PENGARUH DIFFERENSIASI PRODUK DAN SELERA KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Suatu Studi Pada Dealer Sanjaya Motor Sidareja)

Edi Waluyo, moch Azis Basari, Enjang Nursolih

Abstract


Penelitian ini digunakan untuk melihat dan mengetahui Pengaruh Differensiasi Produk dan Selera Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian pada Dealer Sanjaya Motor Sidareja. Dengan varibel independen yaitu differensiasi produk dan selera konsumen dan variable dependen yaitu keputusan pembelian. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut:   1) Bagaimana pengaruh differensiasi produk terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda pada Sanjaya Motor Sidareja?; 2) Bagaimana pengaruh selera konsumen terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda pada Sanjaya Motor Sidareja?; 3) Bagaimana pengaruh differensiasi produk dan selera kosumen terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda pada Sanjaya Motor Sidareja? Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sebagai berikut: 1) Pengaruh differensiasi produk terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda; 2) Pengaruh selera konsumen terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda; 3) Pengaruh differensiasi produk dan selera konsumen terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda. Metode yang digunakan dalam melaksanakan penelitian ini dengan metode survey kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan konsumen Dealer Sanjaya Motor Sidareja pada tahun 2020 sampai tahun 2021 yang berjumlah 600 orang, ukuran sampel yang dipilih berjumlah 86 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu observasi, interview (wawancara) dan penyebaran angket (kuesioner). Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa varibel independen diferensiasi produk dan selera konsumen bersama-sama mempengaruhi secara signifikan terhadap variable dependen keputusan pembelian. Differensiasi produk (X1) dan selera konsumen (X2) memberikan kontribusi bersama terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 70,6% dan 29,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Secara parsial differensiasi produk dan selera konsumen berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian. Differensiasi produk memberikan kontribusi sebesar 65,29% dan selera konsumen memberikan kontribusi sebesar 50,13% terhadap keputusan pembelian secara parsial. Kata Kunci: Differensiasi Produk, Selera konsumen, dan Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Agustini. 2013. Pengelolaan dan Unsur-unsur Manajemen. Citra Pustaka. Jakarta.

Alma, H Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.Edisi Kelima. Bandung: Alfabeth. Badan Penertib Universitas Diponegoro. Semarang. Erlangga. Jakarta

Alma, H Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Benediktus Ariyanto Hermawan. 2014. Analisis Pengaruh Faktor Harga, Selera, Prestise, dan Kualitas terhadap Perilaku Konsumen dalam membeli produk helm INK di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Buchory Achmad, Herry dan Saladin, Djaslim. 2010. Manajemen Pemasaran. Bandung: CV. Linda Karya.

Budianto, Apri. 2015. Manjaemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Daft, Richard L. 2010. Era Baru Manajemen Edisi 9 Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

Fandy. Tjiptono, 2014. Pemasaran Jasa–Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Fandy. Tjiptono. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Bayumedia Publishing.

Hair dan McDaniel, Lamb . 2001. Manajemen pemasaran. Edisi pertama. Salemba 4. Jakarta.

Hasibuan. 2012. Dasar-dasar manajemen. Erlangga. Jakarta.

Jerry C Olson, Peter J Paul. 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi 9 buku 1, Erlangga. Jakarta.

Kertajaya Hermawan. 2010. Konsep Pemasaran. Erlangga. Jakarta.

Kotler,Philip. 2007. Manajemen Pemasaran. Ed Millenium Jilid 1 dan 2, Terjemahan Benjamin Molan. Penerbit PT. Indeks, Jakarta.

Kotler, P. Amstrong, G. 2012. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid kesatu. Terjemahan Alexsander, S. & Benyamin, P. Jakarta: Prenhalindo.

Kotler, P. Amstrong. 2014. Manajemen Pemasaran. Bnadung: Alfabeta

Kotler P. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks.

Kotler, Keller. 2018. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bnadung: Alfabeta.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta. Erlangga.

Latnawati. 2017. Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Selera Konsumen Terhadap Pembelian Ulang Beras Sipulau di Kejorongan 3 Pangian dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening.

Manap Abdul. 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Manullang. 2016. Dasar-Dasar Manajemen. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. P.O.BOX 14.

Mesiono, 2010. Manajemen dan Organisasi. Bandung, Citapustaka Media.

Nitisemito S Alex. 2012. Manajemen Suatu Dasar dan Pengantar. Jakarta : ArenaIlmu

Nurhayati, S. (2017). Pengaruh citra merek, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung di Yogyakarta. JBMA, 4(2), 60-69. Diakses pada tanggal 02 September 2017.

Olson, Peter. 2014. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Erlangga. Jakarta.

Nugroho. 2008. Keperawatan Gerontik dan Geriatrik. Edisi 3. Jakarta.

Putri, Wilda Rizkilla, et al. 2017. Consumer’s Willingness to Pay. Jurnal dinamika Manajemen, Vol 8 no 1, 122-133.

Simamora, Handoyo, dan Widayanto. (2013). Pengaruh harga, Citra merek, Positioning dan Differensiasi produk terhadap Keputusan pembelian konsumen pada produk Jamu PT. Njonja Meneer. Jurnal ilmu administrasi bisnis. Vol. 0.Maret.

Siswanto. 2012. Pengantar Manajemen. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Sopiah, Sangadji. 2013. Perilaku Konsumen. CV.Andi. Offset Yogyakarta.

Suantara1 Endra Putu Gusti I. Dkk. Pengaruh Selera Dan Harga Terhadapa Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Sepeda Motor Honda Di Kabupaten Buleleng. Volume 4 Nomor 1. 2014.

Subagyo. 2010. Marketing in Business. Jakarta: Mitra Wacana Media

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi(mixed Method). Bandung: CV Alfabeta

Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan : Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Penerbit: Andi. Yogyaakarta.

Sunyoto Danang. 2014. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran: Konsep, Strategi dan Kasus. Yogyakarta: CAPS (Center Of Academic Publising Service).

Sunyoto Danang. Perilaku Konsumen (Panduan Riset Sederhana Untuk Megenali Konsumen), Op.Cit., hlm. 67.

Tantri dan Thamrin, 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Vitale Joe. 2009. Pemasaran Inspiratif. Terbitan Jakarta Gramedia Pustaka Utama.

William J. Stanton, 2011. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid , Edisi ke 3, Terjemahan Yohanes Lamarto. Jakarta: Erlangga.

Yudhiarina Bobby. 2009. Pengaruh Strategi Differensiasi Produk, Merek dan Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen pada perusahaan Rokok PT. Hm Sampoerna. Jurnal Chan Gorontalo. Volume 2 Nomor 4.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.