sinergi Media

Saladin, Djaslim. 2012. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan,. Pelaksanaan dan Pengendalian. Edisi Ketiga. Bandung : CV. Alfabeta.

Schein, Edgar H. 2010. Organizational Culture and Leadership. Jossey Bass,. San Francisco.

Schiffman, L.G. dan Kanuk. 2012. Consumer Behaviour. USA : New Jersey Prentice Hall.

Simamora, Bilson. 2015. Riset Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Stanton, William J. 2010. Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Subkhi, Akhmad dan Jauhar, Moh. 2013. Pengantar Teori dan Perilaku Organisasi, Jakarta : Prestasi Pustaka.

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_______. 2015. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

_______. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Suharno. 2010. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Yogyakarta: UNY Press.

Sukardi. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Sumarni, Murti. 2011. Sumarni, Murti dan John Soeprihanto. 2011. Pengantar Bisnis (Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan). Alfabeta : Bandung.

Sumarwan, dkk. 2013. Riset Pemasaran Dan Konsumen. Bogor Edisi II : IPB.

Suparyanto & Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran. Bogor: In Media.

Supranto J. 2012. Statistik Teori dan Aplikasi. Jakarta: UI Press.

Sutopo et al. 2012. Analisis Pengaruh Kualiats Pelayanan, Promosi dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal manajemen.Volume.3.No.4.

Suwanto dan Priansa, D. 2012. Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Syamsudin dan Damayanti. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Swastha,Basu dan Handoko, T. Hani. 2011. Manajemen Pemasaran-Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Terry, George dan Leslie W. Rue. 2010. Dasar-Dasar Manajemen. Cetakan kesebelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Tjiptono, Fandy. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi. 2. Yogyakarta: Andi.

______. 2012. Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi.

_______ dan Gregorius Chandra. 2012. Service, Quality Satisfaction. Jogjakarta: Andi Offset.

Umar, Husein. 2010. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajawali Persada.

Wijayanti, Titik. 2017. Marketing Plan Dalam Bisnis, Jakarta : PT Gramedia.

Yamit, Zulian. 2011. Manajemen Produksi dan Operasi. Yogyakarta: Ekonisia.

Yulindo, Kenshi Poneva. 2013. Pengaruh Atribut-atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Green Product Cosmetics Sariayu Martha Tilaar di Kota Padang. Jurnal Manajemen, Vol. 2 No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.