PENGARUH REVITALISASI PASAR TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Suatu Studi pada Blok C Pasar Manis Ciamis)

Ellva Margareta, Yusup Iskandar, Iwan Setiawan

Abstract


ELLVA MARGARETA, NIM. 3402170087. “Pengaruh Revitalisasi Pasar terhadap Kepuasan Konsumen (Suatu Studi pada Blok C Pasar Manis Ciamis)”. Di bawah bimbingan Bapak Dr. H. Yusup Iskandar, M.M, sebagai Pembimbing I dan Bapak H. Iwan Setiawan, S.E.,M.M, sebagai Pembimbing II.Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Revitalisasi Pasar terhadap Kepuasan Konsumen (Suatu Studi pada Blok C Pasar Manis Ciamis). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan revitalisasi pasar pada Blok C Pasar Manis Ciamis?; 2) Bagaimana tingkat kepuasan konsumen pada Blok C Pasar Manis Ciamis?; dan 3) Bagaimana pengaruh revitalisasi pasar terhadap kepuasan konsumen pada Blok C Pasar Manis Ciamis?. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan revitalisasi pasar pada Blok C Pasar Manis Ciamis; 2) Tingkat kepuasan konsumen pada Blok C Pasar Manis Ciamis; dan 3) Pengaruh revitalisasi pasar terhadap kepuasan konsumen pada Blok C Pasar Manis Ciamis. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu pengunjung atau masyarakat yang berbelanja di Pasar Manis Ciamis yaitu di Blok C yang mengalami revitalisasi. Peneliti menggunakan teknik simple random sampling sehingga diketahui jumlah sampel dalam penelitian yaitu sebanyak 82 orang. Teknik analisis data yang digunakan meliputi: analisis koefisien korelasi rank spearman, analisis koefisien determinasi, dan uji signifikansi (uji t). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Revitalisasi pasar pada Blok C Pasar Manis Ciamis sudah dilaksanakan dengan baik, hal ini dilihat dari sarana dan prasarana fisik Pasar Manis Ciamis telah mengalami perbaikan, lingkungan Pasar Manis Ciamis yang bersih, sehat dan aman, serta adanya kemudahan akses transportasi; 2) Konsumen atau masyarakat yang berbelanja di Blok C Pasar Manis Ciamis memiliki tingkat kepuasan yang tinggi, hal ini dilihat dari konsumen atau masyarakat yang melakukan pembelian kebutuhan pokok di Pasar Manis Ciamis secara berulang dan teratur; 3) Revitalisasi pasar mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Blok C Pasar Manis Ciamis. Dapat dilihat dari hasil perhitungan analisis koefisien korelasi rank spearman bahwa revitalisasi pasar dengan kepuasan konsumen memiliki tingkat hubungan yang kuat. Sedangkan hipotesisnya berpengaruh signifikan dan teruji kebenarannya.

Full Text:

PDF

References


BUKU:

Alma, H Buchari. 2012. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Assauri, Sofjan. 2012. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep, dan Strategi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Buchory., dan Saladin, Djaslim. 2010. Manajemen Pemasaran : Ringkasan Praktis, Teori,. Aplikasi dan Tanya Jawab. Bandung : CV Linda Karya.

Daryanto dan Ismanto Setyabudi. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media.

Departemen Pendidikan Nasional. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Cetakan VII. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hasibuan, Malayu S.P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi: Jakarta. Bumi Aksara.

Irawan, Basu Swasta. 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Yogykarta: Liberty.

Johan, Suwinto. 2011. Studi Kelayakan Pengembangan Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Jusmaliani. 2015. Kebijakan Keonomi dalam Islam. Yogyakarta: Krasi Wacana.

Kartono, Kartini. 2011. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kasmir. 2013. Kewirausahaan. Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kotler, Philp dan Kevin Keller. 2012. Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip dan Garry Amstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Malano, Herman. 2011. Selamatkan Pasar Tradisional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Manullang. 2012. Dasar-dasar Manajemen. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Mudrajad, Kuncoro. 2008. Strategi Pengembangan Pasar Moden dan Tradisional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nazir, Moh. 2015. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Rangkuti, Freddy. 2013. The Power Of Brand. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sastrohadiwiryo, B. Siswanto. 2015. Managemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional. Cetakan Pertama. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Siagian, Sondang P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Solihin, Ismail. 2009. Pengantar Manajemen. Jakarta: Erlangga.

Stanton, William J, 2011, Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1 Edisi ke 3, Alih Bahasa oleh Yohanes Lamarto, Jakarta: Erlangga.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertasi. Yogyakarta: Himpunan Jurnal Penelitian.

Suartha, Nyoman. 2016. Revitalisasi Pasar Tradisional Bali Berbasis Pelanggan (Studi Kasus di Kabupaten Gianyar). Jakarta: Raja Grafindo.

Sudarman, Ari. 2014. Teori Ekonomi Mikro I. Yogyakarta: BPFE.

Sudjana. 2013. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sunyoto, Danang. 2013. Teori Kuesioner dan Analisis Data untuk Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.