Pembelajaran Menulis Paragraf Argumentasi dengan Menggunakan Model Discovery Learning (Eksperimen di Kelas X SMA Negeri 1 Kawali)
Fahma Nurul Ilmiazrin, Juju Juandi, Rina Agustini
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pembelajaran Menulis Paragraf Argumentasi dengan Menggunakan Model Discovery Learning (Eksperimen di Kelas X SMA Negeri 1 Kawali)”. Setelah dilakukan penelitian dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut. 1) Perencanaan pembelajaran menulis paragraf argumentasi dengan menggunakan model discovery learning tersusun berdasarkan program perencanaan program kurikulum 2013; 2) Langkah-langkah pembelajaran menulis paragraf argumentasi dengan menggunakan model discovery learning terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir; 3) Perubahan kemampuan siswa. Dilihat dari hasil uji statisik dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata pascatest kelas eksperimen lebih besar daripada pascatest kelas kontrol (82,2 > 72,61), maka dari itu artinya secara ada perbedaan rata-rata anatara nilai menulis paragraf argumentasi dengan menggunakan model discovery learning dan model problem based learning artinya kelas eksperimen mengalami perubahan yang lebih signifikan (berarti) yakni terdapat perubahan kemampuan menulis paragraf argumentasi dengan menggunakan model discovery learning.
Berdiati. (2014). Discovery Learning Sebagai Proses Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Dalman, H. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Elvira, A. &. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol 5 (2) 90-97.
Kurniasih, I. d. (2014). Perancangan Pembelajaran yang Sesuai Dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.
Premendikbud. (2013). Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Jakarta: Kemendikbud.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, H. G. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.