DIGLOSIA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA ANGKATAN 2022 UNIVERSITAS SILIWANGI

Hesti Nurlinda, Bintang Putri Pamungkas, Ichsan Fauzi Rachman

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk mendekripsikan bahasa yang kerap dipakai oleh mahasiswa, dengan mendeskripsikan bentuk diglosia dan mendeskripsikan faktor pemicunya. Jenis dalam penelitian ini ialah penelitian deksriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun objek pada penelitian ialah percakapan mahasiswa dari aktivitas kebahasaan di lingkungan kampus. Pengumpulan data memakai metode pengamatan, wawancara dan dokumentasi disertai alat bantu perekaman. Hasil penelitian menunjukan mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Angkatan 2022 Universitas Siliwangi menggunakan lebih dari satu bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa menggunakan variasi diglosia T dan R dalam percakapan mereka, terutama dalam penggunaan bahasa Sunda dan bahasa Indonesia. Diglosia yang terdapat pada mahasiswa ditimbulkan oleh beberapa faktor seperti bilingualisme, situasi, dan gengsi.

Full Text:

PDF

References


Astuti, W., 2017. Diglosia Masyarakat Tutur pada Penggunaan Bahasa Arab (Kajian Kebahasaan terhadap Bahasa Fusha dan Bahasa 'Amiyah Dilihat dari Perspektif Sosiolunguistik). Al-Mawar, Volume 6.

Chaer, A. & Leonie, A., 2014. Sosiolinguistik. s.l.:Rineka Cipta.

Heryadi, D., 2014. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. s.l.:Pustaka Billah.

Iryani, E., 2017. Diglosia antara Bahasa Jawa dan Sunda (Study Kasus Masyarakat Bahasa Kecamatan Lemah Abang Kabupaten Cirebon). Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin.

Moon, Y. J. & Selvi, A., 2019. Diglosia pada Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Santu Paulus Ruteng. Prolitera.

Riyanto, A., 2023. Diglosia Keseharian Mahasiswa FKIP Universitas Pancasakti Tegal, s.l.: Repository Universitas Pancasakri Tegal.

S., 2014. Sosiolinguistik. Yogyakarta: SABDA .

Saputra, V. E., 2020. Analisis Fenomena Diglosia dalam Masyarakat.

Suandi, I. N., 2014. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v8i2.14272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.