KAJIAN PSIKOLINGUISTIK TERHADAP PENDERITA GANGGUAN BERBICARA CADEL PADA USIA REMAJA

Amani khairiyah, Tasya Damayanti

Abstract


Salah satu gangguan berbahasa pada usia remaja hingga dewasa  yakni cadel yang merupakan suatu gangguan berbicara, dimana terdapat kesulitan dalam mengucapkan fonem /r/. Ucapan cadel saat mengucapkan fonem /r/ dan /l/ merupakan jenis asimilasi perubahan bunyi yang tidak sempurna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa berkomunikasi dengan orang cadel sangatlah berbeda dibandingkan dengan tindak tutur manusia normal. Penelitian ini memfokuskan pada penderita cadel usia remaja. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik pemerolehan data dalam penelitian ini menggunakan teknik rekam, simak dan catat. Setelah itu data akan transkrip. Sumber data yaitu penderita cadel usia rentan usia 13 -17 tahun pada konsonan /r/ dan /s/. Sedangkan, data tersebut berupa ujaran dari ketiga narasumber. Hasil penelitian menunjukkan Pada IFE (17th) memperoleh 8 data pada gangguan cadel “R”,  RAZ (15th) memperoleh 14 data pada fonem “R” dan WA (13th) memperoleh 6 data pada fonem “S”.One of the language disorder in adolescence to adulthood is cadel, which is a speech impediment, where the pronouncing of phonem /r/ is difficult. Cadre speech while saying fonem /r/ and /l/ are kind of assimilating imperfect sound change. The study aims to know that communicating with cadres is very different from normal human speech. The study focused on teenage cadels. The research method used is qualitative descriptive methods. The data-mining techniques in this study use record, record, and record techniques. After that data will be transcript. The source of the data for vulnerable age cadres age 13 -17 in the consonants /r/ and /s/ . On the other hand, the data is spoken from all three sources. Studies show on the IFE (17th) obtained 8 data on cadel "R" disorder, RAZ (15th) obtained 14 data on the "R" and, WA (13th) obtained 6 data on the "S" fonem. 

Keywords


Speech disorders, cadels, psychoanalytic studies

Full Text:

PDF

References


Dardjowidjojo, S. (2003). Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa. In Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Mawarda Fildza. F. 2021. Analisis Gangguan Berbahasa Pada Penderita Cadel (Kajian Psikolinguistik). Lingua : Jurnal Bahasa dan Sastra. 19.1 44–52.

Elida, C., & Matondang, H. E (2019). Analisis Gangguan Berbicara Anak Cadel (Kajian Pada Perspektif Psikologi dan Neurologi). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 3.2.

Kifriyani. N. 2020. Analisis Penderita Gangguan Cadel Pada Kajian Psikolinguistik. 7. 2. 35–43.

Sinta, T., Direktorat, K., Riset, J. P., Pengembangan, D., Riset, K., Dan, T., Tinggi, P., Sundoro, B. T., Oktaria, D., & Dewi, R. 2020. T. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra. Pola Tutur Penderita Cadel dan Penyebabnya: Kajian Psikolinguistik. .

Dewi, A., Bahasa, P., Sekolah, I., Uhamka, P. (n.d.). Gangguan Berbicara pada Usia Remaja dalam Kajian fonologi..

Syahwardi Ferdy S, Rosiden Odien. 2023). Gangguan Berbicara Rhotachisme pada Anak Remaja (Kajian Psikolinguistik). Enggang: Jurnal Pendidikan, Sastra, Seni, Dan Budaya. 4. 522–533.

Patrisia Deni Sidebang, Oky Ferdian Gafari, Anggi Puteri, Abdurrahman Adisaputera. S. 2023. Gangguan Berbahasa pada Anak Usia 10 Tahun. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya.

Bekty Tandanintyas Sundoro, Dinari Oktaria, Rosinawati Dewi. S. 2020. Tutur Penderita Cadel dan Penyebabnya : Kajian Psikolinguistik. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra. 3. 2. 339.

Alam Budi. K. 2016. Studi Kasus Bahasa Lisan Anak Terlambat Bicara: Kajian Psikolinguistik. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam. 5. 2. 118.

Mochamad. I. 2013. Peranan Psikolinguistik dalam Pembelajaran Bahasa Arab. At-Ta’rib Journal of Pesantren Education. 8.2. 283.

Wahyu Wiji . N. WW. 2017. Karakteristika Bahasa Toni Blank: Kajian Psikolinguistik, Teori, dan Prakrit. Gadjah Mada University Press Anggota IKAPI. Yogyakarta.

Sri Purwati, Ida Yeni, Muhammad, Azam Muttaqin. 2023. Analisis Gangguan Berbicara Dysarthria Pada Anak Usia 4-6 Tahun : Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembbelajaran. 11.1. 243-244.

Juwita Fitriani, Selviana Ubung, Tyas Ainun Kinanthi, Ian Wa. F. 2022. Analisis Gangguan Berbahasa Psikogenik Latah di Samarinda Ulu Studi Kasus: Psikolinguistik. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. 9. 2. 148.

Adriyana. 2020. Analisis Gangguan Fonologi dan Variasi Pelafalan Fonem /R pada Penderita Cadel. Jurnal Pendidikan dan Sastra Indonesia. 16. 2. 4.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v8i2.13544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.