PENGARUH VISUAL BRAND COMMUNICATION DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP BRAND EXPERIENCE

dea nursamsi, Nana Darna, Ali Muhidin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya brand experience konsumen terhadap produk wardah yang dipasarkan oleh PT. Paragon, seperti masih adanya beberapa  pengalaman negatif setelah pemakaian produk Paragon. Hal tersebut diakibatkan oleh belum optimalnya visual brand communication dan electronic word of mouth yang dilakukan oleh pihak perusahaan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1)Bagaimana pengaruh visual brand communication terhadap brand  experience pada Kosmetik PT. Paragon Kota Tasikmalaya?; 2) Bagaimana pengaruh electronic word of mouth terhadap brand experience pada Kosmetik PT. Paragon Kota Tasikmalaya?; 3) Bagaimana pengaruh visual brand communication dan electronic word of mouth terhadap brand experience pada Kosmetik PT. Paragon Kota Tasikmalaya?Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode metode survey explanatory yakni metode penelitian kuantitatif, ukuran sampel yang dipilih adalah sebanyak 96 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket.Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan visual brand communication terhadap brand experience pada PT. Paragon Kota Tasikmalaya. Artinya apabila visual brand communication sudah baik maka brand experience akan meningkat; 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan electronic word of mouth terhadap brand experience pada PT. Paragon Kota Tasikmalaya. Artinya apabila electronic word of mouth sudah baik maka brand experience akan meningkat; 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan visual brand communication dan electronic word of mouth terhadap brand experience pada PT. Paragon Kota Tasikmalaya. Artinya apabila visual brand communication dan electronic word of mouth sudah baik maka brand experience akan meningkat. Kata Kunci: Visual Brand Communication,  Electronic Word Of Mouth dan Brand Experience 

Full Text:

PDF PDF

References


Alexander, dan Jaakkola. (2015). Customer Engagement Behaviours and Value Co- creation. A book chapter intended for Customer Engagement: Contemporary Issues and Challenges.

Ananda Sabil Husein. 2013. Effects of Brand Experience on Brand Loyalty in Indonesian Casual Dining Restaurant: Roles of Customer Satisfaction and Brand of Origin.

Anon Khamwon dan Waraporn Rachbuakoat. 2016. Destination Brand Experience, Satisfaction, And Word of Mouth: Evidence from Chiang Khan, Loei Province.

Anoraga. 2011. Pengantar Bisnis. Jakarta: Rineka Cipta.

Business dictionary. 2015. Feasibility Study. Retrieved from http://www.businessdictionary.com/definition/feasibility-study.html

Deden Mulyana, Mohammad Soleh Soeaidy dan Adhitya Rahmat Taufiq. 2016. Building Customer Trust Through Experience In Hospitality Industry.

Dessart, L., Veloutsou, C. & Morgan-Thomas, A. (2016). Capturing Consumer Engagement: Duality, Dimensionality and Measurement. Journal of Marketing Management, Vol. 32 No. 5/6, 399-426.

Dharmmesta, Basu Swastha dan T. Hani Handoko. 2012. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPPFE.

Donni Juni Priansa. 2016. Pengaruh E-WOM dan Persepsi Nilai Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Berbelanja Online Di Lazada

Erdogmus, I. E., dan Mesut Cicek. 2012. The Impact of Social Media Marketing on Brand Loyalty. International Strategic Management Conference. Vol. 58.

Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2012. Service, Quality Satisfaction. Jogjakarta: Andi Offset

Ferdinand. 2007.Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta

Kotler dan Keller. 2014. Buku Prinsip Prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid I&2. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga

Kusrianto, A. 2010. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi.

Lupiyoadi dan Hamdani. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Robbins, Stephen P. and Mary Coulter. (2012). Management, Eleventh Edition, (United States of America: Pearson Education Limited).

Sanyoto, Sadjiman Ebdi. 2010. Nirmana, Elemen-Elemen Seni Dan Desain. Yogyakarta: Jalasutra

Schiffman, L.G., & Kanuk, L.L. 2010. Consumer Behaviour (10th ed). New Jersey, Pearson. Prentice Hall.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Sumarni, Murti dan John Soeprihanto. 2011. Pengantar Bisnis (Dasar-dasar. Ekonomi Perusahaan). Edisi ke 5. Yogyakarta: Liberty

Wondwessen Tafesse. 2017. An Experiental Model of Customer Engagement in Social Media. www.purelocalbrand.wixsite.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.